Inilah 5 Urutan Lingkaran Orang-orang Terdekat yang Wajib Dijaga Tali Silaturahimnya

Banjirembun.com - Sebagaimana diketahui bahwa pengamanan atau penjagaan presiden ada istilah ring (cincin/lingkaran) 1, 2, 3, 4, dan 5. Di mana ring satu maksudnya adalah lokasi permanen di mana presiden berdinas seperti kediaman presiden, kantor presiden,  istana negara, istana merdeka, wisma negara, maupun bina graha.


Orang-orang di sekitar ring 1 yaitu keluarga presiden dan pejabat-pejabat yang berdinas atau bertugas bersama dengan presiden. Dalam artian orang-orang yang berada di ring 1 memang perlu dan berkepentingan dengan presiden. Oleh sebab itu jarak dan lokasinya layak berada di dekat presiden. Bisa dibilang orang-orang istimewa dan dibutuhkan presiden.

Tak cuma para tokoh pemerintahan. Orang biasa juga boleh saja "membatasi" diri dan memilih-milih siapa saja orang-orang yang pantas dekat dengannya. Perlu ditekankan bahwa tindakan seperti itu bukanlah perilaku sombong atau sok hebat. Sebab pada dasarnya eliminasi atau seleksi dalam interaksi sosial pasti terjadi. Baik secara alami ataupun didesain.


Supaya tidak salah dalam mencari orang tepat dalam lingkaran utama individu berikut ini urutan orang-orang yang mesti diutamakan dijaga tali silaturahimnya:


1. Keluarga

Bagaimanapun keluarga merupakan saudara sedarah dan satu keturunan. Bisa juga lantaran adanya ikatan pernikahan. Oleh sebab itu utamakan dan posisikan keluarga sebagai lingkaran pertama dalam hubungan sosial. Jangan sampai orang-orang yang tidak jelas mengaku-aku teman dekat dan sok akrab mengganggu harmonitas keluarga.

Ilustrasi lingkaran pertama yang wajib dijaga (sumber gambar)

2. Tetangga

Tetangga merupakan orang yang hidup berdampingan setiap hari. Menjaga kerukunan serta keselarasan dalam jalinan warga merupakan hal penting. Bukan sekadar demi mudah mendapat bantuan saat kesulitan dan agar banyak yang datang saat ada hajat. Lebih dari itu, dengan berperilaku baik pada tetangga jiwa dan hati jadi lebih tenang tanpa ganjalan.


3. Komunitas Agama

Organisasi agama, majelis taklim, jamaah Masjid, atau kumpulan berbasis agama lain tak kalah penting pula. Jadikan orang-orang yang ada di wadah tersebut sebagai teman spesial. Sebab merekalah yang akan menjadi motivasi untuk senantiasa istiqomah dalam keimanan. Mereka juga yang bakal meneduhkan hati saat terjadi masalah hidup.


4. Sahabat

Sahabat atau teman dekat tidak perlu banyak jumlahnya. Cukup 1, 2, atau 3. Pastikan bahwa mereka memang benar-benar dapat diandalkan menjadi sahabat sejati. Pertahankan mereka dan terus jaga hubungan silaturahmi. Jangan sampai ikatan dengan mereka putus gara-gara disusupi oleh orang baru yang belum jelas kualifikasinya.


5. Teman Kerja

Rekan bisnis, konsumen, mitra, atau teman kerja kantor merupakan urutan terakhir dalam lingkaran orang terdekat yang wajib disambung tali ikatannya. Terkadang pertemanan yang dilandaskan pada uang dan profesi akan mudah berakhir tatkala sudah tidak ada kerja sama atau satu tempat kerja lagi. Itulah mengapa teman kerja berada di urutan akhir.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Tanya Jawab Tentang Filsafat Pendidikan Islam dan Upaya Pembaruan Pendidikan Islam

Visi dan Misi dalam Bekerja

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece