Tips Panjang Umur dari Mahathir Mohammad, Ini Rahasia di Usia 96 Tahun Masih Aktif Berpolitik

Banjirembun.com - Mahathir Mohammad adalah mantan Perdana Menteri Malaysia. Sebuah negara tetangga Indonesia yang faktanya masih serumpun dan berbahasa sama yaitu Melayu. Di mana, usia 96 tahun tak membuat beliau memutuskan istirahat atau pensiun sepenuhnya. Ternyata keaktifan beliau di usia sangat sepuh ada rahasia tersendiri.


Perlu diketahui bahwa pada 10 Mei 2018 lalu Mahathir dinobatkan sebagai pemimpin, kepala negara, maupun kepala pemerintahan paling sepuh di dunia. Lebih tepatnya dalam usia 92 tahun lebih 304 hari. Adapun posisi keduanya diduduki oleh ratu Elizabeth II yang berumur 92 tahun lebih 19 hari. Masing-masing tentu punya cara sendiri dalam menjaga kesehatan sehingga bisa panjang umur.

Ternyata rahasia kesehatan dalam usia hampir satu abad Mahathir Muhammad ada pada cara makan yang tepat. Maksudnya tidak cuma pilih-pilih makanan. Lebih dari itu beliau menuturkan bahwa tak pernah makan banyak. Intinya sebelum perut penuh dan kenyang sudah berhenti makan. Untuk dapat melakukan itu juga ada tipsnya lagi.


Beliau menasehati supaya segera berhenti makan ketika didapati makanan yang dinikmati terlalu enak. Sebab, orang biasanya akan makan dalam jumlah ekstra tatkala rasanya lezat. Masih kata beliau yang mewanti-wanti bahwa makan banyak menyebabkan perut besar. Kondisi tersebut dapat menyebabkan menekan posisi jantung sehingga mengganggu kinerja dalam memompa darah.

Mahathir Mohammad (sumber gambar)

Kesimpulan Mahathir yaitu jika ingin sehat maka harus membendung nafsu makan. Selain masalah porsi, beliau memberi nasehat juga untuk meninggalkan lemak jahat yang mengandung kolestrol. Sebab, itu semua dapat menyebabkan saluran darah menjadi menyempit. Tentu potensi terkena stroke dapat terjadi dalam intensitas kecil atau besar.


Beliau juga memberi masukan supaya menghindari rokok. Menurutnya paru-paru manusia diciptakan untuk menghirup oksigen bukan asap rokok. Saat asap rokok masuk ke paru-paru lantas kelamaan mengendap dapat merusak organ pernafasan. Beliau melarang pula untuk minum alkohol sebab dapat merusak organ hati serta mengganggu aktivitas.


Di luar dugaan tips panjang umur dari Mahathir Mohammad sungguh sederhana. Akan tetapi hal yang perlu diperhatikan yaitu apakah kiat-kiat di atas dapat dilakukan sepenuhnya selama seumur hidup bagi orang lain. Harus pula melihat kenyataan bahwa keadaan tubuh (gen bawaan) setiap masing-masing orang berbeda. Barangkali cara merawatnya juga berbeda.

Komentar

Baca juga postingan berikut:

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia