5 Manfaat Roti Gandum Bagi Kesehatan Jangka Panjang

Roti gandum adalah salah satu jenis panganan yang sebagian atau seluruhnya terbuat dari tepung biji-bijian gandum utuh maupun hampir utuh. Warna coklat dan tekstur kasar roti gandum sangat berciri khas dibanding roti lainnya. Biasanya disertai banyak bintik-bintik mencolok di antaranya.


Konsumsi roti gandum mengalami peningkatan disebabkan masyarakat menyadari akan manfaatnya bagi kesehatan. Namun sayangnya, mayoritas gandum sebagai bahan makanan olahan di Indonesia masih impor. Australia pemasok terbesarnya. Kurang lebih 1/4 dari totalnya dari negeri itu.

Langkah impor masih dilakukan bukan berarti tanpa ada usaha budi daya tanaman gandum. Jumlah gandum lokal teramat sedikit untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Itupun persebaran ladangnya tidak merata. Sebagian besar berada di daerah Soe, NTT dan Merauke, Papua.


Di minimarket modern terdekat harga roti gandum cukup terjangkau. Yakni, sekitar Rp. 18.500,-. Akan tetapi kalian harus perhatikan baik-baik komposisi dan cara membuatnya. Pastikan lebih dari 80% bahannya terbuat dari gandum utuh. Disertai campuran tepung dan bahan lain lebih sedikit.


Supaya kalian semakin yakin untuk mencoba roti gandum sampai menjadikan konsumsi harian bacalah tulisan di bawah.


1. Melancarkan Pencernaan

Sistem pencernaan merupakan bagian tubuh terpenting manusia untuk menjaga kekebalan tubuh. Terkait hal tersebut lebih lengkap baca "Pentingnya Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan, 70% Kekebalan Tubuh Ada di Sana". Dengan memakan roti gandum kesehatan pencernaan lebih meningkat.

Ilustrasi roti gandum utuh (sumber gambar)


Serat tinggi dalam gandum membuat pergerakan usus lebih leluasa. Selain itu ia mampu merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam organ pencernaan tersebut. Dengan begitu buang air besar jadi lebih lancar. Proses detosifikasi (pembuangan racun) juga bisa dilakukan tanpa hambatan.


2. Sumber Nutrisi dan Gizi

Roti gandum berbahan gandum utuh menjadi sumber karborhidat yang baik saat sarapan. Nutrisi yang terkandung di dalamnya juga tak dapat diremehkan. Dapat dikonsumsi oleh anak-anak maupun ibu hamil. Ia mengandung antioksidan, protein, kalsium, zat besi, fosfor, magensium, kalium, zinc, dan sodium. Kandungan vitamin meliputi vitamin E, B, dan K.


3. Mencegah Penyakit Serius

Senyawa alami dalam kandungan roti gandum diklaim mampu menghambat perkembangan sel-sel kanker. Ia rendah lemak dan kolestrol sehingga mengonsumsinya dapat terhindar dari penyakit terkait peredaran darah. Dua di antarnya penyakit jantung dan stroke. Ia juga dapat mengurangi risiko diabetes.


4. Mencegah Obesitas

Manfaat nomor empat ini sebenarnya masih terkait dengan nomor 1. Tak hanya dapat melencarkan buang air besar. memakan roti gandum utuh dapat membuat perut terasa kenyang lebih lama. Sistem pencernaan butuh waktu lebih lama untuk mencernanya. Ini juga sangat membantu bagi kalian yang sedang program diet dan menurunkan berat badan.


5. Menjaga Kesehatan Kulit dan Mencegah Penuaan Dini

Kandungan protein dan vitamin B yang tinggi roti gandum mampu menjaga kesehatan kulit. Adapun vitamin E darinya mampu mencegah gejala penuaan dini pada kulit seperti kerutan maupun noktah hitam di wajah. Dengan rutin mengonsumsi roti gandum utuh menjadi salah satu langkah awal untuk tetap awet muda.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Kumpulan Group WhatsApp Berbagai Komunitas Koleksi *Banjir Embun*

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)