Tiga Alasan Penting Mengapa Seseorang Mesti Punya Impian

Banjirembun.com - Impian dengan ambisi merupakan dua hal yang berbeda. Keduanya jangan disamakan karena satu sama lain saling bertolak belakang. Orang boleh punya impian, tapi dilarang keras berambisi termasuk pada hal-hal baik sekalipun.


Baca: 6 Perbedaan Impian dan Ambisi, Jangan Disamakan karena Jauhnya Seperti Langit ke Bumi


Impian merupakan kebutuhan jiwa manusia. Seseorang tanpa mimpi ibarat zombie yang berjalan tiada makna maupun arah jelas. Melakukan aktivitas seperti robot tanpa ada nilai kemanusiaan di dalamnya. Cuma pasrah meratapi keadaan serta tak merdeka.

Tidak semua impian memang wajib terwujud sesuai harapan. Namun, setidaknya dengan memperjuangkan mimpi yang dimiliki hingga sampai pada titik puncak kemampuan akan ada kepuasan tersendiri. Dari pada menyesal hanya diam dan melamuni mimpi.


Berikut ini mengapa impian itu sangat penting bagi seseorang.


1. Menjadi Tantangan dan Penyemangat Hidup

Hidup manusia akan jauh lebih bergairah ketika dia punya impian. Harapan dan cita-cita menjadikannya terus bergerak. Termotivasi dan tertantang untuk mencapai apa yang didambakan tersebut. Mimpi adalah bahan bakar untuk menjadi lebih baik.


Setidak-tidaknya, seseorang yang punya impian membuat mereka memiliki semangat untuk bertahan hidup. Lebih bagus lagi ketika impian itu benar-benar sudah dimantapkan dalam hati bakal membuat pantang menyerah. Tergugah meraih apa yang diimpikan.


2. Meningkatkan Kreativitas

Impian seringkali teramat sulit untuk diwujudkan. Kalau mudah barangkali namanya bukan mimpi tapi kehendak. Sebaliknya kalau teramat sulit dan tak masuk akal, namanya yaitu angan-angan kosong belaka. Oleh sebab itu mimpi tidak bisa dicapai tanpa akal cerdas.


Dibutuhkan kreativitas tingkat tinggi. Mempertahankan cara, kerutinan, dan keseriusan yang sama untuk memperoleh hasil besar supaya segera meraih mimpi merupakan kebodohan. Guna menggapai tangga yang lebih tinggi harus gunakan cara yang lebih kreatif.

Ilustrasi sedang menatap impian (sumber gambar)


3. Perencanaan Matang

Impian membuat seseorang mempunyai arah tujuan hidup. Memiliki target-target jangka menengah hingga panjang yang ingin digapai. Termasuk disertai perencanaan matang agar apa yang dilakukan berjalan rapi. Tanpa itu semua sangat suka mimpi jadi nyata.


Misalnya punya impian beli mobil mewah. Padahal keadaan penghasilan sekarang masih sedikit. Tentu harus ada hitung-hitungan matematis. Tidak boleh cuma mimpi tanpa rasionalitas. Targetkan berapa penghasilan perbulan yang harus diterima agar mampu beli kendaraan itu.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Visi dan Misi dalam Bekerja

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)