Ciri-ciri Akun Hode di Media Sosial, Aslinya Cowok tapi di Profilnya Mengaku Cewek

Fenomena akun abal-abal di dunia maya kian marak. Tak hanya akun robot tapi juga akun media sosial berfoto profil palsu. Mirisnya masih saja ada orang yang mudah dikelabui di olehnya. Menjadi korban akun hode. Yakni, akun yang dimiliki dan dikendalikan cowok tapi tampilan profil berkelamin cewek.

Banjirembun.com

Banyak tujuan mengapa orang seseorang lelaki menyamar jadi cewek di media sosial. Dua di antaranya yang paling umum yaitu untuk penipuan dan promosi dagangan Lebih lengkapnya silakan baca tulisan kami berjudul "Hode si Cewek Jadi-jadian, Ini Arti dan Tujuan Buruknya di Medsos".

Sekadar informasi bahwa Gisel salah satu admin situs Banjir Embun bukanlah hode. Beberapa teman Gisel yang kenal di dunia maya juga banyak yang akrab. Mereka juga kadang berkomunikasi melalui chatting, telepon, maupun video call di WhatsApp, Instagram, Facebook, dan medsos lainnya. Awalnya bertujuan promosi situs tapi akhirnya jadi teman.

Ilustrasi foto profil akun hode (sumber gambar)

Supaya kalian jadi lebih waspada dan tak jadi batu sasaran empuk kaum hode lebih baik ketahui dulu ciri-ciri akun hode.


1. Memasang Foto Profil Cewek yang Menarik

Tak hanya foto gadis seksi dan fulgar yang jadi bahan tipu-tipu kaum hode. Foto cewek berhijab dan tampak santun juga kerap jadi senjata andalan mereka. Gambar cewek kalem tersebut dipajang di profil umumnya untuk memasarkan produknya. Bukan untuk tujuan penipuan pulsa dan transfer uang.


Foto-foto tersebut biasanya didapat di internet secara gratis. Namun, ada pula yang mendapatkan dengan cara membeli pada oknum jual-beli foto-foto wanita khusus digunakan menipu. Tak hanya sejumlah foto yang didapat, hode tersebut juga memperoleh beberapa video dengan wajah yang sama, serta screenschot (tangkap layar) testimoni palsu transaksi sebelumnya.

2. Pola Interaksi dan Komunikasi yang Aneh

Mayoritas hode tidak bakal mau diajak teleponan, video call, maupun voice note (pesan suara). Kalau pun mau pasti suara yang dikeluarkan pendek-pendek. Sebab suara tersebut merupakan rekaman dari suara orang lain. Silakan minta pada dia untuk menyebutkan nama atau kata tertentu untuk mengetesnya. Lebih dari itu saat kalian minta akun-akun sosmed miliknya yang lain bakal tidak dikasih. Boro-boro mau diajak ketemuan.


Pola komunikasi aneh lainnya yaitu biasanya hode begitu sangat agresif. Tak tanggung-tanggung tanpa diminta dia bakal dengan mudahnya mengirim video vulgar. Tentu itu hal yang aneh. Kebanyakan cewek meskipun itu diminta kirim video dan dia cewek nakal hampir mustahil mau mengirim video syur miliknya sendiri. Bahkan milik orang lain pun ogah-ogahan.


3. Sok Imut, Ganjen, atau Genit

Memang harus diakui sebagian cewek itu menunjukkan karakter diri yang imut dan fenimin. Bahkan cewek asli juga ada yang ganjen, suka merayu, atau genit. Akan tetapi untuk hode tingkatnya jauh lebih parah sehingga cenderung murahan. Itu terjadi salah satunya karena ia segera ingin atau tak sabar mendapatkan keuntungan dari mangsanya.


Emoticon (emo) atau simbol ekspresi wajah manusia yang digunakan saat chatting juga tak wajar. Sebab dilakukan begitu sering dan terlalu didramatisir. Ia ingin menunjukkan bahwa dirinya merupakan sosok yang lemah, butuh perhatian, dan butuh kasih sayang. Dengan begitu hode tersebut bakal mudah membujuk cowok yang polos, naif, dan ceroboh.


4. Deskripsi Profil dan Status Terlalu Menggoda

Profil akun hode bisasanya dibuat menggiurkan dan bikin penasaran. Tujuannya tentu agar para laki-laki mau me-like (menyukai), me-share (membagikan), follow (mengikuti), dan berkomentar di media sosialnya. Setelah dirasa akunnya tersebut sudah memadai dan terlihat "besar", jati dirinya dibuka. Profil diedit menjadi lelaki seperti sosok asilnya.


Deskripsi profil lainnya yaitu menawarkan produk, jasa, atau layanan dengan harga murah. Serta menggunakan kata-kata lain yang menggoda supaya calon korban mau chat dengan dirinya. Kadang walaupun tak disapa lebih dulu mereka bakal  tak canggung mencari perhatian di status dan grup media sosial. Tentu tujuannya untuk memancing agar ada yang melihat profilnya.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Tanya Jawab Tentang Filsafat Pendidikan Islam dan Upaya Pembaruan Pendidikan Islam

Visi dan Misi dalam Bekerja

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece