Terbaru · Terpilih · Inspirasi · Aktualisasi · Hiburan · Download · Menulis · Tips · Info · Akademis · Kesehatan · Keuangan · Konseling · Kuliner · Properti · Puisi · Muhasabah · Satwa · Unik · Privacy Policy · Kontributor · Daftar Isi · Tentang Kami·

Ketika Nabi Muhammad Memerintah Dua Sahabatnya Membakar Masjid Milik Kaum Munafik

Banjirembun.com - Pada dasarnya seluruh Masjid di dunia ini tanpa terkecuali merupakan tempat suci yang wajib dimuliakan dan dijaga kemakmurannya. Artinya, ketika ada Masjid yang baru saja terbangun maupun telah lama berdiri harus dilestarikan melalui langkah pengelolaan yang profesional. Dengan begitu, tempat ibadah tersebut termasuk salah satu dari ciri-ciri Masjid yang makmur.




Baca tulisan menarik lainnya:

Perputaran Bisnis Hewan Kurban Idul Adha yang Fantastis

Banjirermbun.com - Islam adalah rahmat bagi semesta alam. Maksud istilah rahmat di sini bukan hanya berupa rasa kasih sayang dalam bentuk "hampa" berupa kata-kata tanpa wujud nyata. Melainkan pula, dibuktikan dengan cara memberikan sebagian harta yang dimiliki. Baik itu melalui langkah melakukan zakat fitrah, zakat mal, sedekah uang, sedekah barang, hingga berbagi daging kurban.





Baca tulisan menarik lainnya:

Al Quran Surat Yunus Mengajarkan untuk Tidak Sedih dan Tak Khawatir pada Masa Depan

Banjirembun.com - Setiap manusia pasti pernah ditimpa musibah. Baik itu kadar masalah yang dihadapi tampak sederhana maupun yang tingkat kerumitannya sangat memberatkan jiwa. Bahkan, kadang tanpa ada angin atau hujan tiba-tiba hati merasa dongkol dan gelisah begitu saja. Salah satu sebabnya karena dihantam oleh trauma kenangan masa lalu.





Baca tulisan menarik lainnya:

Cara Memahami Takdir Allah dengan Benar Agar Hidup Tak Salah Arah

Banjirembun.com - Konsep, mekanisme, skema, dan algoritma takdir merupakan bagian dari ilmu Allah Subhanahu wa ta'ala. Di mana, tentunya tidak ada siapapun yang mengetahui sesuatu apapun dari ilmu-Nya kecuali apa yang Dia kehendaki. Artinya, ilmu tentang takdir enggak semuanya diketahui oleh manusia.





Baca tulisan menarik lainnya:

Surga Firdaus yang Aku Rindukan

Banjirembun.com - Siapapun umat Islam yang enggak merindukan surga, pastilah dia bakal menyesal di akhirat kelak. Meratapi nasib lantaran kenapa dulu saat hidup di dunia tidak memohon serta mengharapkan memperoleh tingkatan surga tertinggi yaitu Firdaus. Di mana, justru targetnya cuma "Terpenting bisa masuk surga."





Baca tulisan menarik lainnya:

Kemiskinan Adalah Takdir, Lantas Mengapa Gelisah?

Banjirembun.com - Bagaimana kalau sudah merasa berjuang, bekerja keras, dan menggunakan segala potensi (waktu, uang, tenaga, hingga pikiran) tetapi ujungnya masih miskin juga? Jawabannya sederhana yaitu enggak usah gelisah. Tak perlu menyalahkan diri maupun nekat menggugat Allah Subhanahu wa ta'ala.





Baca tulisan menarik lainnya:

Fenomena Pengemis Online di Media Sosial

Banjirembun.com - Pengemis adalah orang yang meminta-minta atau mengharapkan bantuan yang umumnya berupa uang dari orang lain tanpa syarat apapun, baik sebelum maupun sesudah menerima pemberian. Maksudnya ialah pengemis tak perlu melakukan sesuatu apapun yang memberatkan pikiran dan tenaga, baik itu sebelum maupun sesudah menerima uang.





Baca tulisan menarik lainnya:

Merasa Menjadi Si Paling Toleran di Nusantara, Tapi Kenapa Benci Islam?

Banjirembun.com - Orang yang jelas-jelas kafir (non Muslim) ketika membenci agama Islam "mungkin" boleh dikatakan wajar. Di mana, bentuk kebencian tersebut ada yang hanya disimpan di dalam hati. Artinya, tindakannya terlihat elegan dan anggun sehingga rasa benci pada Islam tak nampak dilihat oleh pandangan mata. Akibatnya, dia sangat sulit untuk dikatakan sebagai pembenci Islam.





Baca tulisan menarik lainnya:

7 Macam Keistimewaan dan Kenikmatan yang Pasti Diperoleh Penghuni Surga

Banjirembun.com - Sungguh perkiraan yang sembrono ketika surga dianggap "hanya menawarkan kepuasan nafsu perut dan bawah perut." Di mana, paling banter mereka mengira bahwa surga cuma menjanjikan rerimbunan tumbuhan hijau dan aliran deras sungai-sungai di dalamnya. Dikira iming-iming isi surga tersebut paling cocok ditujukan bagi manusia yang hidupnya di padang gurun pasir.





Baca tulisan menarik lainnya:

Kehidupan Politik Manusia Purba yang Malamnya Makan Bersama, Paginya Kerja Sama Berburu, dan Siangnya Saling Bunuh

Banjirembun.com - Politik itu dinamis. Dalam berpolitik tidak ada kepastian. Sebab, dalam percaturan semacam itu enggak ada yang namanya sahabat abadi maupun musuh sejati. Namun, justru yang nampak hanya kepentingan pribadi. Kalau pun seolah-oleh semuanya "demi kepentingan kelompok" tapi hakikatnya untuk tujuan diri sendiri. Maksudnya, komunitas cuma dijadikan kendaraan guna mencapai cita-cita individu.





Baca tulisan menarik lainnya:

Bukti Orang Indonesia Adalah Bangsa yang Minder dan Tertinggal

Banjirembun.com - Minder (rendah diri dan tak percaya diri) dalam satu kondisi tertentu merupakan sikap yang buruk lantaran menyebabkan kehilangan kreativitas, produktivitas, kemandirian, semangat berinovasi, hingga mudah dipengaruhi oleh pihak lain. Bahkan, minder dalam kategori parah dapat berakibat mentalitas yang tertinggal alias terbelakang lantaran tidak sukar untuk dikelabui.





Baca tulisan menarik lainnya:

Sebuah Hikmah, Kenapa Suara Azan Harus Dikeraskan?

Banjirembun.com - Suara azan di Masjid yang dikeraskan bagi umat beriman pasti dipandang penting untuk diadakan. Bahkan, ketika di suatu waktu maupun tempat tertentu ternyata enggak ditemui suara azan bakal bikin kangen. Di mana, suara azan yang berkumandang keras bukannya bikin mereka kesal atau jengkel malah barangkali dinanti-nantikan.





Baca tulisan menarik lainnya:

Bukan Cuma Data di Ponsel, Lindungi Pula Data Kesehatan Pribadi dari Pembajakan Oknum Jahat

Banjirembun.com - Data Pribadi yang sudah melekat erat di gadget (ponsel, laptop, PC, tablet, dan lain-lain) harus dilindungi agar kerahasiaan tetap terjamin tidak terbuka lebar agar aman. Di mana, data pribadi bukan cuma tentang identitas diri (password, nickname, nama, NIK, tanggal lahir, hingga alamat domisili). Akan tetapi ada hal-hal lain yang patut lebih dikhawatirkan ketimbang sekadar itu.





Baca tulisan menarik lainnya:

Sebuah Kisah Panutan, Saat Beberapa Pengusaha dan Pegawai Kantoran Rakus Mengeruk Uang Ternyata Penjual Mie Ayam ini Pilih Takut Pada-Nya

Banjirembun.com - Kerakusan, ketamakan, atau keserakahan bisa menjangkiti siapa saja. Tidak peduli seperti apa latar belakang kehidupannya, senyampang iman dan moralitasnya tipis, potensi bertindak kemaruk bakal sangat besar. Bahkan, tindakan tercela itu bukan hanya diterapkan ketika ada kesempatan tetapi justru mencari-cari celahnya.





Baca tulisan menarik lainnya:

Sama-sama Muslim Tapi Beda Isi Hatinya

Banjirembun.com - Dua manusia barangkali sama-sama beragama Islamnya. Namun, satu orang punya aqidah yang kuat-stabil dan satunya lagi kadar keimanannya sering kembang-kempis alias bertambah-berkurang secara drastis. Satu orang paham agama dan satunya lagi cuma ikut-ikutan beragama.





Baca tulisan menarik lainnya:

Orang-orang Rakus atau Serakah Jadi Sebab Kehancuran Peradaban

Banjirembun.com - Sifat rakus atau serakah bisa terjadi pada siapa saja. Dengan artian perilaku tercela tersebut tanpa perlu membatasi usia, jenjang pendidikan, tingkat ekonomi, profesi, maupun jenis latar belakang kehidupan lainnya. Artinya, kerakusan dan keserakahan bukan ciri khas dari golongan tertentu saja.





Baca tulisan menarik lainnya:

Sebuah Contoh Nyata Tentang Pentingnya Akidah Lurus dalam Kehidupan Bermasyarakat

Banjirembun.com - Akidah merupakan ajaran keimanan yang paling pokok dan mendasar dalam agama Islam yang harus dipegang teguh penganutnya. Di mana, wujud nyata aqidah yaitu berupa 6 rukun iman. Di antaranya meliputi iman kepada Allah, malaikat, kitab-Nya, rasul, hari kiamat, dan qodo serta qodar. Dengan catatan, sifat-sifatnya juga harus diketahui.





Baca tulisan menarik lainnya:

Apakah Entitas dan Substansi Allah yang Aku Bayangkan Sudah Benar? Jangan-jangan Salah Sembah?

Banjirembun.com - Entitas adalah sesuatu yang memiliki ciri atau tanda pembeda dari yang lainnya. Sedangkan, substansi ialah sifat yang sebenarnya dari sesuatu. Di mana, entitas maupun substansi makhluk (zat padat, zat cair, dan gas) tentu dapat begitu mudah didefinisikan serta diteliti oleh manusia.





Baca tulisan menarik lainnya:

Cerita Tentang Perihnya Hidup Sang Pencari Nafkah

Banjirembun.com - Aku adalah seorang sopir taksi online. Di tahun 2023 ini penghasilanku sudah enggak seperti tahun-tahun kemarin. Dulu saat bekerja di kota besar ini, berangkat pagi lantas pulang sore, sudah mencukupi untuk memenuhi target minimal uang yang mesti aku dapatkan perhari.





Baca tulisan menarik lainnya:

7 Keutamaan Menjadi Muslim yang Terkenal di Langit daripada di Bumi

Banjirembun.com - Jadilah manusia yang viral di langit. Itulah ungkapan yang terkadang muncul di media sosial. Maksudnya, barangkali agar pengguna medsos enggak terjebak alias terkecoh semata ingin populer kalangan penduduk bumi. Melainkan, lebih mengutamakan terkenal di langit.





Baca tulisan menarik lainnya:

Alasan Foto Orang di Zaman Dulu Sering Menolak Tersenyum

Banjirembun.com - Mengapa orang zaman dahulu tidak mau tersenyum ketika difoto? Itulah pertanyaan yang muncul dari kalangan yang peduli pada kenangan dan psikologi manusia walau hanya di tampilan foto. Ditambah, foto-foto lawas itu berwarna hitam putih cenderung buram.





Baca tulisan menarik lainnya:

Putus Sebelum Jadian

Banjirembun.com - PSJ (Putus Sebelum Jadian) merupakan ungkapan bagi dua insan lawan jenis yang sudah menjalin hubungan dekat, saling memberikan "kode-kode" ketertarikan, hingga punya hubungan khusus tanpa ada status ikatan tertentu tetapi nahasnya sebelum mengungkapkan perasaan cinta ternyata sudah pisah atau bisa pula salah satunya baru saja terlanjur mengambil keputusan untuk punya pasangan.





Baca tulisan menarik lainnya:

Pengantin Baru Sebaiknya Pilih Mengontrak Rumah Sendiri atau Menumpang Orang Tua?

Banjirembun.com - Kost, mengontrak rumah, menyewa unit apartemen, atau semacamnya merupakan salah satu bentuk bukti sebuah kemandirian. Disarankan pula, lokasinya cukup jauh dari tempat tinggal orang tua. Alasannya, supaya sensasi sebagai "anak rantauan" semakin terasa. Tidak lagi manja berharap bantuan ortu.





Baca tulisan menarik lainnya:

Jumlah Orang Kafir Mengaku Beragama Islam Banyak, Tapi Orang Islam Mengaku Kafir Adakah?

Banjirembun.com - Dalam istilah agama Islam yang disebut dengan kafir adalah orang-orang yang perkataan atau sekadar perbuatannya secara terang-terangan alias terbuka telah mengingkari risalah nabi Muhammad dan menolak terhadap ketauhidan Allah Subhanahu wa ta'ala.




Baca tulisan menarik lainnya:

Tiga Alasan Umat Islam "Harus" Ditimpa Musibah

Banjirembun.com - Musibah adalah kejadian tidak dikehendaki yang menimpa individu maupun masyarakat sehingga berakibat kesedihan, kerugian, dan kehilangan sesuatu yang dicintainya. Di mana, musibah kolektif berupa wabah penyakit serta bencana alam.





Baca tulisan menarik lainnya:

Perbedaan Bisnis Wartel, Warkom, Warnet, dan Warteg

Banjirembun.com - Secara sederhana wartel diartikan sebagai warung telepon. Warkom ialah warung sewa komputer. Warnet adalah warung internet. Terakhir, warteg yaitu warung tegal. Semua bisnis tersebut berada di fase puncak kejayaan pada masanya masing-masing.





Baca tulisan menarik lainnya: