Alasan Mengapa Sebelum Usia 40 Tahun Sangat Disarankan Sudah Punya Rumah Sendiri

Banjirembun.com - Rumah atau tempat tinggal merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia. Tanpa adanya rumah, bukan cuma bikin istirahat dan tidur jadi tak begitu nyaman. Lebih dari itu pandangan sosial masyarakat akan begitu miring. Dicap gelandangan atau minimal tukang menebeng.


Mengapa begitu penting seseorang mesti punya rumah sendiri sebelum usia 40 tahun? Hal tersebut berguna untuk menghindari hutang atau masalah keuangan lain ketika usia pensiun sekitar 60 tahun tiba. Dengan begitu tidak lagi memikirkan tanggungan angsuran apapun.


Demikian pula di masa senja tidak lagi direpotkan guna mencari uang agar tetap bisa menyewa atau mengontrak rumah. Dari pada uang untuk membayar tanggungan besar tiap bulan, lebih baik dialokasikan pada hal lain yang jauh lebih bernilai.


Makanan yang bergizi atau bermutu dapat menunjang menjaga stamina dan kesehatan di masa tua. Begitu pula dengan kegiatan hiburan yang penuh makna akan membuat kualitas jiwa jauh lebih sehat. Dengan itu,  tentu di masa tua dapat hidup nikmat.


Dapat dikatakan di umur 40 tahun belum punya rumah sendiri merupakan sebuah lampu merah yang wajib diwaspadai. Sebab usia sematang itu seharusnya sudah cukup bagi seseorang untuk mempersiapkan diri membeli rumah.

Ilustrasi menabung beli rumah (sumber gambar)


Menyiapkan kehidupan masa tua itu sangat baik. Jangan sampai terlena dan terperdaya hingar bingar masa muda tapi meninggalkan pererncanaan masa tua. Salah satu indikator  punya kepedulian akan masa tua yaitu punya rumah jauh sebelum pensiun.


Sungguh tidak enak di masa tua menjadi tanggungan atau beban anak dan cucu. Lebih baik kumpulkan bekal sejak dini supaya tidak merepotkan mereka. Kalau perlu dedikasikan peninggalan rumah yang layak bagi mereka ketika sudah wafat.


Pada usia 30-an tahun, fokuskan usia yang masih produktif itu untuk mengumpulkan uang supaya dapat membeli rumah. Kurangi pemborosan dan pola hidup sampah yang cuma penuh kesia-sian. Segera bertindak agar tak menyesali kelak.


Banyak rumah-rumah murah tipe 30/60 seharga 150 juta atau lebih kurang dari itu. Jangan minder punya rumah minimalis. Lebih baik punya rumah sederhana tapi milik sendiri daripada mengharapkan warisan maupun hibah dari orang tua.


Itu juga bisa sebagai investasi. Di mana, harga tanah dan rumah senantiasa selalu naik. Intinya, rumah idaman kelak mampu terbeli atau tidak senantiasa menabunglah untuk memiliki rumah sendiri. Kalau memang jodoh pasti dimiliki.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Visi dan Misi dalam Bekerja

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)