5 Keuntungan Status Pekerjaan di KTP Sebagai Dosen, Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Banjirembun.com - Dosen merupakan pekerjaan yang tidak dapat dilakukan oleh sembarangan orang. Ada syarat atau kualifikasi tersendiri supaya orang dapat mengajar mahasiswa di perguruan tinggi. Bukan cuma mesti lulusan S2 atau S3.


Di balik susahnya untuk menjadi dosen serta memiliki status Dosen di Kartu Tanda Penduduk (KTP) ternyata juga ada keuntungan tersendiri. Berdasarkan pengalaman pribadi setidaknya ada lima keberuntungan yang diterima.

1. Tidak Kena Tilang Polantas

Polisi lalu lintas atau Polantas kadang ada yang mengadakan penjagaan di pinggir jalan. Terutama saat di jalan sedang mengalami kecelakaan. Alhasil jalan harus dialihkan. Sayangnya, di momen itu oknum polisi ada yang cari kesempatan.



Bukannya fokus menjaga dan mengatur arus lalu lintas tapi juga mencari motor yang pantas ditilang. Sebenarnya untuk menindak pelanggaran memang tanpa perlu surat izin razia. Nah, pada saat itu kelengahan terjadi. Perbuatan salah dilakukan.


Tiba-tiba polisi memberhentikan. Dengan wajah percaya diri, tidak banyak bicara, serta menunggu respon dari polisi akhirnya dikeluarkanlah KTP dari dompet. Polisi itu minta KTP dulu. Setelah dilihat langsung meminta melanjutkan perjalanan.


2. Masuk Grup Dosen di Media Sosial

Untuk masuk grup media sosial tidaklah mudah. Terdapat sejumlah komunitas online Dosen yang mewajibkan syarat tertentu supaya dapat diterima jadi anggota. Tentu salah satunya harus memiliki NIDN (Nomor Induk Dosen Nasional).


Sedang untuk mempunyai NIDN salah satu syarat wajibnya yaitu status pekerjaan di KTP sebagai Dosen. Nah, dengan masuk grup dosen di media sosial dapat promosi tautan atau link blog/website dan YouTube yang dimiliki. Serta promosi pekerjaan sampingan terkait pekerjaan dosen.

3. Masuk Perumahan Mewah Dengan Penjagaan Ketat

Perumahan yang ada palang pintung (portal) dan dijaga satpam biasanya membuat orang yang ingin masuk enggan. Apalagi ketika tujuannya hanya memutari keliling kompleks. Yups, saat itu sedang ada misi motovlog.


Membawa kamera di helm tidak cukup meyakinkan petugas keamanan meloloskan begitu saja masuk. Identitas diri wajib dititipkan dulu. Setelah tahu status pekerjaan satpam justru bertingkah kooperatif dan "memanjakan" dengan memberi arahan-arahan penting.


4. Dapat Dikapitalisasi

Mengkapitalis KTP status dosen atau merubah serta memanfaatkannya mengeruk uang juga dapat dilakukan. Orang yang memiliki status dosen lebih mudah dipercaya banyak pihak untuk melakukan kerja sama bisnis dan usaha.


4 Cara Mengkapitalisasi Gelar Sarjana dan Profesi


Misalnya saat promosi blog atau channel YouTube, para pengguna atau pengunjung kedua platform itu tentu lebih yakin dan percaya ketika pengelolanya adalah seorang Dosen. Dianggap memiliki integritas dan nilai unggul tersendiri.


5. Punya Bahan untuk Konten Blog dan YouTube

Para kreator YouTube dan Blog terkadang bingung mau membuat konten apa. Bagi Dosen yang punya pola pikir dinamis, berpandangan terbuka, terbiasa keliling kampus besar, hingga sering membaca maupun menulis dapat membuat ia lebih kreatif.


Tidak akan pernah merasa kehabisan ide dan konsep untuk menciptakan konten. Ada saja hal-hal yang dapat dibuat untuk menemukan gagasan baru. Contoh spesifiknya yaitu tanpa canggung motovlog keliling di dalam kampus besar.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Link Grup WA Terbaru 2020

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Visi dan Misi dalam Bekerja

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia