Terbaru · Terpilih · Inspirasi · Aktualisasi · Hiburan · Download · Menulis · Tips · Info · Akademis · Kesehatan · Keuangan · Konseling · Kuliner · Properti · Puisi · Muhasabah · Satwa · Unik · Privacy Policy · Kontributor · Daftar Isi · Tentang Kami·

Empat Tipe Manusia Menurut Umat Islam dan Akibatnya Bagi Kehidupan

Banjirembun.com - Dalam kamus keislaman tidak cuma mengajarkan tentang politik, ekonomi, hingga hubungan manusia dengan alam. Melainkan pula menyinggung bagaimana hubungan manusia dengan Tuhan. Cara mereka memandang Tuhannya.





Baca tulisan menarik lainnya:

Keuntungan Menonton YouTube Dibanding Televisi

Banjirembun.com - Teknologi semakin berkembang. Bertambah banyak punya media informasi dan komunikasi yang canggih. Memang radio masih eksis di zaman sekarang tapi keberadaan televisi mampu melemahkannya. Begitu pula kelak TV bakal mati suri lantaran digantikan YouTube.





Baca tulisan menarik lainnya:

Lokasi Pesantren al-Umm Kota Malang

Pesantren al-Umm merupakan salah satu pesantren yang berada daerah Kelurahan Merjosari Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Di sana juga terdapat SD dan SMP berbasis Islam yang bernama al-Umm.


Berikut ini video motovlog menuju Ponpes al-umm.





Baca tulisan menarik lainnya:

5 Tingkatan Sholat, Mulai dari yang Justru Berdosa Karenanya Hingga Dapat Pahala Besar

Banjirembun.com - Sholat adalah tiang agama. Barangsiapa mendirikannya berarti dia menegakkan agama. Sebaliknya, barangsiapa meninggalkannya sungguh dia telah merubuhkan agama. Tak cuma itu salat juga dapat menjadi pembeda antara umat Islam dengan kafir.





Baca tulisan menarik lainnya:

Video Lokasi Ujung Tol Malang Update Juli 2021

Ujung Tol Malang-Pandaan-Surabaya Berada di Kelurahan Cemorokandang Kecamatan Kedungkandang Kota Malang. Tepat di depan SMKN 6 Malang serta berdekatan dengan Universitas Negeri Malang kampus 2.





Baca tulisan menarik lainnya:

Beli Bubur Kacang Hijau Murah dan Bersih di Dekat Jalan Veteran Kota Malang

Penjual bubur kacang hijau di Kota Malang ada banyak. Baik itu yang menetap seperti warung makan maupun pakai gerobak. Salah satunya terletak di jalan Bendungan Sigura-gura. Sekitaran jalan Veteran.





Baca tulisan menarik lainnya:

Jamu Kunir di Mondoroko Kota Malang untuk Hotel, Restoran, dan Toko Besar

Di zaman sekarang ini ternyata masih banyak penjual jamu kunir. Baik itu dijual di tempat, digendong, gerobak, hingga pakai sepeda motor. Apalagi di masa wabah seperti sekarang justru makin banyak peminatnya.




Baca tulisan menarik lainnya:

Jalan Tikus dari Kampus UM dan UB ke Dinoyo Maupun Tlogomas Kota Malang

Banjirembun.com - Jalan tikus adalah jalur tembusan yang melewati lintasan kecil di lingkungan sepi demi menghindari kemacetan maupun simpang lalu lintas yang padat dan lama durasinya. Dikatakan jalan tikus lantaran tersembunyi, sempit, dan jarang yang tahu.





Baca tulisan menarik lainnya:

Satu Pintu Masuk Perumahan Graha Kencana Kota Malang, Hawai Waterpark, dan Malang Night Paradise

Perumahan Graha Kencana Kota Malang terletak di Kelurahan Balearjosari Kecamatan Blimbing Kota Malang. Tepatnya di jalan Raya Karanglo. Penghubung antara gerbang tol Singosari Kota Malang ke Fly Over Arjosari.





Baca tulisan menarik lainnya:

Tingkatan Rizqi Menurut Umat Islam

Banjirembun.com - Rizqi bukan cuma soal harta, uang, atau gaji. Melainkan pula bentuk lain berupa anugerah, pemberian, bantuan, hingga nasib baik. Sebut saja seperti makanan, hujan, sampai buah-buahan juga termasuk rizqi. Maknanya sangat luas.





Baca tulisan menarik lainnya:

Lokasi Madrasah Ibtidaiyah Bersinergi Alam Laboratorium Model UIN Malang

MI atau Madrasah Ibtidaiyah Laboratorium UIN Malang ini bernama MI Darul Hikmah. Lokasinya di kawasan Pondok Pesantren Darul Hikmah al-Hasani. Bertepat di Kelurahan Karangbesuki Kecamatan Sukun Kota Malang.





Baca tulisan menarik lainnya:

Dunia ini Hanya Tipu-tipu, Boleh Saja Kaya Raya Tapi Awas Kena Fitnahnya

Banjirembun.com - Kehidupan dunia adalah candu. Semakin dikejar semakin ketagihan. Salah langkah bisa tertipu dibuatnya. Pernyataan itu tak sepenuhnya salah. Serta bukan berarti mesti ditelan mentah-mentah. Sebab semua manusia berhak menjadi kaya raya.





Baca tulisan menarik lainnya:

Kisah Penyesalan Hasan al-Basri Saat Berburuk Sangka dan Merendahkan Manusia

Banjirembun.com - Tak boleh bangga dan terkagum pada amalan sendiri. Merasa diri paling dekat pada Allah SWT, paling alim, paling rajin ibadah, hingga paling bermanfaat bagi masyarakat. Apalagi disertai buruk sangka dan merendahkan manusia lain.





Baca tulisan menarik lainnya:

PUSDIK ARHANUD KOTA BARU

Banyak yang mengira bahwa lokasi Pusat Pendidikan Artileri Pertahanan Udara lokasinya di Malang. Padahal lokasi tepatnya secara administrasi maupun fakta di lapangan berada di Kota Batu. Tepatnya di Kelurahan Pendem Kecamatan Junrejo.



Jangan salah sangka pula meski ada istilah "pertahanan udara" ternyata pusat pendidikan itu di bawah naungan TNI Angkatan Darat. Lebih jelasnya pasukan TNI AD yang dilatih menggunakan artileri yang fokus pada pertahanan udara.


Berikut ini video terkait motovlog di sekitar PUSDIKARHANUD.







Baca tulisan menarik lainnya:

Keliling Masuk Kampus UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG (UB)

UB atau Universita Brawijaya merupakan kampus negeri di Kota Malang. Lahir tanggal 5 Januari 1963. Di mana perguruan tinggi tersebut merupakan kampus poluler, elit, atau favorit di Indonesia.





Baca tulisan menarik lainnya:

VIDEO MUKBANG SAYUR KANGKUNG, GUBIS, MANISA, DAN KACANG PANJANG

Mukbang artinya ialah makan yang disiarkan baik secara langsung maupun saluran yang tidak langsung terhubung pada pemirsa. Dengan demikian mukbang tidak harus menyantap panganan dengan ukuran besar.





Baca tulisan menarik lainnya:

Perjalanan dari TERMINAL LANDUNGSARI Menuju TERMINAL ARJOSARI Kota Malang

Terminal Landungsari atau ada juga yang menyebut terminal Tlogomas Kota Malang berada di Desa Landungsari Kecamatan Dau Kabupaten Malang. Disebut terminal tlogomas karena sisi pintu masuknya berada di Kelurahan Tlogomas Kota Malang.





Baca tulisan menarik lainnya:

LOKASI 8 MALL DI KOTA MALANG

Sebagai wilayah terpadat kedua di Jawa Timur Kota Malang memiliki setidaknya 8 mall atau pusat perbelanjaan. Baik yang berukuran besar dan gedung menjulang tinggi maupun yang berukuran sedang.





Baca tulisan menarik lainnya:

Sidak 8 Mall Kota Malang di Masa PPKM (3-20 Juli 2021)

Pada tanggal tiga hingga dua puluh Juli 2021 pemerintah melakukan gerakan pembatasan fisik secara giat. Nama program tersebut adalah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).





Baca tulisan menarik lainnya:

Video Keliling POLITEKNIK NEGERI MALANG (POLINEMA)

POLINEMA merupakan salah satu empat kampus negeri terbesar di Kota Malang. Kampus itu terletak dekat Jembatan Soekarno Hatta. Posisi tepat berada di pinggir jalan besar.





Baca tulisan menarik lainnya:

Bikin Elus Dada, Saat yang Dihutangi Lebih Marah dari yang Menghutangi

Banjirembun.com - Orang berhutang banyak sekali rupa-rupa karakternya. Ada yang tidak tahu diri. Ada juga yang punya hati nurani. Kadang mereka saat ditagih bikin elus dada. Didatangi bukannya penuh kesejukan malah lebih marah dari pada yang menagih.





Baca tulisan menarik lainnya:

SWALAYAN SARDO KOTA MALANG DITUTUP

Sardo Kota Malang merupakan swalayan termurah dan terlengkap di daerah tersebut. Ukuran bangunan cukup besar dan luas. Begitu pula dengan parkir sepeda motor lumayan lega dan tanpa biaya (gratis).





Baca tulisan menarik lainnya:

Video Sisi dalam Kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)

Kampus swasta di bawah naungan Muhammadiyah yang terbesar dan terfavorit di Indonesia ini terletak di Kota Malang. Tepatnya di kelurahan Tlogomas. Serta sebagian masuk area kabupaten Malang.





Baca tulisan menarik lainnya:

UNIVERSITAS ISLAM MALANG (UNISMA)

UNISMA merupakan kampus umum berbasis Islam yang paling unggul di antaran kampus-kampus swasta lainnya di Malang Raya. Bahkan dalam lingkup nasional universitas tersebut nomor satu di antara perguruan tinggi berafiliasi pada NU (Nahdlatul Ulama).





Baca tulisan menarik lainnya:

Contoh-contoh Bentuk Jual Beli yang Saling Menguntungkan

Banjirembun.com - Transaksi jual beli apapun bentuk dan waktunya, pasti kedua belah pihak ingin mendapatkan keuntungan. Baik dari segi finansial, fungsi, atau kegunaan lain yang dapat menimbulkan peningkatan kualitas atau pun kuantitas.





Baca tulisan menarik lainnya:

Misi Earth 300, Sebuah Kapal Laut yang Ingin Menjadi Penyelamat Dunia di Masa Depan

Banjirembun.com - Kolonialisme, penjajahan, atau pendudukan paksa atas benua lain bermula dari adanya kapal laut. Sejumlah belahan dunia lain takluk di tangan para "bajak laut". Mereka bukan membajak di laut tapi dilakukan di daratan dari lautan.





Baca tulisan menarik lainnya:

SANTRI KELAPARAN CARI SARAPAN

Berangkat dari sekitar Pondok Pesantren aku langsung meluncur menuju penjual nasi pecel. Sayangnya, penjualan sudah ditutup lantaran menu makanan sudah habis. Padahal kondisi teramat lapar.


Sebagai santri, aku rajin menulis. Bekerja secara online membuat blog/situs/website. Akibat terlalu asik menulis di pagi hari lupa waktunya sarapan. Setelah selesai pegang laptop aku langsung cari makan.


Berikut ini video terkait santri yang sedang kelaparan mencari makan.





Baca tulisan menarik lainnya:

Tanda-tanda Seorang Sedang Butuh Bantuan Konseling

Banjirembun.com - Konseling merupakan kegiatan pendampingan pada seseorang yang membutuhkan bantuan psikolog. Konselor tidak dapat melakukan konseling ketika seseorang yang mengalami masalah pribadi itu tak berkenan didampingi.





Baca tulisan menarik lainnya:

STADION GAJAYANA KOTA MALANG

Stadion Gajayana merupakan stadion tertua di Indonesia yang masing dipakai hingga sekarang. Stadion paling tua tersebut terletak di pusat Kota Malang. Tepatnya di Kelurahan Kauman Kecamatan Klojen Kota Malang.




Baca tulisan menarik lainnya:

Alasan Golongan Lansia Cenderung Mengalami Penurunan Nafsu Makan

Banjirembun.com - Lansia atau lanjut usia merupakan golongan manusia yang rentan terkena sakit. Baik sakit yang disebabkan dari abainya menjaga pola makan, pola tidur, atau pola hidup di masa lalunya maupun sakit yang diakibatkan virus dan bakteri.





Baca tulisan menarik lainnya:

5 Kegiatan yang Memperkaya Orang Lain Vs Membuat Kaya Diri Sendiri

Banjirembun.com - Berusaha untuk menjadi kaya raya bukanlah perbuatan dosa. Siapapun termasuk negara dan agama tidak melarang manusia untuk membuat kaya diri sendiri. Asal upaya tersebut dilakukan dengan cara benar. Sesuai aturan formal maupun non formal.





Baca tulisan menarik lainnya:

Video Kawasan Wisata Kampung Heritage Kayutangan Kota Malang

Heritage adalah berarti peninggalan, pusaka, atau warisan. Sedangkan maksud istilah kayutangan merupakan istilah yang memiliki nilai cerita tersendiri. Jadi Kayutangan bukan nama kelurahan maupun kecamatan.





Baca tulisan menarik lainnya:

Populasi Umat Islam Menduduki Peringkat Kedua di Italia

Banjirembun.com - Paling tidak ada 2,6 juta umat Islam yang menduduki negara Italia. Jumlah itu tergolong besar. Peringkat kedua setelah agama Kristen yang ada di sana. Di mana, keberadaan Islam di sana memiliki sejarah panjang sejak tahun 828 (abad ke-9).





Baca tulisan menarik lainnya:

Alasan Telat Makan Maupun Minum Dapat Menurunkan Kekebalan Tubuh

Banjirembun.com - Wabah, musibah global, atau pandemi belum juga berakhir. Malah sekarang ini makin menjadi-jadi. Masyarakat dituntut untuk menjaga diri dan waspada. Salah satu caranya tetap menjaga stabilitas kekebalan tubuh atau imunitas agar tak menurun.





Baca tulisan menarik lainnya:

Berhati-hatilah Dalam Berucap dan Berdo'a untuk Diri Sendiri Supaya Tidak Menyesal

Banjirembun.com - Sebagai umat Islam sudah diajarkan untuk senantiasi menjaga lisan. Kalau perintah supaya berucap dan memohon do'a untuk hal-hal yang baik saja barangkali semua agama mengajarkan itu. Namun, untuk larangan berkata sebaliknya Islam sangat mewanti-wanti.





Baca tulisan menarik lainnya:

Pendapat Terbaru Imam Syafi'i Tentang Hukum Diam Saat Khutbah Jumat

Banjirembun.com - Seorang ulama terkadang memberi fatwa ada perubahan atau revisi dari pendapat sebelumnya. Hal itu lantaran situasi baru, ilmu baru, informasi baru, hingga karena faktor lain. Begitu pula Imam Syafi'i juga punya pendapat baru (qaul jadid).





Baca tulisan menarik lainnya:

Ternyata ini Alasan NIK Berjumlah 16 Digit di KTP

Banjirembun.com - KTP atau Kartu Tanda Penduduk merupakan dokumen terpenting bagi warga negara Indonesia yang berusia 18 tahun ke atas. Bukan cuma digunakan sebagai identitas diri, pembeda, maupun "jaminan" tapi juga menjadi berbagai syarat administrasi.





Baca tulisan menarik lainnya:

Jembatan Pelor Kota Malang

Jembatan pelor di kota Malang merupakan bekas jembatan rel kereta roli. Jembatan itu melintasi sungai brantas. Lokasinya sakit tinggi jauh di atas aliran sungai di bawahnya.





Baca tulisan menarik lainnya:

Terebosan Luar Biasa, Mobil ini Bisa Terbang Jauh Layaknya Pesawat

Banjirembun.com - Inovasi teknologi apapun itu asal tidak melanggar hukum pidana dan agama mesti didukung. Begitu pula terobosan luar biasa yang dilakukan oleh ilmuwan di negara Slovakia. Sebuah bangsa yang terletak di wilayah Eropa bagian tengah.





Baca tulisan menarik lainnya:

Generasi Muda, Investasikan Diri Sendiri untuk Fokus Dulu pada 6 Kegiatan ini

Banjirembun.com - Makna investasi secara luas yaitu menanam, merawat, atau menyimpan sumber daya yang dimiliki untuk mendapatkan keuntungan lebih di masa mendatang. Dengan seperti itu investasi tidak melulu tentang keuangan.





Baca tulisan menarik lainnya:

Upaya Memutus Mata Rantai Generasi Sandwich, Agar Hidup Jadi Lebih Bahagia

Banjirembun.com - Seseorang masuk kategori generasi sandwich bukan dilihat tahun berapa dia lahir. Melainkan dari usia berapa dia serta apakah dia memiliki tanggungan menghidupi secara bersamaan diri sendiri, anak, dan orang tuanya.





Baca tulisan menarik lainnya:

POS AWAL PENDAKIAN GUNUNG ARJUNO, WUKIR, DAN MUJUR KABUPATEN MALANG

Lokasi akhir pada video ini terletak di UB Forest. Di mana pemerintahan Kabupaten Malang menyerahkan pengelolaan hutan di daerah Karangploso itu pada Universitas Brawijaya.





Baca tulisan menarik lainnya:

Tradisi I'tifad Masyarakat Arab Pra Islam, Berhibernasi di Kala Musim Kelaparan Hebat

Banjirembun.com - Pembahasan tulisan ini bukan tentang iktikad maupun iktifaf. Melainkan i'tifad. Yakni, sebuah tradisi unik masyarakat arab jahiliyah sebelum Islam lahir di bumi. Komunitas yang bodoh secara aqidah serta moral tapi tergolong pintar dari segi peradaban.





Baca tulisan menarik lainnya:

Perbedaan Takdir dan Nasib Menurut Kaca Mata Umat Islam

Banjirembun.com - Membahas takdir dalam ilmu Islam tidak akan pernah ada habisnya untuk bahan bicara umat Islam. Sebab definisi, pemahaman, dan cara menyikapi antara umat islam satu dengan yang lain terhadap takdir berbeda-beda. Apapun itu, asal tidak merusak aqidah dan tauhid.





Baca tulisan menarik lainnya: