Terbaru · Terpilih · Inspirasi · Aktualisasi · Hiburan · Download · Menulis · Tips · Info · Akademis · Kesehatan · Keuangan · Konseling · Kuliner · Properti · Puisi · Muhasabah · Satwa · Unik · Privacy Policy · Kontributor · Daftar Isi · Tentang Kami·

Stunting Berbeda dengan Kerdil atau Cebol, Bunda Jangan Meremehkannya Agar Tak Menyesal

Stunting adalah kondisi tubuh pendek yang disebabkan oleh adanya gangguan pada masa pertumbuhan karena kurangnya asupan gizi atau mengonsumsi makanan yang tak sesuai dengan kebutuhan gizi. Pemicu stunting pada anak bisa dimulai sejak masa dalam kandungan (janin) karena ibu hamil gizinya tak cukup hingga anak berusia 2 tahun.





Baca tulisan menarik lainnya:

3 Pekerjaan Ringan yang Dapat Dilakukan Cukup di Rumah, Tapi Penghasilannya Rutin dan Lumayan


Setiap orang punya bidang pekerjaan masing-masing. Ada yang ringan dikarenakan dia mampu menikmati pekerjaan tersebut tanpa merasa dibebani. Ada pula yang menganggap berat sebab penghasilannya tak rutin dan masih pas-pasan. Apapun itu yang namanya kerja pasti tujuan utamanya uang.




Baca tulisan menarik lainnya:

5 Tips Supaya Nyeri Haid Bisa Mereda dengan Biaya Murah dan Tanpa Obat

Nyeri haid adalah keluhan pada daerah perut yang umum terjadi pada perempuan yang biasanya muncul sebelum dan di awal menstruasi. Pada sejumlah kaum hawa gangguan tersebut bikin tidak nyaman, mengganggu, sampai bikin pingsan. Bagi sebagian lain rasa nyeri cepat mereda dan dapat dikondisikan.





Baca tulisan menarik lainnya:

5 Alasan Penting Beri Uang Saku Terbatas pada Anak SD Hingga SMA

Uang saku merupakan kebutuhan bagi anak yang dijatah dari wali atau orang tua untuk belanja, makan, jajan, hiburan, pulsa, dan lain-lain. Biasanya diberikan secara harian, pekanan, ataupun bulanan. Para penerima "gaji buta" itu biasanya berusia anak-anak jenjang SD hingga remaja usia SMP dan SMA. Bahkan ada pula yang sudah mahasiswa.





Baca tulisan menarik lainnya:

3 Pertimbangan Sebelum Membeli Motor Laki atau Sport

Motor sport yang juga sering disebut motor laki atau motor batangan untuk tunggangan harian disebut banyak punya kekurangan. Sepeda motor yang sering dikendarai laki-laki itu membuat banyak dilema bagi calon pembeli. Terlebih lagi yang kapasitas mesinnya besar dan berharga tinggi.





Baca tulisan menarik lainnya:

Pentingnya Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan, 70% Kekebalan Tubuh Ada di Sana

Jika ingin sistem imunitas tubuh kalian tetap terjaga dan efektif melawan penyakit maka jagalah saluran pencernaan kalian. Pernyataan itu bukan omong kosong. Banyak ahli kesehatan sudah membuktikan bahwa sekitar 70% kekebalan tubuh dipengaruhi oleh kesehatan sistem pencernaan.





Baca tulisan menarik lainnya:

Teknologi Quick Shifter pada MotoGP Sudah Dipakai pada Motor Komersial, Ini Videonya


Quick shifter atau disingkat QS berasal dari bahasa inggris. Artinya kurang lebih "penggeser atau pemindah secara cepat". Teknologi QS yang biasa digunakan motor pada lomba MotoGP di tahun 2020 sekarang ini lagi jadi buah bibir. Hal itu lantaran sepeda motor komersial sudah mulai mengadopsinya.




Baca tulisan menarik lainnya:

Video Perbedaan Teknologi Pengereman Sepeda Motor Berbasis ABS dan Non ABS

Sepeda motor zaman sekarang telah banyak ditaburi fitur teknologi canggih. Tak hanya motor gede (moge), sport, atau yang sejenisnya. Bahkan, sepeda motor matik harga 20-an juta sudah banyak yang menggunakan teknologi pengereman berbasis ABS.





Baca tulisan menarik lainnya:

Empat Sebab Hashtag atau Tagar di Media Sosial Menjadi Viral


Bagi kalian yang aktif setiap hari di media sosial pasti tak asing dengan ungkapan hashtag. Istilah tersebut merupakan bahasa inggris yang berarti "tanda pagar". Kemudian frasa itu dipersingkat menjadi tagar. Sebagian hashtag atau tagar ada yang viral atau populer sehingga mencuri perhatian. Akan tetapi sebagian muncul di permukaan pun tidak.




Baca tulisan menarik lainnya:

5 Alasan Orang Sering Pamer di Media Sosial

Setiap orang yang unjuk diri dan menampilkan sesuatu yang diraih ataupun dimiliki pada media sosial kerapkali disebut pamer. Terutama untuk masalah-masalah duniawi yang hedon seperti uang, kendaraan, ponsel, berwisata, makan di tempat mewah, hingga gaya hidup lain. Apapun niat si pengunggah ingin "unjuk diri" selalu dikatai sebagai pamer.





Baca tulisan menarik lainnya:

Lima Tipe Teman yang Harus Dipertahankan


Tak semua pertemanan harus dipertahankan. Adakalanya memang harus diakhiri. Walau tak ada kata "putus". Paling tidak jangan pernah menghubungi maupun merespon ajakan mereka untuk bertemu. Sebab, tak semua teman pantas untuk mendampingi dan menjadi saksi perkembangan hingga kesuksesan hidup.




Baca tulisan menarik lainnya:

Arti Meditasi, Ternyata Bukan Bagian Ritual Agama Hindu dan Budha

Masih banyak orang yang sering menyalahartikan makna meditasi secara sempit. Mereka mengira meditasi hanya terkait dan menjadi bagian ritual agama tertentu. Padahal arti meditasi yang sebenarnya bukanlah begitu. Meditasi dapat dikaitkan dengan ilmu kesehatan maupun psikologi.





Baca tulisan menarik lainnya:

9 Hal yang Wajib Dilakukan Sekarang untuk Kesehatan Otak, Agar Terhindar Penyakit Alzheimer

Otak merupakan bagian badan paling vital pada makhluk hidup. Seluruh organ tubuh tanpa kecuali pasti diatur dan dikendalikan oleh otak. Baik secara sadar seperti menggerakkan tangan dan kaki. Maupun secara tak sadar seperti gerakan detak jantung, tarikan nafas, dan usus.





Baca tulisan menarik lainnya:

6 Perbedaan Impian dan Ambisi, Jangan Disamakan karena Jauhnya Seperti Langit ke Bumi

Setiap orang pasti punya impian, harapan, cita-cita, atau yang semacamnya. Akan tetapi tak setiap orang punya ambisi. Antara keduanya sangat beda jauh sehingga tak boleh disamakan. Banyak aspek yang membuat antara impian dengan ambisi memiliki ketimpangan luar biasa.





Baca tulisan menarik lainnya:

Bahaya Naik Sepeda Motor Jarak Jauh dan Terus-Menerus Bagi Kesehatan

Banyak orang yang tak menyadari akibat sering naik sepeda motor jarak jauh. Mereka mengira bahwa efek samping sering naik sepeda motor dalam jangka lama hanyalah sakit pinggang ringan alias pegal-pegal. Setelah dibuat tidur besoknya sudah hilang. Malah dianggap membuat tidur cepat terlelap.





Baca tulisan menarik lainnya:

4 Hal yang Wajib Dilakukan Sekarang Tanpa Tunda, Agar di Usia 40 Tahun Tak Menyesal

Tulisan ini ditujukan bagi kalian yang peduli bagi diri sendiri dan keluarganya. Serta untuk orang yang mau memandang gangguan kesehatan, kemiskinan, kesusahan, dan semacamnya tidak hanya sebagai musibah yang harus diterima begitu saja. Melainkan sesuatu yang bisa diperjuangkan untuk dicegah agar tak tertimpa.





Baca tulisan menarik lainnya:

Wajib Tegas, Tanpa Rasa Bersalah untuk 3 Alasan Berikut

Buat kalian yang tak punya hati sekuat singa. Bagi kalian yang terlalu lemah sehingga mudah diinjak-injak orang lain. Gampang dimanfaatkan dan diperalat oleh setan berwujud manusia. Bacalah tulisan ini. Kalian bakal menjadi tegas tanpa rasa salah untuk menghentikan semua muslihat itu.





Baca tulisan menarik lainnya:

Bacalah Motivasi ini Agar Move On Buat yang Baru Cerai, Putus Hubungan Kerja, dan Putus Cinta

Bagi kalian yang baru saja cerai, putus hubungan kerja, maupun putus cinta silakan bersedih dan menyesal. Sangat diizinkan terjatuh hingga pada kondisi titik terendah. Namun, itu semua harus dirasakan atau dilalui sesaat saja. Tak boleh berlarut-larut. Segera move on untuk fokus ke depan.





Baca tulisan menarik lainnya:

Mengapa Vampir Takut Dengan Perak? Ternyata ini Alasan Dasarnya


Selain takut dengan perak, vampir juga takut dengan sinar matahari, bawang putih, serta salib maupun simbol-simbol agama lainnya. Ada beberapa alasan mengapa vampir takut dengan benda dan fenomena alam seperti itu.




Baca tulisan menarik lainnya:

Tips Memilih Beha (BH) Bagi Anak Gadis yang Baru Tumbuh


Fungsi BH sejatinya tidak hanya "membungkus" dua gundukan indah di dada. Bra, beha, BH, atau kutang yang baik ialah yang bikin nyaman, aman, dan memperindah tubuh. Terkait dengan itu silakan baca tulisan kami berjudul "Arti, Fungsi, Produk, dan Maksud Ukuran 36 B pada BH".




Baca tulisan menarik lainnya:

Ini 5 Kelebihan Cewek Tepos, Tak Perlu Minder


Tepos menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah "Pipih kurang berisi (tentang pantat)". Contoh penggunaan dalam kalimat yaitu "Badannya kurus tinggi, pantatnya tepos." Dari pengertian tersebut arti tepos tidak hanya ditujukan pada cewek tapi juga cowok.




Baca tulisan menarik lainnya:

Bikin Bingung, Tomat dan Terung Buah atau Sayur

Orang sering mengatakan tomat dan terung sebagai sayuran. Pernyataan itu hadir di benak masyarakat bukan dilandaskan dari kaidah biologi. Melainkan muncul lantaran keduanya menjadi bahan olahan untuk kudapan maupun dimasak sebagai sayur. Sama seperti tanaman sayur pada umumnya.





Baca tulisan menarik lainnya:

Rubahlah 6 Pola Pikir ini Supaya Hidup Jadi Lebih Ringan dan Bermakna

Harapan atau cita-cita memang harus diperjuangkan. Tak hanya dengan kerja keras dan sejumlah bentuk modal. Perlu adanya pola pikir cerdas supaya hidup jadi lebih ringan dan bermakna. Sebab tatkala pola pikir tidak dirubah yang terjadi justru gejolak batin tiada henti yang dihadapi setiap hari.





Baca tulisan menarik lainnya:

Membangun Blog Sebagai Aset Digital Jangka Panjang


Membangun blog sendiri dari nol dan berkelanjutan untuk investasi jangka panjang tidaklah mudah. Walau ia tergolong aset digital tanpa modal besar tapi tak sembarang orang bisa sukses. Cukup menggunakan laptop, ponsel, akses internet, dan listrik siapapun bisa jadi pengelola blog atau Blogger.




Baca tulisan menarik lainnya:

Durhaka pada Orang Tua dan Mertua Gara-gara Menampik Jasa Mereka

Istilah durhaka tanpa melihat acuan formalitas tata bahasa maupun ilmu agama akan memiliki makna luas. Salah satunya ialah perbuatan ingkar terhadap nikmat yang telah diterima dari Tuhan, orang tua, penguasa, dan sebagainya. Menampik jasa-jasa mereka juga termasuk bentuk kedurhakaan.





Baca tulisan menarik lainnya:

Jangan Sombong, Semua Bidang Pekerjaan Termasuk Driver Ojol Tanpa Kecuali Pasti Punya Majikan

Buat apa gaji berjuta-juta tapi nyatanya hanya jadi babu (pembantu). Tak peduli itu PNS juga termasuk kacung bagi negara. Pernyataan seperti itu sungguh menyakitkan. Bikin naik pitam bagi para pekerja yang berkreasi di bawah arahan dan instruksi pimpinan atau atasan.





Baca tulisan menarik lainnya:

5 Urutan Pos Pengeluaran Pribadi dan Rumah Tangga yang Wajib Diketahui

Setiap orang maupun kehidupan rumah tangga pasti melakukan aktivitas pengeluaran rutin. Baik setiap hari, pekan, bulan, maupun tahunan. Masing-masing punya pos pengeluaran yang mungkin saja berbeda porsi, prioritas, dan jenisnya. Antara mereka tak boleh disamakan.





Baca tulisan menarik lainnya:

5 Tanda Pegawai Sudah Nyaman Kerja, Wajib Dipertahankan dan Melejit Karirnya


Tidak semua pegawai mengalami kebahagiaan di tempat kerja. Satu-satunya hal yang mempertahankan ia tetap bekerja cuma memperoleh gaji yang pantas. Sebaliknya, ada juga pegawai yang punya tanda-tanda telah nyaman dalam bekerja. Bahkan sudah punya impian melejitkan karir.




Baca tulisan menarik lainnya:

5 Perkataan Salah Kaprah dari Kaum Gaptek Tentang Dunia Internet

Zaman sudah berkembang pesat, tapi masih ada saja kaum gaptek alias gagap teknologi. Akhirnya pada saat terjadi migrasi ke teknologi internet mereka terkaget-kaget. Mulai dari mudah takjub, terlalu semangat berinteraksi di internet, hingga jadi incaran empuk para penipu dunia maya.





Baca tulisan menarik lainnya:

Sebuah Motivasi, Tak Perlu Minta Maaf Ketika Memiliki 5 Prinsip Hidup Seperti ini

Tak perlu merasa bersalah dan merasa tak enak. Apalagi harus meminta maaf ketika kalian punya 5 prinsip hidup yang akan diuraikan pada sebuah tulisan motivasi ini. Sebab, setiap orang punya hak untuk mempertahankan prinsipnya senyampang tak akan merusak hak asasi yang lain.





Baca tulisan menarik lainnya: