5 Kebiasaan Kecil dan Sederhana yang Dilakukan Setiap Hari Tapi Menentukan Nasib di Masa Tua

Seringkali sebuah keberhasilan dan kesuksesan dapat terwujud salah satunya karena ada kebiasaan kecil dan sederhana. Sesuatu yang tak disadari itu ternyata menentukan nasib dalam waktu 5 hingga 10 tahun ke depan. Bahkan saat masa tua tiba hasil yang didapat baru terlihat dampaknya.

Banjirembun.com

Kalian pernah dengar peribahasa "Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit". Ungkapan tersebut tak sepenuhnya salah. Kadang untuk mengubah nasib diri sendiri, butuh sesuatu kebiasaan yang dilakukan dalam waktu bertahun-tahun. Sebab segala sesuatu yang baik seringkali butuh proses tanpa cara instan.

Jangan berharap di masa mendatang hingga masa tua hidup kalian akan sehat, bahagian, dan sukses ketika kebiasaan sehari-hari masih buruk. Ubahlah mulai sekarang setelah membaca artikel ini. Secara lengkap berikut inilah 5 kebiasaan kecil dan sederhana yang harus dilakukan setiap hari.


1. Kebiasaan Membaca, Mendengar, dan Menonton

Mulai sekarang seleksi apa-apa yang kalian baca, dengar, dan tonton. Tatkala kalian salah dalam menentukan pilihan apa saja yang harus "dikonsumsi" bersiaplah suasana hati jadi terganggu. Bacaan, suara, dan tontonan yang positif bakal membuat kalian jadi lebih semangat dan hidup jadi terarah.

Ilustrasi gadis yang terbiasa membaca bacaan positif (sumber gambar)

Perbanyaklah membaca dan menikmati konten-konten motivasi, tips atau trik, kisah atau pengalaman hidup orang sukses, kesehatan, ekonomi, berita penting (bukan politik), hingga hiburan yang mencerdaskan. Dengan begitu niscaya hidup kalian bakal tercerahkan. Tidak tercemari "masukan" yang menyesatkan dan merugikan di masa tua.


2. Kebiasaan Bergaul dengan Siapa Saja

Bukanlah hal salah apalagi dosa, ketika kalian memutuskan jadi orang yang pilih-pilih teman. Meninggalkan siapa saja yang dianggap membebani dan merugikan kehidupan kalian. Sebab teman adalah cerminan dari seseorang. Siapa diri kalian dapat dilihat dari dengan siapa saja kalian bergaul.


Apabila kalian bergaul dengan orang pesimis, hedonis (hura-hura), dan pragmatis (berpikir pendek dan instan) maka kalian bakal seperti mereka. Walau kalian sanggup meminimalisir, ketika tetap terus memaksa bertahan bersama mereka tentu itu hanya menambah beban tiada guna. Lebih baik energi, pikiran, dan waktu digunakan untuk hal manfaat.

3. Kebiasaan Makan dan Minum

Dirimu adalah apa yang kamu makan. Ungkapan tersebut menggambarkan betapa penting untuk memilih makanan. Jika kalian memutuskan sering atau bahkan setiap hari mengonsumsi makanan tak bermutu maka di mas tua risiko terkena penyakit degenaratif (bukan keterunan) dan tak menular makin tinggi.


Sekarang ini banyak orang terkena diabates, struk, kanker, jantung, dan semacamnya lantaran pola makan mereka di masa lalu. Semua itu gara-gara di masa muda gemar memakan makanan instan (cepat saji), minuman berkarbonasi (soda), sampai kuliner kemasan (berbahan kimia, berpengawet, dan berperwarna).


4. Kebiasaan dalam Bekerja dan Menyalurkan Hobi

Setiap orang pasti punya kebiasaan rutin setiap hari. Itu dilakukan baik karena ada tuntutan pekerjaan maupun demi meluangkan waktu untuk hobi. Kebiasaan tersebut tidak hanya membentuk karakter atau kepribadian kalian. Lebih dari itu dapat pula menentukan kesehatan dan keadaan tubuh kalian. 


Bagi kalian yang suka begadang, merokok, minum alkohol, olah raga ekstrim, dan naik sepeda motor tiap hari dengan jarak jauh sebaiknya mulai sekarang dikurangi. Tubuh kalian bukanlah robot yang bisa dipaksa untuk melakukan dan menerima sesuatu di luar batas. Badan dan otak butuh diperhatikan agar kinerjanya tetap awet serta optimal hingga masa tua.


5. Kebiasaan Memotivasi Diri Sendiri

Mensugesti diri sendiri merupakan tindakan baik. Katakan pada diri sendiri bahwa impian atau cita-cita kalian akan terwujud. Jangan pernah mengeluarkan kata-kata negatif yang melemahkan dan membuat diri kalian tak termotivasi. Ketika kalian lagi tertekan dan tak tertahan lebih baik diam. Tak perlu mengeluarkan kata-kata apapun yang dapat memperburuk.


Berdo'alah pada Tuhan dengan mengeluarkan suara. Keluarkan rintihan mulut dengan menyuarakan harapan dan keinginan kalian. Terus ulang permintaan kalian tersebut. Baik setelah ibadah maupun saat sedang ingat karena sangat mengharapkannya. Jangan berharap mendapatkan hasil bagus tatkala ucapan yang kalian suarakan pada diri sendiri maupun orang lain tidaklah bagus.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Kumpulan Group WhatsApp Berbagai Komunitas Koleksi *Banjir Embun*

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)