5 Tips Meningkatkan Keterampilan atau Skill Menulis untuk Investasi Masa Depan

Banjirembun.com - Menguasai skill atau keterampilan khusus merupakan kewajiban untuk modal meraih impian atau cita-cita di masa depan. Semangat dan kerja keras saja tidak cukup mesti dibarengi dengan keseriusan untuk fokus padan bidang keahlian tertentu.


Ketrampilan sangat penting bagi masa depan. Orang yang sudah mahir dalam bakat tertentu sedari muda dapat menjadi modal awal menuju kesuksesan. Keterampilan tidak cuma dapat bikin bangga tapi juga dapat untuk mencari uang (penghasilan).

Salah satu keterampilan yang berguna untuk masa depan yaitu menulis. Ketika seseorang punya bekal kemampuan di bidang kepenulisan dapat digunakan untuk bekerja secara mandiri contohnya menjadi blogger maupun di bawah naungan perusahaan.


Untuk menjadi penulis memang tidak perlu bakat. Setiap orang pasti dapat menulis asal dia terus belajar, berlatih, dan senang dengan dunia menulis. Apabila kalian ingin meningkatan kemampuan menulis syarat yang harus ditempuh ialah tiga hal yang disebutkan tersebut.


Tak cuma itu supaya keterampilan atau skill menulis meningkat pesat lebih baik perhatikan 3 tips berikut.


1. Senang Membaca

Bacalah buku, artikel, koran, majalah, atau tulisan-tulisan lainnya yang dibutuhkan. Mustahil orang menguasai teknik menulis tanpa diselingi dengan membaca tulisan orang lain. Dengan membaca kalian dapat mengambil ilmu dan membandingkan kualitas susunan kata bacaan lain.


Membaca akan memperkaya kosa kata kalian untuk menyusun kalimat. Serta tentunya menambah wawasan, pengetahuan, dan ilmu. Lebih dari itu dengan membaca kalian akan dapat inspirasi topik apa yang akan ditulis ulang pada karya tulis kalian.

Ilustrasi belajar menulis (sumber gambar)


2. Menonton Video Tutorial Menulis

Konsep, gagasan, dan contoh-contoh teknik menulis yang baik bisa didapatkan di media sosial. Salah satunya yaitu YouTube. Di sana kalian akan mendapatkan beberapa masukan, cara mudah, dan kritik-kritik terhadap gaya kepenulisan tertentu.


3. Ikuti Grup Medsos Penulis

Luangkan waktu untuk belajar praktik menulis yang langsung dibimbing oleh mentor atau pelatih di grup media sosial lainnya. Di komunitas online itu biasanya akan banyak sekali ditemui penulis senior. Bisa melakukan tanya jawab langsung secara realtime.


4. Publikasikan Tulisan Secara Terbuka

Lebih elok tulisan yang dibuat tidak dipendam sendiri. Lebih baik ekspos pada publik. Sebarkan melalui blog/situs pribadi, media sosial, atau cara lainnya. Dengan begitu kalian akan tahu bagaimana respon pembaca. Jangan sungkan minta masukan.


5. Tirulah Orang yang Layak Ditauladani

Setiap manusia seharusnya punya sosok yang jadi sauri tauladan. Tidak cuma dalam bidang agama tapi juga dalam urusan umum. Salah satunya dalam dunia kepenulisan. Figur model teramat penting guna jadi motivasi dalam mengikuti jejak kesuksesannya.

Komentar

Baca juga postingan berikut:

Contoh Visi dan Misi Pribadi

Pernah Lihat Angka 354 atau 313 di Warung? Itu Kode Angka Organisasi Keagamaan Indonesia

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Tanya Jawab Tentang Filsafat Pendidikan Islam dan Upaya Pembaruan Pendidikan Islam

Visi dan Misi dalam Bekerja

Arti SHP dalam Serial Anime One Piece