Cara Merawat Payudara Agar Sehat, Indah, Kencang, dan Terhindar dari Kanker

Banjirembun.com - Payudara atau buah dada merupakan bagian tubuh wanita yang menjadi salah satu aset paling berharga. Selain untuk mempercantik penampilan emak-emak, sudah pasti bukit kembar itu juga dapat jadi mainan bagi suami mereka. Masalahnya bagaimana ketika kondisi kesehatan payudara mengalami penurunan atau malah ada penyakit.


Semua istri tentu tak ingin mengalami masalah pada payudaranya. Tentu itu membuat mereka tidak mampu lagi menyusui anaknya. Serta tidak dapat dipegang-pegang lagi oleh suami lantaran mengidap penyakit payudara kronis. Oleh sebab itu, perlu diketahui bahwa merawat payudara tidak cuma tentang kebersihan dan kenyamanannya.

Pola hidup sehat dan rutin melakukan pemeriksaan mandiri pada payudara teramat penting bagi kesehatan. Ketahui secara tepat tentang perbedaan antara dada dengan dada yang mungkin harus diperiksakan ke dokter. Periksa secara berkesinambungan. Serta hal yang perlu ditekankan, jangan sampai terlambat akibat menunggu tanpa tindakan aktif.


Sikap proaktif, menyadari pentingnya kesehatan, dan langkah antisipasif menjadi hal pokok dalam mencegah terjadinya kanker payudara. Dengan menyadari ketidaknormalan sejak dini dapat membantu dalam memberi harapan hidup lebih tinggi. Sebab payudara merupakan salah satu jenis penyakit ganas yang merenggut banyak nyawa kaum hawa.


Deteksi dini kanker payudara dengan langkah perikSA payuDAra sendiRi (SADARI) adalah salah satu contoh mencegah risiko tingginya kematian. Paling tidak semenjak usia 20 tahun perempuan harus peduli dan perhatian pada kondisi kesehatan payudaranya. Dengan cara melakukan pemeriksaan rutin setiap bulan yaitu pada 7-10 hari sesudah hari pertama haid.

Ilustrasi peduli pada kesehatan payudara (sumber gambar)

Cara melakukan pemeriksaan payudara mandiri yaitu dengan berdiri di depan cermin. Cermin berguna melihat sendiri bagaimana kondisi payudara setelah dilakukan gerakan-gerakan tertentu. Angkatlah kedua tangan lurus, tegak, dan kuat ke atas. Periksa apakah ada tanda-tanda pembengkakan seperti warna merah. Jangan malu atau risih demi kesehatan.


Langkah lainnya yaitu tekan payudara dari atas ke bawah. Rasakan apa terdapat benjolan atau tidak. Cara lain tekan pelan-pelan payudara di sekeliling puting susu. Perhatikan ada tidak cairan yang keluar dari puting. Kalau ada segera periksa ke dokter. Langkah lainnya yaitu letakkan kedua telapak tangan di pinggang (berkacak pinggang). Periksa apakah ada warna kemerahan atau pembengkakan di payudara. 


Cara berbeda dari yang sudah disebutkan dia atas yaitu letakkan kedua telapak tangan menutupi buah dada. Tekan pelan-pelan dengan gerakan melingkar. Teliti apakah ada benjolan atau tidak. Ingat lakukan langkah-langkah di atas secara rutin. Sebab perkembangan keadaan payudara tidak bisa diperiksa cuma satu atau dua kali saja.

Cara Merawat Payudara Supaya Sehat, Indah, Kenang, dan Terhindar dari Kanker

Siapa sangka menyusui bayi setelah melahirkan dapat mengurangi risiko terkena kanker. Memberi asupan ASI pada bayi tidak cuma menguntungkan bagi bayi tapi juga untuk ibunya. Semakin lama masa menyusui buah hati semakin lama pula kualitas perlindungan payudara dari penyakit.


Menghindari asap rokok (apalagi merokok) merupakan cara yang tak kalah penting untuk mencegah penyakit berbahaya. Begitu pula minum alkohol sangat tidak diperbolehkan. Selanjutnya sebisa mungkin tidak melakukan terapi hormon jenis apapun. Dosis dan terapi hormon yang berlebihan dapat meningkatkan terjangkit penyakit kanker payudara.


Berolahraga rutin bisa membantu mencegah penyakit. Termasuk kanker payudara. Jangan sepelekan olah raga. Serta tentu mesti diimbangi dengan pola makan sehat. Makanlah sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, teh hijau, dan makanan maupun minuman lain yang kaya antioksidan. Penyakit apapun datang seringkali muncul dari apa yang dimakan serta diminum.


Paparan sinar matahari terik, polusi udara, hingga limbah kimia juga jadi penyebab kanker payudara. Hal senada juga ada yang percaya bahwa makan dan minuman berpengawet buatan, perasa buatan, pemanis buatan, pewarna buatan, atau makanan berbahan sintetis (kimia) dapat menimbulkan terserang penyakit kanker payudara.


Baca: Ini 5 Kelebihan Cewek Tepos, Tak Perlu Minder


Adapun untuk menjaga keindahan payudara cara yang dilakukan adalah mengendalikan berat badan. Hal tersebut merupakan langkah awal dan utama sebelum menginginkan bentuk payudara yang indah. Wanita yang terlalu kurus begitu pula kegemukan tentu akan berpengaruh pada buah dada mereka. 


Penerapan tips terhindar dari kanker payudara yang telah dijelaskan di atas juga ikut andil dalam menjaga kekencangan payudara. Pastikan bahwa pola hidup sehat sudah dijalankan. Salah satunya istirahat (tidur berkualitas) dengan cukup. Hindari stress apalagi depresi. Pastikan kondisi hormon dalam tubuh juga seimbang. Sebab hormon yang tak terkendali dapat memicu terjadinya kanker dan mengendurnya payudara.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Kumpulan Group WhatsApp Berbagai Komunitas Koleksi *Banjir Embun*

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)