Tips Mencari Rumah Subsidi di Seluruh Indonesia Melalui Situs Resmi Pemerintah, Tersedia Ratusan Ribu Unit

Banjirembun.com - Memiliki rumah pribadi bukan dari warisan, hibah, atau yang semisalnya bagi banyak orang mungkin suatu impian semata. Lebih banyak yang lebih pilih kost, kontrak, menumpang, atau menyewa karena alasan tak mampu membeli rumah. Itulah bukti bahwa masih banyak yang belum tahu bahwa pemerintah memberi bantuan subsidi untuk beli rumah.


Padahal harga rumah subsidi cuma di kisaran 150-an juta. Luas tanah dari 30 meter hingga 66 meter. Luas rumah antara 22 meter hingga 36 meter. Selain KPR rumah subsidi juga bisa dibeli secara cash. Akan tetapi harga sedikit beda. Selisih kurang lebih 5 hingga 15 juta. Tergantung developernya. Kadang justru saat beli cash/lunas harga lebih murah. Dapat diskon atau potongan harga.

Keuntungan memiliki rumah secara subsidi lewat KPR saat dihitung-hitung dan diakumulasikan sama seperti mendapat bantuan uang dari pemerintah antara 40-an juta hingga ratusan juta. Itulah yang membuat rumah subsidi memiliki harga terjangkau. Serta angsuran/cicilan tiap bulan cuma antaran 900-an ribu hingga 1,3 jutaan selama 15 atau 20 tahun. Dengan suku bunga flat/datar hingga lunas.


Setelah mengetahui informasi di atas jangan langsung buru-buru memutuskan beli rumah subsidi di mana. Perlu kalian ketahui bahwa setiap tahunnya jatah pembangunan rumah subsidi dari pemerintah bisa puluhan hingga ratusan ribu unit rumah. Hampir dipastikan setiap Kabupaten terdapat developer perumahan yang menjual rumah subsidi. Oleh sebab itu, carilah sebanyaknya titik mana saja keberadaannya.


Untuk mencari lokasi keberadaan rumah subsidi kalian dapat membuka situs resmi pemerintah. Berikut ini langkah-langkahnya:


1. Buka situs www.sikumbang.ppdpp.id atau ketika di Google: sikumbang.


2. Di beranda atau halaman awal terdapat kolom atau kotak isian. Silakan isi lantas ketik: nama provinsi, kabupaten/kota, dan kecamatan sesuai dengan apa yang kalian targetkan. 



3. Kolom "Pilih Asosiasi" maksudnya adalah asosiasi developer. INI DAPAT DIKOSONGI.

4. Pilih kolom skala perumahan. Itu maksudnya yaitu  jumlah unit yang telah dibangun oleh developer. Mulai dari 50 hingga lebih dari 5 ribu unit rumah. INI DAPAT DIKOSONGI.


5. Pilih kolom tahun daftar developer mendaftar di sikumbang. INI DAPAT DIKOSONGI.


6. Setelah semua kolom diisi silakan ketika tombol "CARI" yang berbentuk kotak berwarna biru. 


7. Setelah itu akan muncul berapa jumlah "Lokasi Perumahan" di daerah yang telah dipilih pada kolom di atas. Muncul pula jumlah total unit rumah yang terdaftar sampai data-data lain yang mungkin perlu diketahui agar pencari rumah subsidi punya pilihan alternatif unit dan lokasi rumah subsidi yang banyak.


8. Arahkan layar ke bawah lagi. Di sana kalian akan menemukan nama-nama perumahan yang menjual rumah Subsidi maupun rumah komersil. Untuk melihat detail perumahan yang ingin dilihat data-datanya silakan tekan tombol "Lihat detail lokasi".


9. Silakan kalian lihat sendiri site pline digital (peta/denah) perumahannya. Di sana juga menyajikan nama maupun alamat pemasaran dari PT developernya. Terdapat pula nomor HP/telepon bagian marketing. Serta foto-foto rumah dan spesifikasinya.


Perlu diketahui bahwa dalam satu kecamatan di kabupaten tertentu kadang ketersediaan rumah subsidi sangat banyak di beberapa lokasi desa. Oleh sebab itu, jangan terpaku pada satu tempat. Tidak ada salahnya juga melihat-lihat perumahan lain yang berada di kecamatan sama. Serta tak ada salahnya melihat-lihat kecamatan lain. Siapa tahu ada yang lebih cocok.

Komentar

Baca juga postingan berikut:

Visi dan Misi dalam Bekerja

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)