3 Cara Mengatur Keuangan Pribadi Supaya Terbebas dari Masalah

Banjirembun.com - Belajar mengatur keuangan sebaiknya segera dilakukan sedari dini. Hal tersebut supaya seseorang bisa terbebas dari masalah finansial. Jangan sampai sampai meremehkannya. Sebab, pengaturan uang bagian awal dari sukses.


Di zaman modern sekarang kehidupan manusia tidak pernah lepas dari uang. Uang memang bukan kunci kebahagiaan tapi bagi orang dewasa tanpa uang kebahagiaan masih terasa kurang. Oleh sebab itu, mengatur uang sangatlah penting.

Pengaturan uang yang gagal bakal menjadi manusia yang memiliki siklus "menyiksa". Di awal bulan tertawa lepas tapi di akhir bulan menangis tersedu-sedu. Merasa kaya raya di awal bulan lalu di akhir bulan merasa paling hina di dunia.


Berikut ini tiga cara menata keuangan pribadi agar terbebas dari problem finansial.


1. Buat Anggaran

Catat, kelola, kontrol, atur, dan disiplin terhadap pola pengeluaran yang dilakukan. Jangan sampai membeli sesuatu tanpa persiapan atau perencanaan. Mesti dihitung berapa pemasukan yang diterima serta berapa pengeluarannya.


Membuat anggaran sangat penting. Terkadang orang yang tanpa diperhitungkan sebelumnya akan kaget ketika dia pertama kali menghitung untuk apa saja uang yang dipakai. Bagian atau pos mana saja yang jumlahnya besar.

Ilustrasi pengaturan anggaran (sumber gambar)


Ternyata biaya untuk parkir ketika dihitung-hitung cukup besar perbulannya yaitu 100 ribu lebih. Belum lagi biaya bahan bakar. Dengan menyadari itu seseorang akan mencari jalan keluar. Setidaknya mengurangi kegiatan yang tidak penting. 


2. Menabung

Kegiatan menabung sangat penting. Menabung dapat membuat orang merasa percaya diri. Dengan menabung meningkatkan hasrat untuk berhemat. Lebih bagus lagi pikiran lebih terpacu berkreativitas agar menambah tabungan.

Buat apa tampil menonjol dan banyak gaya tapi tak punya tabungan. Kalau terjadi hal-hal tak terduga sehingga butuh uang akan ke mana lagi mendapat uang. Tentu akan merepotkan dan jadi beban keluarga. Berhutang pun malu.


Mempunyai tabungan berjangka menengah maupun panjang lebih bagus. Setidaknya punya simpanan 3 kali jumlahnya dari kebutuhan hidup selama sebulan sudah mending. Cadangan uang penting supaya seseorang tidak tergantung dari gaji bulanan.


3. Hindari Berutang

Selama manusia punya hutang dia akan tetap memiliki beban kehidupan selain mesti memenuhi biaya hidup. Dari kaca mata agama Islam berhutang juga merupakan perbuatan yang harus dihindari. Sebab tanpa dibayar beban dosanya hingga akhirat.


Perilaku hutang dapat membuat orang ketagihan terus-terusan melakukan pinjaman. Adapun bagi sebagian lain akan membuat depresi. Kalau sudah begitu hidupnya akan jiwa dan hatinya penuh mendung hitam. Senantiasa terpikirkan saat aktivitas.


Berhutang adalah cara salah untuk mendapat dana segar. Bukan berarti jalan lain yang ditempuh dengan cara menjual aset. Hal tersebut juga tidak dianjurkan. Kunci utama anti hutang adalah jangan sampai seperti "Besar pasak dari Tiang". 

Komentar

Baca juga postingan berikut:

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Link Grup WA Terbaru 2020

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia

Visi dan Misi dalam Bekerja