Sejumlah Trik Hemat ini Akan Membuat Bahagia dalam Satu Tahun ke Depan

Banjirembun.com - Menghemat boleh-boleh saja. Asal tidak mengurangi kecukupan gizi dan mengganggu kondisi kejiwaan. Buat apa hemat tapi akhirnya sakit-sakitan. Serta sering murung, frustasi, dan sulit konsentrasi. Akhirnya produktivitas menjadi taruhannya.


Tidak apa-apa mengeluarkan uang setiap hari untuk beli kopi. Sebab dengan itu jiwa kalian barangkali jauh lebih merasa hidup ketika meminumnya. Apalagi ketika minumnya di tempat yang cocok. Dari sana tidak cuma membangkitkan semangat tapi juga melahirkan inspirasi.

Begitu pula tak apa-apa membeli buah-buahan, sayuran, atau menu makanan bergizi lainnya untuk menunjang kesegaran tubuh. Dengan begitu tubuh menjadi prima sehingga siap untuk diajak kerja keras berkepanjangan. Hasilnya pun akan jauh lebih besar.


Berikut ini sejumlah trik berhemat supaya tidak menangis di akhir bulan maupun akhir tahun.


1. Siapkan Dana Tak Terduga

Dari pada mengandalkan berhutang pada teman. Apalagi berhutang pada rentenir atau lintah darat online (aplikasi pinjaman online). Lebih baik siapkan dana tak terduga dengan porsi cukup. Uang endapan itu pastikan tidak disentuh kecuali benar-benar penting dan vital.


2. Jangan Terkecoh Oleh Promo, Voucher, atau Diskon

Aplikasi dompet online atau aplikasi online lainnya sering kali sekarang ini menawarkan hal-hal menggiurkan. Tentu syarat yang diberikan tidaklah mudah. Ada ketentuan tertentu yang mesti dilakukan dulu. Sialnya lagi ternyata itu juga ada batas waktunya agar tidak hangus.

3. Bayarlah Tagihan Tepat Waktu

Membayar tagihan tepat waktu berdampak positif bagi psikologi. Tidak ada tekanan batin maupun beban pikiran. Lebih dari itu kalian juga akan terhindar dari denda-denda maupun risiko pengeluaran yang lebih besar lainnya. Misalnya diusir dari kosan biaya murah karena telat bayar.


4. Hindari Gengsi dan Gaya Hidup Tinggi

Jangan kongko di tempat mahal. Kalau ingin mengobrol bisa dilakukan di tempat murah bahkan gratis seperti taman kota, alun-alun, mall, atau tempat lainnya. Dari pada uang untuk biaya standar hidup level tinggi lebih baik ditabung.

Ilustrasi berhemat (sumber gambar)


5. Atur Pengeluaran dan Pemasukan

Menulis atau mencatat kebutuhan apa saja dalam waktu satu pekan atau satu bulan merupakan salah satu cara mengatur arus keuangan. Lakukan cara-cara lain apapun itu supaya pengeluaran yang dilakukan benar-benar terkontrol. Sesuaikan pemasukan yang ada.


Komentar

Baca juga postingan berikut:

Visi dan Misi dalam Bekerja

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)