Ciri-ciri Password yang Mudah Diketahui Pembajak, Segera Ganti Daripada Menyesal

Banjirembun.com - Kata sandi atau password dalam kehidupan serba digital sekarang ini merupakan kebutuhan pokok. Hampir semua kebutuhan hidup memerlukannya. Mulai dari ambil uang di ATM, email, buka media sosial, akses aplikasi jual-beli online, hingga laptop maupun HP juga bisa diatur supaya dapat dipasang password agar tidak sembarang orang bisa memanfaatkan fiturnya.


Sayangnya, masih sangat sedikit orang yang sensitif guna menjaga dan merahasiakan password miliknya. Tak cuma itu mereka juga mesti menyadari bahwa selain kata sandi wajib dibuat ekstra rumit ternyata masih dibutuhkan hal lain. Di antaranya dianjurkan sering menggantinya. Serta dibuat beda. Mana yang dipakai untuk hiburan dengan yang dikhususkan pada masalah keuangan harus disendirikan.

Kebiasaan untuk melindungi password masih sangat lemah. Banyak mengira bahwa membuat kata sandi itu cukup yang gampang diingat. Sebut saja seperti tanggal lahir, nama diri, nama hewan, kode pos, julukan, atau kombinasi password yang lemah. Tentu itu akan sangat mudah ditebak oleh para pembajak akun medsos maupun aplikasi di internet. 


Salah satu password dikategorikan lemah yaitu hanya berupa angka saja. Bisa pula berupa huruf saja tanpa dikombinasikan dengan huruf kapital. Untungnya sekarang ini banyak aplikasi yang peduli pada sistem keamanan akun penggunanya. Mereka menyarankan bahkan mengharuskan pemilik akun untuk mengganti atau membuat password yang tingkat keamanannya lebih kuat.

Ilustrasi login aplikasi (sumber gambar)

Jangan pertaruhkan keamanan, kenyamanan, kerugian, atau risiko lainnya demi "memanjakan" diri. Banyak yang masih malas membuat password yang sulit ditebak lantaran demi agar mudah diingat dan dianggap lebih praktis. Jangan sampai setelah jadi korban kebocoran data maupun penipuan mereka baru menyesali. Lantas dengan serta merta mau mengganti password dan peduli pada keamanan akun miliknya.


Biar lebih kuat lagi jangan lupa gunakan fasilitas atau fitur dua langkah autentifikasi yang umumnya ada di aplikasi. Biasanya berupa input nomor HP serta email untuk memverifikasi sebelum aplikasi mengizinkan login sepenuhnya. Hal itu semata-mata demi melindungi privasi, pencegahan dari kerugian materi maupun non materi, dan memastikan diri bahwa pengguna punya hak-kewajiban untuk menjaganya.


Bisa dibilang kata sandi adalah aset berharga. Setiap kepala (satu orang) manusia wajib punya kata sandi unik. Orang lain termasuk keluarga tak boleh tahu. Sebab, satu dari beberapa kata sandi yang digunakan bocor dapat menjadi masalah besar di kemudian hari. Lebih baik mencegah dan menutup celah pembajakan dengan cara memulai sekarang. Ketimbang terlambat lantas menyesal.

Komentar

Baca juga postingan berikut:

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Kumpulan Group WhatsApp Berbagai Komunitas Koleksi *Banjir Embun*

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)