Manfaat Personal Branding di Media Sosial

Banjirembun.com - Ketimbang "pamer" di media sosial walau niatnya baik tapi potensi menimbulkan iri hati dan kebencian dari orang lain jauh lebih besar. Pamer di media sosial tidak sepenuhnya salah. Asal dilakukan dengan elegan dan tepat. Salah satunya dengan personal branding.


Terkait apa itu personal branding silakan baca tulisan kami berjudul "Pentingnya Personal Branding untuk Kesuksesan Pribadi dan Karir Pegawai". Inti dari pengertian tersebut yaitu perilaku ingin memasarkan diri, mengenalkan diri, hingga mempengaruhi orang lain supaya fanatik padanya.

Siapapun manusia yang sudah kepincut pada figur tertentu termasuk pada kalian tentu bakal mudah untuk diajak, dibujuk, atau dirayu untuk membeli produk maupun memakai jasa dan tenaga kalian. Mengenali saja tidak cukup. Butuh sentuhan hati.


Guna mencapai kedekatan batin kepada siapapun di media sosial tentu tidak mudah. Butuh penggunaan kata-kata yang tepat. Dengan kata lain perlu diksi dan belajar sintaksis supaya apa yang ditulis di media sosial menimbulkan rasa empati, simpati, daya tarik, atau semacamnya dari publik.


Baca: Alasan Penggunaan Diksi yang Tepat Sangatlah Penting Saat Bicara Maupun Menulis


Berikut ini beberapa manfaat personal branding yang akan kalian dapatkan.


1. Mendapat Pengakuan Terhadap Keahlian dan Kemampuan

Semakin kalian sering menunjukkan karya, bakat, atau hasil kreativitas di media sosial berpotensi besar banyak orang akan mengakui bidang keahlian kalian itu apa. Orang lain akan mengenal kalian sebagai apa, pencipta apa, sampai tingkat pencapaiannya apa saja.

(sumber gambar)


2. Meroketkan Penghasilan dari Bisnis dan Karir

Personal branding sangat penting bagi pebisnis, usahawan, maupun para pegawai. Mereka semua butuh untuk meningkatkan penghasilan. Tentu hal tersebut butuh kefokusan. Tidak boleh main-main. Jangan sampai publik bingung sebenarnya bidang apa yang sedang kalian tekuni.

Tatkala sedang merintis usaha tentu sangat butuh pelanggan baru atau malah mitra yang dapat bekerja sama. Awalnya mungkin mereka takjub dan menghargai proses personal branding kalian di media sosial. Selanjutnya ketika momen tepat mereka tentu bakal lebih percaya pada kalian.


3. Eksistensi di Media Sosial Terjaga

Membuat status di media sosial jangan cuma digunakan sebagai "kabar" bahwa kalian masih hidup dan sehat. Manfaatkan medsos untuk menunjukkan perkembangan diri dari sebelumnya. Sekali lagi lakukan dengan cara bijak dan elegean. Hindari kata-kata yang timbul kebencian.


Personal branding tidak cuma fokus pada hal-hal terkait apa keahlian atau bidang pekerjaan kalian. Justru kadang dengan menunjukkan foto-foto tersenyum bersama anak, bercanda bersama binatang, atau kegiatan harian akan menunjukkan seperti apa kepribadian kalian.


4. Sebagai Ajang Menghargai dan Menyayangi Diri

Sesekali berilah hadiah atas prestasi atau pencapaian yang telah diraih. Buktikan dengan cari posting status dengan menunjukkan apa saja yang telah kamu punyai. Tidak cuma harta benda tapi juga bisa berupa hobi, aktivitas menyenangkan, maupun mewujudkan impian.


5. Menambah Teman dan Koneksi

Zaman dulu untuk menyebarkan sebuah produk maupun jasa tanpa modal mengandalkan model penyebaran dari mulut ke mulut. Sekarang cuma modal akses internet orang dapat mempromosikan diri sehingga dikenal dan diakui banyak orang. Jangan lupa manfaatkan grup di media sosial.

Komentar

Baca juga postingan berikut:

Visi dan Misi dalam Bekerja

Ratusan Stiker WhatsApp Lucu, Konyol, dan Menarik

Contoh Visi dan Misi Pribadi

PENELITIAN KEPUSTAKAAN (LIBRARY RESEARCH)