Tips Supaya Tidak Cepat Lapar, Dijamin Awet Kenyang

Banjirembun.com - Bagi sebagian orang kondisi lapar mungkin sesuatu yang menyenangkan. Dengan itu ia dapat menyantap aneka hidangan kuliner yang menggiurkan. Akan tetapi untuk sebagian lagi cepat lapar dapat menjadikan tidak nyaman.


Bukan cuma karena kewajiban puasa sehingga mengalami lapar tapi juga sedang ada kegiatan lain. Misal melakukan perjalanan, mengikuti acar formal yang penting, hingga sedang diet. Semua itu tentu di luar kendali tubuh.

Nah, supaya perut tidak cepat lapar sebaiknya perhatikan tujuh tips berikut. Dijamin awat kenyang.


1. Hindari Kurang Tidur

Kurang tidur maupun banyak tidur keduanya punya potensi sama untuk menyebabkan rasa lapar. Dalam artian juga efek jangka menengah menimbulkan obesitas (kegemukan). Oleh sebab itu, atur pola tidur dengan ideal supaya pas.


2. Makan Tepat Waktu

Tubuh memiliki jam biologis. Salah satunya di lambung yang punya "kebiasaan" mencerna makanan pada waktu tertentu. Untuk menjaga kinerja perut tetap optimal diwajibkan tidak boleh melewatkan jam makan kalian.


3. Makan Dengan Pelan

Mulut adalah pintu gerbang sistem pencernaan. Sebelum diolah pada bagian tubuh lain, pastikan dulu makanan sudah dicerna baik di dalam mulut. Kunyah secara perlahan hingga lembut. Hal tersebut berkontribusi membuat awet kenyang.

Sedang lapar (sumber gambar dari Pixabay didapat secara gratis)


4. Cukup Minum Air Putih

Rasa lapar kadang hanya disebabkan oleh rasa haus. Berhubung otak salah dalam mengartikan kebutuhan tubuh, akibatnya ia memerintah untuk segera makan. Hal itu wajar. Sebab setelah makan biasanya akan minum juga.


5. Hindari Stress

Gejolak lapar mungkin bukan rasa lapar sebenarnya. Cuma lapar psikologi bukan lapar biologis. Tekanan batin dan jiwa dalam diri kerapkali dilampiaskan dalam berbagai bentuk. Salah satunya memperbanyak makan.


6. Penuhi Kebutuhan Protein

Protein nabati serta hewani sangat baik bagi tubuh. Sayuran, buah-buahan, dan nasi belum cukup untuk memenuhi nutrisi badan. Selain itu memakan protein menyebabkan organ pencernaan butuh waktu untuk menyerap sari-sari makanan.


7. Konsumsi Lemak Baik

Lemak baik atau disebut lemak tak jenuh adalah salah satu jenis asam lemak yang baik bagi tubuh. Lemak tak jenuh memberi banyak manfaat untuk badan. Dengan memakannya maka kebutuhan dan cadangan energi tubuh dapat terjaga.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Visi dan Misi dalam Bekerja

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)