10 Hal ini Tak Boleh Diumbar di Media Sosial Kalau Tak Ingin Menyesal

Banjirembun.com - Media sosial baru-baru ini khususnya di instagram digegerkan dengan tren yang sedang digemari yaitu fitur stiker add yours. Sebuah fitur yang dapat diikuti oleh semua pengguna instagram dengan cara memulai sebuah tantangan (challange) lantas dapat disebarluaskan atau dilanjutkan pengguna lain.


Dalam tantangan itu kadang disuruh menyebutkan tempat tanggal lahir, nama panggilan, kota-kota yang pernah ditinggali, sampai mengirimkan foto tanda tangan diri. Fitur tersebut tampaknya sangat mengasyikkan. Sekaligus dapat menarik para pengguna medsos tetap betah berlama-lama di aplikasi. Serta dapat meningkatkan interaksi dan komunikasi sesama pengguna instagram.

Siapapun tak boleh tergiur iming-iming berupa apapun, termasuk diberi hadiah tatkala mau menjawab pertanyaan yang tercantum di challange. Kalau tak berhati-hati potensi jadi korban penipuan dan sabotase dapat terjadi. Lebih lengkap silakan baca tulisan kami sebelumnya "Jangan Ikuti Challenge ini di Medsos, Taruhannya Jadi Korban Penipuan dan Sabotase".


Lindungi data pribadi. Jangan sembarangan membagikan informasi tentang diri, foto, atau hal-hal lain terkait privasi kepada siapapun. Data-data itu dapat dijadikan bahan pihak penjahat untuk melakukan teknik rekayasa sosial atau socail engineering. Yakni, manipulasi psikologi dari seseorang pada target demi mendapatkan informasi pribadi yang biasanya dilakukan melalui internet dan telepon.

Ilustrasi menghindari media sosial (sumber gambar)

Demi menjaga diri dari korban rekayasa sosial seperti di atas jadilah pribadi yang cerdas. Tak mudah tergiur hadiah, pujian, tantangan, sesuatu yang sedang trending, atau terpancing melakukan hal-hal yang dapat membuat data pribadi bocor. Hindari memberikan serta menyebarkan data pribadi pada siapapun. Termasuk orang yang menghubungi melalui telepon dan chat pribadi. Ibarat kata data pribadi adalah nyawa.


Lantas apa saja informasi yang tak boleh diumbar di media sosial? Di bawah ini merupakan data pribadi yang bersifat unik sehingga melekat pada seseorang yang tidak ada orang menyamainya. Orang lain tidak boleh tahu termasuk keluarga sendiri. Berikut hal-hal yang tak boleh dibagikan di medsos:


1. Identitas di KTP: NIK, nama lengkap, tempat tanggal lahir, dan alamat

2. Password atau PIN

3. Plat mobil

4. Nomor ponsel

5. Email khusus untuk bisnis, kerja, atau medsos

6. Foto Kartu Keluarga

7. Nama julukan/panggilan mulai dari kecil hingga dewasa

8. Nama lengkap anggota keluarga terutama ibu kandung

9. Lokasi kerja

10. Nomor rekening bank

Komentar

Baca juga postingan berikut:

Visi dan Misi dalam Bekerja

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)