Segudang Manfaat Tidur Siang, Tidak Hanya untuk Jaga Kesehatan

Sungguh disayang tradisi tidur siang yang telah diajarkan orang tua dulu kini mulai luntur. Banyak alasan budaya bagus itu kini semakin hilang. Stigma negatif terhadapnya merupakan salah satu utama penyebabnya.

 

Entah siapa yang pertama mengatakan bahwa kebiasaan tidur di siang hari merupakan ciri orang malas dan pengangguran. Tidur di siang hari dikatakan dapat mengurangi produktifitas. Semua itu termasuk pandangan salah kaprah.

Padahal tak benar bahwa tidur di siang hari itu menjadi ciri orang pemalas. Justru dengan melakukannya tiap hari banyak manfaat yang diraih. Bukan saja dalam masalah kesehatan. Melainkan sederet manfaat lain yang tak kalah penting.


Tidur siang sangat baik untuk kesehatan otak. Walau hanya 10 hingga 30 menit, sudah menjadi waktu lebih dari cukup mengistirahatkan otak. Bisa dikatakan tidur siang tidak hanya merfresh otak. Akan tetapi juga merestrat agar kembali lancar.


Memforsir otak untuk terus terjaga tanpa diberi jeda istirahat dapat memperburuk daya ingat dalam jangka panjang. Tidak akan menjadi orang pelupa. Sebab kemampuan penyimpanan otak dalam mengingat masih tetap prima hingga tua.

Ilustrasi tidur siang di kantor (sumber gambar)


Jangan sepelekan tidur siang. Alih-alih bikin tak produktif, malah setelah tidur siang kinerja otak dan tubuh bisa kembali prima. Tatkala tak tidur siang performa turun jadi 45%. Namun, apabila ada tidur siang stamina bisa naik lagi hingga 75%.


Orang yang menyempatkan waktu untuk tidur siang, walau hanya dengan memejamkan mata saja dan tidak nyenyak, juga dapat mengikatkan kreativitas. Otak jadi lebih segar dalam diajak berkarya untuk melahirkan ide-ide lain.


Dengan tidur siang suasana hati jadi bisa diperbaiki akibat kepenatan sebelumnya. Otak tidak bakal memikirkan hal yang tidak-tidak. Dengan begitu dapat lebih mudah fokus dan konsterasi pada pekerjan-pekerjaan penting.


Tak perlu khawatir setelah tidur siang nanti di malam harinya sulit tidur. Justru dengan tidur siang kualitas tidur di malam hari bakal didapat. Bisa nyenyak tanpa dibayang-bayangi mimpi buruk maupun terbangun di tengah malam walau sebentar.


Tidur siang yang rutin juga dapat membantu meningkatkan kinerja sistem kekebalan tubuh. Sebagaimana diketahui kekebalan tubuh sangat dipengaruhi oleh tingkat stres. Dengan tidur siang yang rutin tingkat stres dapat dikurangi.


Sedari sekarang jangan remehkan tidur siang. Lakukan itu tiap hari. Walau hanya 10 menit itu sudah teramat berarti bagi kesehatan otak, tubuh, dan jiwa. Sempatkan tidur di sela-sela istirahat kerja. Setelah itu baru minum kopi, teh, atau makan.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Tanya Jawab Tentang Filsafat Pendidikan Islam dan Upaya Pembaruan Pendidikan Islam

Visi dan Misi dalam Bekerja

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece