Terbaru · Terpilih · Inspirasi · Aktualisasi · Hiburan · Download · Menulis · Tips · Info · Akademis · Kesehatan · Keuangan · Konseling · Kuliner · Properti · Puisi · Muhasabah · Satwa · Unik · Privacy Policy · Kontributor · Daftar Isi · Tentang Kami·

Mana yang Lebih Butuh, Pemberi Sedekah atau Penerimanya?

Banjirembun.com - Ada orang yang merasa jengkel gara-gara setelah bersedekah tak diapresiasi pihak penerima. Jangankan mengucapkan terima kasih, memberi senyum pada pemberi sedekah pun tidak.





Baca tulisan menarik lainnya:

7 Alasan Umat Islam Tak Boleh Takut dan Benci Pada Kematian

Banjirembun.com - Kematian pasti terjadi pada semua makhluk yang bernyawa. Cepat atau lambat serta dengan cara apapun yang mungkin tak terduga. Sudah siap maupun belum kematian tetap datang.





Baca tulisan menarik lainnya:

5 Alasan Pentingnya Akhlak Mulia Bagi Umat Islam

Banjirembun.com - Banyak umat Islam merasa bahwa berakhlak mulia bukan bagian ibadah sehingga tak bernilai pahala. Menganggap ibadah cuma terkait sholat, puasa, zakat, haji, baca al Quran, sedekah, atau semacamnya.





Baca tulisan menarik lainnya:

7 Cara Sederhana Membahagiakan Diri Agar Semangat dan Motivasi Terjaga

Banjirembun.com - Bahagia itu sederhana, merupakan ungkapan yang sering terngiang di kuping. Namun, nyatanya kebahagiaan terkadang sulit diwujudkan dengan cara sama. Lantaran rasa bosan. Sudah tak punya efek membahagiakan lagi.





Baca tulisan menarik lainnya:

SIM Card Fisik Segera Punah Digusur eSIM, Ini Perbedaan dan Kelebihannya

Banjirembun.com - Perubahan merupakan kepastian. Segala sesuatu tanpa kecuali tak terlewat mengalaminya. Begitu pula pada teknologi yang sentiasa berubah untuk tujuan lebih praktis, murah, memudahkan, tepat, dan cepat.





Baca tulisan menarik lainnya:

Pengalaman Saya Pribadi, Tembus Ratusan Juta dalam Kurun 3 Tahun Menulis di Blog Pribadi

Banjirembun.com - Jangan remehkan dan hina tulisan seseorang. Bisa jadi tulisan tersebut jauh lebih bernilai dari suara mulut si penghina. Makna dari kata nilai tersebut bukan hanya soal nominal uang. Melainkan pula unsur kebermanfaatan bagi masyarakat.





Baca tulisan menarik lainnya:

Arti Transgenik Alias GMO, Kalau Masih Ingin Sehat Wajib Tahu Ini

Banjirembun.com - Masyarakat Indonesia masih banyak yang belum peduli pada perubahan drastis terkait teknologi, sosial, alam, hingga iklim. Termasuk di dalamnya perkembangan ilmu pengetahuan pangan. Terkhusus yang menyangkut rekayasa genetika.





Baca tulisan menarik lainnya:

Tanda-tanda Seseorang Mendapatkan Lailatul Qadar

Banjirembun.com - Banyak orang mengira bahwa mendapatkan kemuliaan lailatul qadar sangat sulit. Padahal semua umat Islam punya kesempatan sama memperoleh lailatul qadar. Allah SWT tak akan pilih kasih.





Baca tulisan menarik lainnya:

3 Macam Orang yang Tak Diajak Bicara oleh Allah di Hari Kiamat

Banjirembun.com - Tidak semua manusia diberi kesempatan melihat wajah Allah SWT. Kendati seperti itu, pada hari kiamat kelak tepatnya di hari kebangkitan Allah akan bicara. Namun, terdapat tabir sehingga seakan hanya berupa suara.





Baca tulisan menarik lainnya:

Tanpa Harus Iktikaf, Manfaatkan 10 Hari Terakhir Ramadan untuk Ikhtiar Memperoleh Lailatul Qadar

Banjirembun.com - Ramadan belum berakhir. Meski separuhnya sudah terlewati, janganlah putus asa. Masih ada kesempatan untuk memperbaiki kualitas Ramadan di bulan terbaik ini.





Baca tulisan menarik lainnya:

12 Penyebab Gugurnya Dosa-dosa Besar dan Kecil

Banjirembun.com - Setiap manusia pasti berdosa. Tak ada satupun insan yang terbebas darinya. Namun, dari sekian dosa tersebut tidak semua langsung gugur begitu saja. Salah satunya lantaran kelalaian.





Baca tulisan menarik lainnya:

6 Manfaat Sikap Qanaah Bagi Kehidupan Dunia dan Akhirat

Banjirembun.com - Qanaah adalah hati yang menerima, rela, atau ridho atas ketentuan rezeki dari Allah SWT. Sikap qanaah membuat pelakunya menjadi tenang, bersyukur, dan merasa cukup atas rezeki halal yang didapat.





Baca tulisan menarik lainnya:

Pahala Melimpah Seorang Ibu dan Istri di Bulan Ramadan

Banjirembun.com - Sungguh merugi ada wanita yang menganggap kesulitan masuk surga tatkala di rumah saja. Padahal banyak ladang pahala serta hal-hal lain yang jadi penyebab masuk surga bagi perempuan kalau sedang di rumah.





Baca tulisan menarik lainnya:

Tips untuk Muslim Supaya Tetap Tenang Atas Penilaian Manusia

Banjirembun.com - Bukankah setiap manusia punya hak untuk memegang prinsip hidup? Senyampang tak melanggar hukum agama dan negara siapapun boleh mempertahankan jati diri. Itulah pertanyaan yang jawabnya sudah diketahui hampir semua orang.





Baca tulisan menarik lainnya:

2 Hal yang Paling Banyak Membawa Manusia Masuk Neraka

Banjirembun.com - Neraka ada tingkatan atau levelnya. Penghuni neraka bermacam dan berbeda bentuk siksaannya. Disesuaikan dengan dosa yang diperbuat. Begitu pula penyebab manusia masuk neraka amat beragam alasannya.





Baca tulisan menarik lainnya:

2 Hal yang Paling Banyak Membawa Manusia Masuk Surga

Banjirembun.com - Cara muslim masuk ke dalam surga bisa beragam. Sebanding dengan pintu surga yang jumlahnya setidaknya ada 8. Meliputi pintu sholat, sedekah, jihad, puasa, menahan amarah serta pemaaf, aiman (kanan), ridho, dan taubat.





Baca tulisan menarik lainnya:

5 Tips Bagi Muslim Agar Tidak Iri Hati, Dengki, atau Hasad

Banjirembun.com - Iri, dengki, dan hasad merupakan istilah yang sama. Ketiganya memiliki arti menghendaki hilangnya kenikmatan yang ada pada orang lain. Bahkan, cuma benci lantaran melihat atau mendengar orang lain dapat nikmat juga tergolong hasad. Terlebih lagi menginginkan nikmat tersebut pindah padanya.





Baca tulisan menarik lainnya:

5 Akibat Bekerja Menggunakan Cara Haram

Banjirembun.com - Sebagian umat Islam masih terlena tetap bekerja dengan cara haram. Memilih jalan pintas untuk meraih pundi rupiah. Meski tak melanggar hukum negara tapi nyatanya menerabas larangan agama.





Baca tulisan menarik lainnya:

7 Tips Agar Semua Kegiatan dan Perbuatan Apapun Bernilai Pahala

Banjirembun.com - Sungguh beruntung jadi umat Islam. Seluruh perbuatan dan kegiatan yang niatnya lurus dan benar untuk Allah SWT bakal mendatangkan pahala. Tak ada yang sia-sia. Bahkan diamnya lisan serta tidur pun bisa pula berpahala.





Baca tulisan menarik lainnya:

6 Tips Bagi Umat Islam Agar Hidup Jadi Tenang

Banjirembun.com - Umat Islam tidak hanya diajarkan untuk sholat, zakat, puasa, dan haji. Lebih dari itu mereka juga dituntun untuk senantiasa berhubungan baik dengan Allah SWT. Menjaga aqidah dan tauhid agar tetap dipegang kuat sehingga bisa tetap tenang.





Baca tulisan menarik lainnya:

Arti Izzah, Iffah, dan Marwah

Banjirembun.com - Izzah, iffah, dan marwah adalah tiga kata dalam nilai-nilai Islam yang saling melengkapi untuk menjunjung tinggi harga diri pribadi seseorang. Semuanya saling terkait atau tertaut antara satu dengan yang lain.





Baca tulisan menarik lainnya:

5 Akhlak Buruk yang Jadi Penyakit Hati, Berbahaya Bagi Umat Islam

Banjirembun.com - Selama ini masih banyak manusia yang lebih peduli pada penyakit fisik di tubuh. Namun, teramat abai pada penyakit hati. Padahal sejatinya hal itu berkaitan erat dengan penyakit jiwa. Semuanya jangan dipisah-pisahkan.





Baca tulisan menarik lainnya:

Arti Takabur dan Ujub Beserta Perbedaannya

Banjirembun.com - Makna sombong dalam bahasa Indonesia masih sangat umum. Bahkan, dapat dibilang masih kabur. Ketika ada yang bilang "orang sombong" akan memumunculkan setidaknya dua makna. Yakni, orang yang takabur dan orang yang ujub.





Baca tulisan menarik lainnya:

Manfaatkan Bulan Ramadan Seoptimal Mungkin Agar Panen Pahala dan Dapat Ampunan Dosa

Banjirembun.com - Ramadan hadir cuma 1 bulan sekali dari 12 bulan dalam setahun. Itu artinya hanya 29-30 hari di antara sekitar 360 hari. Alokasi tersebut kurang dari 10% dibanding jatah tahunan jumlah hari yang disediakan oleh Allah SWT.





Baca tulisan menarik lainnya:

Arti Ngabuburit, Ternyata Berasal dari Bahasa Daerah di Indonesia

Banjirembun.com - Istilah ngabuburit amat mudah didengar oleh banyak orang di media sosial, televisi, hingga di dunia nyata saat interaksi sehari-hari di bulan Ramadan. Entah bagaimana ungkapan tersebut begitu populer. Seakan tanpa menyebutnya terasa kurang afdol.





Baca tulisan menarik lainnya:

Alasan Autoimun Sering Dikatakan Sebagai Penyakit Kena Guna-guna

Banjirembun.com - Autoimun adalah penyakit misterius. Masih sedikit standar referensi dan ilmu kesehatan tentang hal tersebut. Belum dapat dipastikan secara mutlak dan ilmiah apa penyebab penyakit autoimun. Begitu pula cara menyembuhkannya.





Baca tulisan menarik lainnya:

Hati-hati dengan Penyakit Istibtha', Kebelet Sukses Secara Prematur

Banjirembun.com - Istibtha' adalah penyakit hati yang menyebabkan seseorang berambisi untuk segera berhasil atau sukses sebelum waktunya. Istibtha menyebabkan perilaku manusia menjadi tamak, tidak bersyukur, terburu-buru, hingga mengabaikan tentang konsep takdir Allah SWT.





Baca tulisan menarik lainnya:

Inilah Terapi-terapi yang Saya Lakukan Hingga Tercapai Remisi Gejala Autoimun

Banjirembun.com - Sebenarnya mengatasi gejala autoimun pada jenis-jenis penyakit tertentu sangat mudah. Tanpa perlu ke dokter guna minta resep obat. Asal mau dan mampu berkonsisten atau berkomitmen menjaga pola makan dan menjalani diet khusus autoimun.





Baca tulisan menarik lainnya:

Inilah Penyebab-penyebab Saya Terkena Gejala Autoimun

Banjirembun.com - Sebagai pengidap gejala autoimun saya dihantui rasa bersalah atas kecerobohan dan ketidakpedulian dalam menjaga pola hidup di masa lalu. Berakibat pada kondisi sekarang yang sangat mengganggu aktivitas. Tidak seproduktif dulu lagi.





Baca tulisan menarik lainnya:

Jangan Remehkan Tukang Sampah, Bisa Jadi Hidupnya Lebih Berguna dari Si Penghina

Banjirembun.com - Cita-cita erat kaitannya dengan profesi, pekerjaan, atau aktivitas rutin lainnya yang diidam-idamkan bakal terwujud pada masa datang. Umumnya yang diincar tersebut memiliki karier yang pasti, bergengsi, elit, berduit, hingga bisa dipandang hebat layaknya pahlawan karena jasanya.





Baca tulisan menarik lainnya: