5 Hal yang Wajib Menjadi Fokus Utama Saat Pandemi

Banjirembun.com - Kecenderungan pandemi secara global memang sedang mengalami penurunan lantaran program vaksinasi digalakkan dengan besar-besaran. Hal itu terutama terjadi pada negara-negara maju, kaya, dan mempunyai pengaruh besar.


Sayangnya, kabar mengkhawatirkan justru terjadi di Indonesia. Baru-baru ini pada akhir bulan Juni 2021 dikabarkan negara tercinta mengalami banyak peningkatan kasus. Sejumlah media massa mewartakan bahwa tingkat keterisian rumah sakit melonjak tajam.

Bagi kalian yang sejak awal pandemi sudah berjuang mati-matian bertahan jangalah kendur dan bosan mempertahakan gaya hidup sesuai prokes. Selama musibah ini belum berakhir tetaplah menahan diri untuk bepergian secara bebas.


Berikut ini 5 hal yang mesti tetap difokuskan pada masa pandemi.


1. Upaya Bertahan Diri

Jangan kemaruk, serakah, atau mata duitan di kala pandemi ini. Hentikan segala aktivitas yang menimbulkan ambisi menambah pundi uang. Fokuslah untuk menjaga kesehatan dari pada membuat badan dan otak lelah akibat dipaksa kerja.


Bagi yang sudah punya aset besar, tabungan menumpuk, dan pekerjaan mapan (sumber penghasilan jelas) tidak perlu sibuk dulu mengurus kerja. Lalukan sewajarnya. Lebih baik gunakan waktu, tenaga, uang, dan pikiran untuk mempertahankan diri.


2. Cari Informasi Dunia Kesehatan

Cari informasi dunia kesehatan di internet. Baik secara langsung lewat chat atau video call dengan dokter melalui aplikasi kesehatan maupun membaca artikel dan menonton video kesehatan dari sumber terpercaya. Itu penting sekali.


Di masa pandemi itu tugas utama manusia bukan mencari uang. Melainkan memastikan bahwa kondisi tetap sehat dan tetap hidup sampai wabah ini berakhir total. Tentu itu butuh teori (membaca dan menonton) serta butuh arahan. Tidak cuma cukup dengan tidur-tiduran.


3. Senangkan Diri untuk Hindari Stres

Hal yang menyenangkan ketika dilakukan terus-menerus kelak juga bakal bukan jadi hal yang bikin hati riang. Semua butuh jeda atau selingan. Lakukan hal-hal yang menyenangkan secara bergantian. Hindari perilaku monoton.


Misalnya setiap hari lakukan kegiatan bergantian sehingga tidak itu-itu saja. Pagi hari setiba bangun menyetel musik motivasi. Lantas membuka media sosial dan membalas chat pribadi maupun di grup. Hindari debat dan bacaan yang bikin jengkel.

4. Berkarya Dengan Menulis dan Membuat Video

Bagi yang punya jiwa kreatif, aktivitas, dan produktivitas tinggi sehingga sulit dikekang jalan terbaik yaitu menulis atau membuat konten video. Dengan itu gagasan, konsep, maupun karya atau produk yang dibuat dapat disebarluaskan.

Ilustrasi menulis di laptop (sumber gambar)


Menjadi manusia bermanfaat tidak harus ke luar rumah. Cukup dilakukan dalam ruangan juga bisa. Anggap saja itu sebagai sarana latihan dan mengembangkan diri. Diharapkan kelak ketika masa normal tiba keterampilan jauh lebih baik.


5. Gerakkan Tubuh dan Jernihan Pikiran

Olah raga itu tidak harus yang berat-berat dan pakai teori. Menggerakkan tubuh menyetir sepeda motor dan mobil dengan jarak lumayan jauh itu sudah bagian dari olah raga. Cegah tubuh hanya digunakan tidur dan duduk di kamar.


Baca: Awas! Terlalu Sering di Rumah Berbahaya untuk Kesehatan, Berikut 5 Cara Antisipasinya


Selain olah raga juga diperlukan olah jiwa. Keseimbangan keduanya sangat penting. Salah satu cara yang dilakukan yaitu bermeditasi. Selengkapnya silakan baca tulisan kami berjudul "Arti Meditasi, Ternyata Bukan Bagian Ritual Agama Hindu dan Budha".


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Tanya Jawab Tentang Filsafat Pendidikan Islam dan Upaya Pembaruan Pendidikan Islam

Visi dan Misi dalam Bekerja

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece