Dilarang Pelit Demi Hemat Kuota Internet untuk 5 Hal ini, Dijamin Hidup Jadi Berubah

Banjirembun.com - Bagi orang zaman dulu sekitar tahun 2010-an akses internet merupakan barang mewah dan mahal. Tidak semua mampu untuk menikmati internet melalui ponsel. Kini jaringan tanpa kabel tersebut bagi sebagian manusia menjadi kebutuhan pokok. Hampir semua aspek hidup butuh dengannya. Mulai dari sekolah, kerja, bersosial, dan lain-lain.


Baca: 5 Manfaat Besar Berlangganan Paket WiFi Rumah Unlimited


Lambat laun makin ke sini internet justru dapat menghasilkan uang. Dengan kata lain memiliki wifi maupun kuota internet merupakan sarana berinvestasi. Baik untuk jangka pendek, menengah, maupun panjang. Sebut saja seperti jual beli online, jual beli saham online, membuat konten video, menjadi penulis online (blogger), dan masih banyak lainnya.

Daripada malu dan takut mengganggu lantaran bertanya pada orang di sekitar lebih baik bertanyalah pada internet. Sekali lagi diingatkan untuk tidak berhemat kuota internet. Jangan terpaku pada satu hasil pencarian di internet. Carilah hasil lain sebagai perbandingan. Kalau perlu gunakan kata kunci lain yang sejenis untuk memastikan kuatnya info yang diperoleh.


Lebih lengkapnya berikut ini keuntungan tidak pelit pada kuota internet khususnya untuk 5 hal ini:


1. Cek Harga dan Kualitasnya

Membandingkan harga jangan cuma di satu tempat. Bersikap bijak dengan mengecek harga barang berbeda maupun sama sangat penting. Jangan cuma bandingkan di market place atau online shope. Tak ada salahnya menanyakan harga di mesin pencarian Google terkait harga barang yang hendak dibeli. Jangan sampai salah menaksir lantaran malas cek harga.


Mengecek harga juga dapat mengetahui seberapa kualitasnya barang. Apakah barang tersebut asli, second, palsu, rekondisi, atau yang sejenisnya. Tak cuma itu manfaat lainnya yaitu dapat mencegah kalian ditipu oleh pedagang di pinggir jalan. Mulai sekarang jangan pelit membuka internet demi mengetahui harga makanan serta kualitas barang.

Ilustrasi hemat data internet (sumber gambar koleksi pribadi)

2. Mencari Tahu Kebenaran Informasi

Jangan gegabah menerima informasi dengan cara diterima mentah-mentah. Apalagi menyebarkan ke mana-mana tanpa didahului mencari tahu kebenarannya. Kendati itu benar lebih elok dipikirkan dulu apakah dengan menyebarkannya dapat bermanfaat dan berakibat positif bagi si penyebar maupun para penerimanya.


Terkadang kita merasa kesal duluan saat mendapat informasi tak mengenakkan di media sosial maupun omongan orang-orang di warung kopi. Terutama terkait masalah politik. Jangan mudah percaya. Periksa dulu dari sumber terpercaya apakah kabar tersebut benar atau tidak. Bisa jadi itu cuma isu belaka. Sebab sekarang ini banyak informasi yang bias dan ambigu.

3. Mencari Lokasi Lewat Aplikasi Peta

Google Maps merupakan salah satu aplikasi peta yang dapat difungsikan untuk mencari lokasi yang ingin dicari. Baik itu yang sudah diketahui namanya sebelumnya maupun lokasi yang belum diketahui nama-namanya. Misalnya orang ingin mencari sejumlah mall di kota Malang. Aplikasi itu dengan mudah menunjukkan di titik mana saja mal-mal di sana.


Dengan membaca komentar (ulasan) dan melihat foto-foto pada lokasi yang dituju kalian dapat mengetahui bagaimana performa mereka. Berapa bintang yang diperoleh, bagaimana komentar pengunjung sebelumnya, hingga jam buka dapat dipantau di aplikasi Google Maps. Ini tentu sangat bermanfaat bagi kalian yang sedang berlibur di luar kota.


Baca: Manfaat dan Cara Menggunakan Navigasi Suara Google Maps di Android


4. Mencari Tahu Fungsi dan Manfaat Sesuatu

Terkadang kita tidak mengetahui fungsi dan manfaat dari makanan, barang, atau jasa yang ditawarkan banyak orang. Apakah fungsinya hanya mengenyangkan dan memanjakan lidah tapi mengabaikan kesehatan. Cari tahulah manfaat dari mengonsumsi bayam, kenikir, atau makanan lainnya. Itu supaya kalian lebih hati-hati dalam menyantap hidangan.


5. Membuka YouTube

Tutorial, informasi, hiburan, ilmu, ketenangan jiwa, wawasan, hingga berita semuanya ada di YouTube. Bukalah aplikasi YouTube. Jangan pelit berkorban kuota untuk melihat lokasi yang belum bisa didatangi. Misalnya mau beli rumah di perumahan, daripada langsung berkunjung ke lokasi lebih baik cek dulu terkait situasi perumahan yang dituju. Itu dapat bermanfaat meminimalisir efek kejut setelah datang di lokasi.

Komentar

Baca juga postingan berikut:

Visi dan Misi dalam Bekerja

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)