3 Alasan Mengapa Musim Hujan Membuat Tubuh Rentan Terserang Penyakit

Musim hujan merupakan musim seribu penyakit. Mulai anak-anak, remaja, hingga tua renta punya potensi terkena sakit. Paling tidak flu atau pilek. Bisa dibilang ada keterkaitan antara datangnya musim hujan dengan gangguan kesehatan. Di mana, pada saat itu kondisi tubuh rentan terserang penyakit.

Banjirembun.com

Di saat musim hujan dianjurkan untuk mengurangi aktivitas berat. Lebih banyak istirahat disertai mengonsumsi jamu atau obat-obatan herbal. Salah satunya minum Habbatussauda yang juga pernah kami ulas dalam blog ini. Tak ketinggalan untuk menambah asupan buah-buahan dan sayur mayur.

Artikel ini dibuat karena masih banyak orang yang tak menyadari betapa buruknya musim hujan. Mereka mengira musim hujan nilainya sama saja dengan musim kemarau. Padahal itu sama sekali berbeda. Keduanya sama-sama punya keunggulan. Serta masing-masing punya bahaya tersendiri.


Supaya kalian jadi lebih perhatian pada kondisi cuaca dan musim (iklim) lebih baik perhatikan 3 alasan musim hujan berbahaya bagi kesehatan.


1. Bakteri, Virus, dan Parasit Merajalela

Suhu lembab atau basah membuat mikroorganisme tak kasat mata itu jadi lebih kuat sehingga jumlahnya sulit berkurang. Banyaknya genangan air di jalan, halaman, bahkan di dalam rumah menjadi sarang dan tempat hidup ideal bagi mereka. Akibatnya makanan dan minuman lebih mudah terkontaminasi.


Musim hujan membuat virus, bakteri, jamur, dan kawan-kawannya jadi lebih gampang berkembang biak dalam tubuh manusia. Virus jadi mudah mereplikasi (menggandakan diri) sehingga tentu tubuh jadi lebih sulit mengatasinya. Ditambah lagi kondisi fitalitas tubuh yang makin menurun akibat udara dingin.


2. Udara Dingin

Musim hujan sangat jarang sekali matahari muncul. Lebih sering terjadi mendung berkepanjangan tanpa terik sinar matahari walau hanya 1 jam. Dalam keadaan udara dingin tersebut tubuh dengan sendirinya bakal mengkondisikan diri. Menjaga kehangatan tubuh sedemikian rupa supaya kesehatan tubuh tetap terjaga.

Ilustrasi sedang kedinginan karena hujan (sumber gambar)

Sayangnya, agar badan tidak mendingin butuh energi. Alih-alih energi dalam tubuh hanya digunakan menyuplai penuh sistem kekebalan tubuh. Justru yang ada harus berbagi dengan yang lain. Dampaknya tubuh mesti bekerja ekstra. Dapat dikatakan bahwa musim hujan membuat imunitas jadi jauh lebih melemah.


3. Jarang Muncul Sinar Matahari

Sinar matahari merupakan hal penting dan tak tergantikan. Terutama bagi kesehatan. Terkait hal itu silakan baca tulisan kami berjudul "Jangan Diremehkan, Berikut Alasan Manusia Tak Boleh Kekurangan Asupan Sinar Matahari Secara Langsung." Di sana kalian akan mendapat penjelasan mengapa matahari menjadi kebutuhan vital.


Tanpa adanya sinar matahari pula virus, bakteri, jamur, dan parasit menjadi ganas. Mereka jadi lebih kuat dan tidak gampang mati. Bahkan sebagian dari mereka dengan mudahnya melayang di udara ke sana kemari. Kalau sudah begitu mau bersembunyi di mana pun potensi terpapar makhluk kecil jahat itu tetap ada.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Kumpulan Group WhatsApp Berbagai Komunitas Koleksi *Banjir Embun*

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)