5 Tips Membuat Artikel Blog Bagi Penulis Konten Pemula


Penulis konten adalah kreator yang berkarya dan bekerja di layanan aplikasi website yang khusus untuk membuat tulisan. Biasanya aplikasi web tersebut juga menyediakan menu bagi penulis untuk menyisipkan gambar, foto, dan video pada setiap tulisannya. Serta fasilitas lain yang memanjakan.
banjirembun.com

Dua aplikasi web paling terkenal di dunia yaitu Blogger.com dan wordpress.com. Para blogger (penulis blog) pemula biasanya menggunakan Blogger.com. Alasannya, karena lebih mudah untuk digunakan dan tidak ribet saat ingin membeli domain berbayar seperti .com, .co, org, dan lain-lain.


Akhir-akhir ini banyak sekali peminat blog. Tidak hanya karena di tahun 2020 ini kondisi minim aktivitas sehingga bingung mau ngapain. Melainkan juga sudah banyak yang tahu ternyata penghasilan dari blog tidaklah sedikit. Di mana, para blogger yang rutin menulis sebulan paling tidak dapat 1,3 juta.


Sayangnya banyak orang mengira bahwa hanya dengan rutin membuat saja pendapatan bisa diperoleh dengan mudah. Padahal ada faktor lain dalam menulis selain harus sering atau konsisten dilakukan tiap hari. Beberapa di antara ialah sebagai berikut.


1. Tulislah Sesuai Hati

Tulislah apa yang kalian suka, kalian inginkan,  dan kalian butuhkan. Jangan idealis untuk menulis hal-hal yang dibutuhkan oleh kebanyakan orang. Sebagai pemula, jangan memaksakan untuk memanjakan orang lain. Manjakan diri dulu dengan cara menulis sesuatu yang sesuai hati.

Ilustrasi membuat konten blog (sumber gambar)


Ketika kalian sedang ingin menurunkan berat badan, tulislah artikel cara menurunkan berat badan. Jika kalian ingin tahu teori, rahasia, misteri, atau apapun yang belum diketahui maka buatlah tulisannya. Tentu kalian harus menyertai aktif banyak membaca dan menonton video terkait dengan hal itu.


2. Tema Tulisan Tak Sempit

Untuk mengawali menjadi blogger sukses lebih baik buatlah blog yang temanya beragam. Tidak spesifik atau fokus pada satu bidang bahasan. Agar dapat mempermudah dan lebih leluasa dalam menentukan tema tulisan apa yang akan dibuat setiap hari. Dengan begitu menulis setiap hari jadi semangat.


Tema blog yang universal juga memudahkan bagi kalian saat mempromosikan blog maupun judul tulisan tertentu. Kalian tak perlu repot-repot mencari komunitas calon pembaca yang minatnya sesuai dengan topik blog. Pada grup media sosial kalian bisa promosi tulisan tertentu yang sesuai karakter grup.


3. Tak Perlu Muluk-muluk dalam Menulis

Jangan mempunyai target yang terlalu besar. Misalnya setiap hari menulis 5 artikel. Itu akan sangat sulit sekali diterapkan bagi pemula. Lebih baik kurangi menjadi satu atau dua artikel perhari. Terpenting setiap hari ada tulisan yang diterbitkan. Lakukan kebiasaan itu tanpa putus walau satu hari pun.


Tak boleh muluk-muluk pula dalam mematok berapa jumlah pengunjung blog. Sebagai blog pemula kesampingkan dulu ego mesti harus ada banyak pembaca. Setiap tulisan yang baru terbit hari ini, besoknya setelah dicek cuma dapat pembaca atau kunjungan sebanyak 3-5 sudah bagus.


4. Pegang Etika Kepenulisan

Sekali-kali janganlah untuk melakukan pelanggaran etika maupun hukum dalam menulis. Perhatikan norma-norma yang ada dalam teknik penulisan dunia maya. Lebih lanjut baca tulisan kami berjudul "Tiga Bentuk Kejahatan Berat dalam Karya Tulis Ilmiah: Plagiat, Fabrikasi, dan Falsifikasi."


Salah satu cara supaya bisa terhindar dari kejahatan berat dalam menulis ialah buatlah tulisan yang berasal dari video. Jadi, kalian mendengarkan video di YouTube sambil menulis ulang intisari gagasan di dalamnya. Hati-hati jangan sampai susunan kata sama persis seperti di video. Jaga-jaga saja siapa tahu kelak ada deteksi plagiat yang super canggih.


5. Berilah gambar atau video

Keberadaan gambar maupun video sangat penting dalam sebuah tulisan. Gambar dapat menjadi media pendukung ilustrasi bagi pembaca. Selain itu juga sangat bermanfaat sebagai "jeda". Dengan adanya gambar pengunjung akan dapat mengistirahatkan mata di tengah-tengah membaca.


Video atau gambar tertentu mampu menjadi bukti terhadap klaim penulis dalam artikel. Dengan itu, pembaca menjadi lebih yakin bahwa apa yang ditulis blogger tidaklah mengada-ada. Selain itu, sekarang ini tren menonton video bagi banyak pengguna internet semakin tinggi seiring mudahnya akses.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Link Grup WA Terbaru 2020

Visi dan Misi dalam Bekerja

Kumpulan Group WhatsApp Berbagai Komunitas Koleksi *Banjir Embun*

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)