Terbaru · Terpilih · Inspirasi · Aktualisasi · Hiburan · Download · Menulis · Tips · Info · Akademis · Kesehatan · Keuangan · Konseling · Kuliner · Properti · Puisi · Muhasabah · Satwa · Unik · Privacy Policy · Kontributor · Daftar Isi · Tentang Kami·

Cara Menumbuhkan Motivasi Secara 'Bawah Sadar'


Apa motivasi bawah sadar itu? Motivasi bawah sadar adalah motivasi dalam diri individu yang tidak disadari atau tidak bisa dikontrol dengan mudah tanpa adanya pelatihan. Bisa dikatakan bahwa motivasi bawah sadar muncul di luar otak sadar individu. Misalnya, ada individu yang menjalankan/menggerakkan tubuhnya seakan mengalir begitu saja (gerak reflek). Aktivitas yang dilakukan seakan tidak terprogram atau terancang secara detail (rinci). Padahal kenyataannya semua tindakan yang individu lakukan programnya pasti sebelumnya tercetak (blue print) di dalam otak kita. Baik "program" (mimpi) yang disadari oleh otak maupun tidak. 

Topik lain:

Menghadapi hal seperti itu, tugas individu tidak lain adalah bagaimana bisa "mengendalikan" bahkan "membuat" alam bawah sadar sehingga bisa bermanfaat dalam meningkatkan motivasi. Salah satu caranya ialah meraba atau melacak program-program (mimpi-mimpi) yang tak disadari kemudian menuliskannya dalam sebuah catatan kecil. Bagaimana cara memunculkan atau membuat program bawah sadar sehingga bisa menjadi tindakan nyata? Jawabannya adalah simak perenungan di bawah ini.

Topik lain: 
Di saat anda lagi butuh motivasi, di saat anda butuh penguat, di saat anda butuh pengingat, di saat anda butuh pendorong, dan di saat anda ingin merasa dekat dengan kewajiban maupun tugas-tugas anda maka dekatkanlah tugas-tugas dan mimpi-mimpi anda tersebut. Salah satu caranya dengan mencatatnya di desktop laptop agar bisa terbaca setiap kali anda membukanya. Sebagaimana contoh di bawah ini:


Topik lain:

Namun, apabila anda tak punya laptop maka tulislah mimpi-mimpi anda tersebut dalam kertas kemudian tempelkan ke dalam dinding anda, atau catat dalam buku harian anda kemudian simpanlah dan bukalah setiap anda ingin membaca kembali. Dengan seringnya anda membaca maka motivasi bawah sadar anda akan terbentuk. Anda akan melakukan sesuatu seakan dengan reflek (tanpa disadari). Hal itu karena otak anda telah terprogram (terdoktrin) oleh tulisan-tulisan yang anda buat sendiri tersebut. Sekian tulisan ini semoga artikel ini bermanfaat.




Baca tulisan menarik lainnya: