Tips Menjaga Penampilan Supaya Tetap Awet Muda, Dijamin Ampuh

Banjirembun.com - Tampilan awet muda bukan cuma ditentukan karena faktor keturunan. Mayoritas justru dari seperti apa gaya hidup, pola makan, pola tidur, hingga mengendalikan stres yang menentukan tetap tampil kencang. Meski usia semakin matang kondisi tubuh masih terlihat bersinar.


Banyak sekali produk-produk di luaran yang menawarkan obat, herbal, jamu, atau semacamnya yang menjanjikan tubuh tampak muda. Sebagai jalan pintas agar penampilan menjadi lebih menggairahkan. Meski mahal, rutin perawatan, dan masih penuh coba-coba tetap memaksakan diri untuk ditempuh.

Apapun itu, menyiksa tubuh dengan bahan-bahan kimia maupun terapi tertentu demi kecantikan lebih baik dihindari. Belum lagi terdapat efek samping yang terjadi dalam jangka panjang. Bagaimanapun juga prinsip mencegah lebih baik daripada mengobati. Sampai kapan pun itu akan relevan.


Sejatinya merawat dan menjaga penampilan supaya awet muda bisa dilakukan dengan cara sederhana. Sebab, tubuh memang secara alami akan mengalami penuaan. Itu pasti terjadi pada semua manusia seiring bertambah usia. Kulit akan kehilangan daya elastis sehingga tampak kendur dan keriput. Mulai muncul garis halus disertai flek (bercak).


Sebagaimana ada proses penuaan secara cepat (muka boros) tentu ada pula proses perlambatannya. Pada dasarnya, tips awet muda sangat sederhana. Yakni, jika ingin awet muda maka hindari hal-hal yang menyebabkan penuaan dini. Dengan itu paling tidak proses penuaan tidak berlangsung terlalu cepat.


Berikut ini tips menjaga kulit agar tetap awet muda.


1. Hindari Paparan Sinar Matahari

Selain mengandung manfaat, sinar matahari juga dapat mengundang bencana. Terutama pada jam 9 pagi hingga 4 sore lebih baik hindari terpapar matahari terlalu lama. Membatasi dengan ketat asupan sinar matahari juga dapat mencegah risiko terkena penyakit kanker kulit maupun kulit menghitam.

Ilustrasi penuaan dini (sumber gambar)

2. Hindari Polusi Udara

Udara kotor yang terkontaminasi bahan kimia seperti asap rokok, asap pabrik, sampai asap kendaraan dapat membahayakan kulit. Risiko terkena kanker kulit dapat terjadi. Sebab sejatinya secara alami kulit manusia diciptakan "bersentuhan" langsung dengan alam sehat. Bukan dengan bahan-bahan kimia berbahaya.


3. Kendalikan Stress

Rasa tertekan kadang datang begitu saja. Mungkin orang tidak dapat menghindarinya. Namun, bukan berarti menyerah begitu saja. Kurangi dan kendalikan stress agar sel-sel di dalam tubuh tidak banyak yang rusak. Nyatanya, stress juga dapat menyebabkan pola makan dan pola tidur jadi terganggu.

4. Punya Pola Makan Sehat

Hindari makanan-makanan tidak sehat yang mengandung bahan-bahan kimia. Misalnya berpengawet, perasa buatan, pemanis buatan, pewarna buatan, maupun berlemak tinggi. Kurangi konsumsi jenis gula dari produk apapun termasuk tebu. Makanlah buah, kacang-kacangan, sayuran, cokelat hitam, hingga minyak sehat (zaitun dan VCO).


5. Jalani Pola Tidur Sehat

Pengertian istirahat tidak cuma duduk atau berbaring sambil santai-santai. Istirahat terbaik adalah tidur berkualitas. Untuk orang dewasa waktu tidur ideal yang mesti dijalani setiap malam yaitu antara 7 hingga 9 jam. Lantas di siang hari sempatkan untuk tidur siang walau 10 menit. Di waktu tidur jaringan tubuh melakukan regenerasi (pembaruan).


6. Terapkan Pola Hidup Sehat

Rutin olah raga tidaklah cukup disebut sebagai telah menerapkan pola hidup sehat. Tidak merokok, menolak minum alkohol, hingga tak menyantap makanan cepat saji juga menjadi bagian dari hidup sehat. Olah raga sangat penting dilakukan supaya massa otot tidak berkurang drastis saat tua. Dengan itu tampilan tubuh tidak terlalu menyusut.


7. Rutin Cuci Muka dan Tangan

Rutin cuci kulit muka dan tangan tidak hanya membersihkannya dari debu atau kotoran kecil. Lebih dari itu juga sangat berperan dalam menjaga kelembapan. Tanpa perlu menggunakan pelembab buatan maupun sabun. Cukup dengan air bersih saja. Itu bakal membantu kulit terjaga dari ancaman penuaan dini.


8. Cukup Minum Air Putih

Mencuci kulit memang menjadi cara melembapkan kulit dari luar, sedang minum air putih dengan cukup merupakan cara "membasahi" dari dalam. Orang yang kekurangan cairan akan sangat mudah dehidrasi. Apalagi bagi yang aktivitasnya padat. Kekurangan minum menyebabkan kulit kering dan berkeriput.

Komentar

Baca juga postingan berikut:

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia