5 Cara Mencegah dan Mengatasi Perut Besar

Kalian pasti heran kenapa ada orang yang makannya banyak dan jarang aktivitas tapi perut tidak dapat membesar. Selain faktor keturunan, ada penyebab lain orang mudah bertambah banyak timbunan lemaknya. Beberapa di antaranya karena gaya hidup dan pola makan yang salah.


Perut gembul (agak gendut) memang kadang terlihat lucu bagi sebagian orang lain. Namun, ketika itu berlebihan sehingga buncit justru tak enak dipandang. Berperut besar juga dapat stigma sebagai orang yang tidak bisa diajak bekerja cepat. Jangankan berlari, angkat-angkat saja susah.

Memiliki tubuh tambun juga punya dampak buruk lainnya. Seperti menyulitkan diri saat memilih ukuran busana yang pas. Selain itu punya risiko besar terserang penyakit tak menular seperti jantung, diabetes, dan darah tinggi. Serta tentunya boros untuk biaya bersantap maupun beli bahan makanan.


Supaya di kemudian hari kalian tidak mengalami perut gemuk atau untuk mengatasi perut buncit sebaiknya baca tips jitu berikut.


1. Tinggalkan Makanan Berat Saat Malam

Makan malam sebaiknya tidak usah ada. Apalagi makan daging. Lebih baik ketika lapar di malam hari makanlah buah-buahan, sayur-sayuran, atau makanan berserat. Intinya bukan makanan yang sulit dicerna. Di malam hari, jangan biarkan perut dipaksa bekerja keras untuk mencerna makanan. Malam adalah waktu organ untuk istirahat. Jangan paksakan bekerja.


Setali tiga uang (hal yang sama) juga berlaku dalam memamah atau mengunyah makanan. Lembutkan makanan saat di mulut secara pelan dan lebih lama. Mulut adalah organ pencernaan awal yang perlu diperhatikan. Dengan begitu makanan dicerna secara sempurna. Tak ada sisa makanan "kasar". Sebab, kalori yang gagal dibakar bakal menjadi lemak.


2. Hindari Duduk Terlalu Lama

Duduk yang terlalu lama dan terus-menerus, apalagi tanpa sandaran dapat memicu perut menjadi besar. Hal itu lantaran posisi duduk yang kurang baik. Lebih condong ke depan sehingga dapat memberikan penekanan pada daerah perut. Akibatnya otot di area tersebut menjadi lentur dan melemah sehingga tak mampu mempertahankan bentuknya.

Ilustrasi perut besar (sumber gambar)


3. Cukup Meminum Air Putih

Minum air putih (tawar) dengan cukup sangat baik untuk tubuh. Selain untuk mengisi lambung supaya rasa kenyang di perut lebih lama juga ada beberapa manfaat lain. Yakni, menjadikan sistem pencernaan lancar dalam melembutkan dan menyerap sari-sari makanan. 


Lebih lanjut baca tulisan kami berjudul "5 Alasan Penting harus Banyak Minum Air Putih untuk Menjaga Kesehatan."


4. Cegah Terkena Tekanan Batin

Rasa lapar selain karena disebabkan karena faktor biologis (benar-benar lapar), juga karena disebabkan psikologis. Lapar psikologis ialah rasa lapar palsu yang disebabkan gangguan pikiran. Sebagai jalan pintas mengisi perut pun dilakukan. Sebagaimana diketahui, perut kenyang bakal membuat pikiran terasa ringan. Oleh sebab itu kelola stres dengan baik.


5. Atur Durasi dan Jadwal Tidur

Manusia setidaknya butuh waktu tidur selama 7-9 jam dalam sehari. Bila kurang tidur atau sebaliknya malah kelamaan dapat menyebabkan kegemukan. Jadi, tidak hanya banyak tidur saja yang jadi biang kerok perut buncit. Lebih lengkap baca tulisan kami berjudul "Inilah Bahayanya Terlalu Banyak Tidur dan Kurang Tidur".


6. Terapkan Pola Makan Sehat

Cegah dan jangan manjakan tubuh dari mengonsumsi "sampah". Sebut saja makanan dan minimunan cepat saji, kemasan, berlemak, mengandung bahan kimia (pemanis, pewarna, pengawet, dan lain-lain), maupun zat aditif tinggi. Hindari pula minuman berkarbonasi. Serta jangan sampai mengonsumsi gula dan karbohidrat secara berlebihan. Sebagai gantinya konsumsilah kacang-kacangan dan ikan.

Dislclaimer: Tips di atas ditujukan bagi orang yang dalam kondisi sehat. Bagi kalian yang mengalami gejala sakit tertentu lebih baik konsultasikan lebih dulu pada dokter kepercayaan. Cara di atas juga haru dilakukan secara konsisten untuk mengurangi maupun mencegah perut membesar di kemudian hari.



Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Tanya Jawab Tentang Filsafat Pendidikan Islam dan Upaya Pembaruan Pendidikan Islam

Visi dan Misi dalam Bekerja

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece