Terbaru · Terpilih · Inspirasi · Aktualisasi · Hiburan · Download · Menulis · Tips · Info · Akademis · Kesehatan · Keuangan · Konseling · Kuliner · Properti · Puisi · Muhasabah · Satwa · Unik · Privacy Policy · Kontributor · Daftar Isi · Tentang Kami·

Ini Alasan Orang Mengajak Registrasi Aplikasi Tertentu Pakai Kode Referral, Ternyata Begini Caranya




Kalian pernah diajak oleh saudara, teman, atau oleh orang lain tak dikenal pada dunia maya untuk download aplikasi tertentu? Lalu dijanjikan setelah registrasi bakal dapat poin, voucher, atau uang digital secara cuma-cuma. Namun, ada syarat tambahan yaitu masukkan kode referral lebih dulu.




Baca tulisan menarik lainnya:

Arti, Fungsi, Produk, dan Maksud Ukuran 36 B pada Beha (BH)




Bra, kutang, beha, atau BH adalah pakaian dalam yang digunakan perempuan untuk menutupi, melindungi, menopang, sekaligus memperindah tampilan buah dada. Kata bra berasal dari bahasa Inggris. Ia sudah diserap ke dalam bahasa Indonesia secara resmi.




Baca tulisan menarik lainnya:

Video Mahasiswa Kediri yang Sedang Pra PPL (Micro Teaching)




PPL atau Praktik Pengalaman Lapangan adalah program perkuliahan yang terjun langsung di dunia kerja bagi mahasiswa akhir untuk menerapkan dan mengembangkan semua teori perkuliahan sesuai bidang ilmu prodi masing-masing.




Baca tulisan menarik lainnya:

Dahsyatnya Sedekah, Si Miskin Rela Lapar Demi Mendamaikan 2 Muslim Bertengkar




Ini adalah kisah sepasang pengantin yang hidupnya sangat sederhana. Kendati seperti itu, mereka berdua tetap teguh pada keyakinan adanya kekuasaan Allah SWT. Rela membatalkan beli makanan lalu menahan lapar demi mendapat rida dari-Nya.


Sebagaimana diketahui bahwa ketika ada sesama muslim saling memprovokasi, berselisih, atau bertengkar maka muslim lain dianjurkan untuk melerai permusuhan itu. Hal itu, lebih utama dan bernilai pahala banyak daripada membiarkannya.




Alih-alih egois memenuhi kebutuhan sendiri di tengah kemiskinannya, pemuda yang hidup di Kuffah negeri Iraq itu malah menyedekahkan semua uang yang dimiliki. Hal itu dianggap wajar, terutama bagi sebagian orang yang mengenalnya. Sebab ia terkenal ahli ibadah.

[Kufah, Irak]



Ibadahnya tak cukup nampak secara fisik saja seperti sholat ke Masjid, berpakaian Islami, hingga bertutur kata Islami. Lebih dari itu imannya benar-benar sudah menancap di hati. Tetangga dan sesama orang miskin di sekitar begitu jelas merasakan pancaran iman pemuda tersebut.


Pada suatu hari pemuda itu sedang mendapati punya uang tinggal 1 dirham saja (sekitar 10 ribu rupiah). Dia tak punya uang lagi selain itu. Padahal saat itu ia harus membeli bahan makanan untuk di masak istrinya. Kemudian dimakan bersama-sama hari itu juga.


Dalam perjalanannya, pemuda itu menemukan dua orang sedang berantem. Sontak saja ia berhenti dan memahami keadaan. Ia bertanya kepada orang di sekeliling "Kenapa dua orang ini berkelahi?" 


Orang-orang di sekitar menjawab "Mereka berselisih karena berebut 1 dirham."


Tanpa pikir panjang pemuda itu mengambil 1 dirham di sakunya lalu memberikan pada mereka sambil berkata "Ini 1 dirham, berhentilah berkelahi, ambillah."
Ilustrasi berjabat tangan tanda berdamai (sumber gambar)

Akhirnya mereka berdua berhenti bertengkar. Jalan damai ditempuh dengan membagi dua secara rata uang pemberian tersebut. Tahu tak ada lagi keributan, pemuda itu balik pulang sambil berzikir menuju rumah. Setelah itu ia menceritakan kejadian yang dialami pada istrinya.


Sebagaimana suaminya, istri pemuda tersebut berbesar hati. Ia memaklumi keputusan suaminya sambil berucap "Baiklah, kalau itu Abi kasihkan demi kebaikan tak ada masalah, mudah-mudahan Allah menggantikan buat kita".


Sungguh pasangan nikah yang luar biasa. Keduanya memiliki kemantapan hati dalam beriman dan berislam. Namun demikian, itu bukan berarti mereka tidak punya harta sama sekali. Masih ada beberapa benda di rumah yang bisa dijual untuk kebutuhan makan.


Istrinya lalu mengambil sesuatu di sudut rumah diberikan pada suami sambil mengucap "Cobalah Abi bawa ini, lalu dijual." Untuk membahagiakan istrinya, pemuda itu seketika langsung pergi menunaikan hajat keluarganya. 




Seharian ia berkeliling menjual barang. Sayangnya, tak ada orang yang berminat pada barang bekas yang ia tawarkan itu. Hingga waktu petang sudah tiba, setelah salat Maghrib di Masjid ia menemukan penjual ikan yang ternyata juga tidak laku. Kondisinya berbau sekali karena hampir busuk.


Melihat pedagang ikan yang tak kunjung laku, pemuda itu merasa iba atau kasihan padanya. Kemudian ia berkata "Saya berkeliling seharian untuk menjual benda-benda di rumah tapi tidak laku, anda menjual ikan sepertinya bernasib sama. Bagaimana kalau kita barter saja?"


Penjual itu langsung menjawab "Baiklah, Jazakallah khairan."


Pemuda itu sesegera pulang ke rumah. Membawa ikan yang berukuran paha orang dewasa dengan kondisi "membiru". 


Setiba di rumah ia berpesan pada istri "Cobalah Umi bersihkan ikan ini, ambillah bagian daging yang masih pantas dimakan untuk dimasak."


Cepat-cepat istri menuju dapur dan mengambil pisau. Waktu dibedah ikan tersebut, betapa terkagetnya ia. Dalam perutnya terdapat satu mutiara yang sangat besar. Mutiara yang tak seperti biasanya. Berukuran kurang lebih sebesar telur ayam kampung.


Istrinya tergopoh-gopoh menuju suami sambil berujar "Wahai suamiku, lihatlah apa yang terjadi, apa yang Umi temukan dalam perut ikan ini."


Setelah suasana agak heboh mereda pemuda itu berkata "Baiklah, saya akan coba datang pada ahli dan pedagang mutiara."


Pemuda itu datang pada salah satu tukang mutiara. Lalu dia mengecek dan mematok harga sesuai dengan isi kantongnya. "Saya akan bayar mutiaramu ini dengan 40 ribu dirham langsung tunai bila kau mau sekarang."


Pemuda itu terbengong begitu syok tahu harga yang di luar bayangannya itu. Hingga ia terdiam saja tak cepat menanggapi tawaran si pembeli mutiara. Tiba-tiba pedagang itu berkata "Kalau kau ingin lebih, cobalah kau pergi kepada Fulan, mungkin dia akan sanggup membeli lebih mahal."


Sesampai di pedagang kedua pemuda itu mendapat tawaran tinggi. Tanpa banyak bicara dia berkata "Saya akan bayar 80 ribu dirham." Pemuda itu terdiam. Sebab dia tak tahu harus mengucapkan apa karena saking gembiranya. 


Sebab merasa "dicuekin", dengan nada mantap pedagang kedua memberi arahan "Kalau kau ingin harga lebih, pergilah ke Fulan, mungkin dia akan membeli dengan harga lebih."


Pemuda itu menuju pedagang ketiga. Dia mendapat tanggapan tanpa basa-basi darinya "Saya akan membelinya 120 ribu dirham. Saya yakin tidak ada yang akan membayar lebih dari itu."


Kali ini pemuda itu menanggapi tawaran pedagang "Baiklah saya setuju." Lantas dibawalah 12 kantong keping uang yang masing-masingnya berisi 10 ribu dirham. Bila semua itu dikonversikan ke rupiah zaman sekarang nilainya ratusan juta rupiah. 


Saat sampai di rumah ia menceritakan semua pada istrinya. Tentu belahan jiwanya itu sangat bersyukur tahu suaminya membawa uang banyak. Apalagi beberapa waktu lalu kondisi mereka dalam keadaan lapar dan serba minim.


Pemuda itu baru duduk dan suasana riang belum juga reda, tiba-tiba ujian dari Allah tiba. Ada orang tak dikenal mengetuk pintu. Tamu itu mengatakan sudah seharian tidak makan.


Pemuda itu membatin "Sungguh orang ini tertimpa masalah seperti apa yang sudah menimpaku tadi."


Setelah menyilakan masuk dan duduk, pemuda itu berkata "Saya baru saja dapat rizqi 120 ribu dirham, sungguh saya sebelumnya juga sama denganmu serba kekurangan, ambillah 60 ribu dirham senilai setengah dari ini, kita bagi dua, saya yakin ini petunjuk dari Allah agar aku memberikannya untukmu."


Setelah pamit dan pergi, tak beberapa lama tamu itu kembali lagi. Ia mengungkapkan kenyataan mengejutkan "Ketahuilah, aku bukan orang miskin, tapi aku adalah utusan Tuhanmu yang ingin menyampaikan kepadamu bahwasanya aku disuruh mengujimu."




Ternyata dia adalah waliyullah yang memiliki keistimewaan. Kemudian beliau melanjutkan "Aku memberitahukan kepadamu berita sebenarnya tentang balasan satu dirham yang kau sedekahkan atas dasar yakin karena allah. Itu akan Allah ganti dengan 20 qinthor, satu qinthor senilai dengan 120 ribu dirham, maka terimalah harta yang telah berlipat-lipat itu."


Jadilah pemuda dan istrinya berubah kaya raya. Hartanya berkah hingga sampai bisa digunakan untuk anak cucunya.




TAMAT


Disclaimer: Cerita ini disampaikan oleh Fudhoil bin Iyat, salah satu tabi'in (generasi setelah generasi sahabat Nabi Muhammad) yang masyhur. Dalam salah satu kitab yang telah beliau tulis menerangkan tentang cerita di atas. Dengan judul yang artinya kurang lebih "Bersedekah dengan penuh keyakinan 1 dirham, Allah ganti dengan 120 ribu dirham". Kisah di atas ditulis ulang dengan diadakan beberapa perubahan tanpa mengurangi makna dan nilai penting darinya.







Baca tulisan menarik lainnya:

Cara Mengurus Kode Billing Bermasalah: Sudah Bayar Tapi Tertulis Belum Bayar




Kode billing adalah nomor unik sebagai identifikasi tanda tagihan pada pembayaran tertentu. Ia berasal dari bahasa inggris yaitu billing code. Artinya kurang lebih kode tagihan. Biasanya angka yang diterbitkan secara elektronik itu yang disebut e-Billing, berjumlah tepat 15 digit.




Baca tulisan menarik lainnya:

Kurangi Beban Tubuh Agar Tak Dikalahkan Virus Flu, Caranya Seperti ini




Kesehatan adalah punggung dari segalanya. Orang yang punya uang banyak dan memiliki sesuatu yang disukai, tidak bakal sepenuhnya bahagia tatkala ia sakit. Terlebih bila sakit fisik itu mempengaruhi pikirannya.




Baca tulisan menarik lainnya:

5 Hal Berikut yang Tak Mampu Diubah Manusia, 6 Hal Inilah yang Harus Dilakukan




Fitrah manusia mempunyai harapan untuk masa depannya. Namun, tak semua cita-cita ternyata mudah jadi kenyataan. Ada saja penyebab kesulitan mewujudkannya. Entah itu datang dari pikiran sendiri maupun gangguan luar.




Baca tulisan menarik lainnya:

DOWNLOAD PDF: Fatwa MUI Tentang Shalat Idul Adha dan Penyembelihan Hewan Kurban Saat Wabah COVID-19




Hari Raya Idul Adha merupakan momentum yang luar biasa bagi umat Islam. Terdapat pelaksanaan shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban untuk dibagikan pada sesama. Itu semua merupakan bentuk ketakwaan dan kecintaan pada Allah SWT.




Baca tulisan menarik lainnya:

Twitter WHO "Cabang" Indonesia Rilis 3 Model Tempat Paling Rawan Penularan COVID-19




Beberapa hari lalu kami menulis postingan berjudul "Dua Keadaan yang Paling Berpotensi Terjadi Penularan COVID-19". Rupanya tulisan kami tersebut tak jauh beda dengan hasil rilis resmi kantor WHO Indonesia.




Baca tulisan menarik lainnya:

Indonesia Terancam Resesi, Pahami Tanda-tanda Mikro Maupun Makronya dan Dampaknya




Negara tetangga Singapura dikabarkan resmi mengalami resesi. Pada Selasa 14 Juli kemarin ekonominya terkontraksi atau menurun di periode kuartal II (triwulan ke-2). Tak tanggung-tanggung, penurunan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) negeri itu terendah dalam sejarah berdirinya.




Baca tulisan menarik lainnya:

Sebelum Berkurban Iduladha, Perhatikan 3 Hal ini Agar Dapat Keutamaannya




Berkurban tidak sebatas menyembelih lalu membagikan dagingnya ke masyarakat. Serta tak sekadar untuk pesta makanan berprotein dan bernutrisi tinggi. Dalam ritual kurban hendaknya juga tahu keutamaan apa yang patut dilakukan.




Baca tulisan menarik lainnya:

Kisah Teladan Ustadz Changyi Ho, Bikin Haru dan Takjub




Komunitas mahasiswa di kampus ternama sedang mengadakan lomba pidato, kuis, azan, hingga pentas seni bertemakan Islam. Peserta acara tersebut ditujukan untuk siswa-siswa SMA dalam skala nasional.




Baca tulisan menarik lainnya:

Tiga Bentuk Kejahatan Berat dalam Karya Tulis Ilmiah: Plagiat, Fabrikasi, dan Falsifikasi




Selama ini banyak kalangan yang menganggap kejahatan dalam karya tulis ilmiah hanya pelanggaran hak cipta. Berupa tindakan plagiarisme. Yakni, menyalin sebagian tulisan orang lain tanpa menunjukkan sumber kutipannya.




Baca tulisan menarik lainnya:

Lima Hal Tentang Pribadi yang Tak Perlu Diumbar ke Media Sosial




Bagi siapapun yang sedang mengumbar masalah pribadi di media sosial, itu bisa jadi pertanda ia sedang tak bahagia. Bahkan, orang yang rutin pamer kehidupan asmara di dunia maya juga jadi peringatan suatu hubungan yang rentan.




Baca tulisan menarik lainnya:

Bir Sebenarnya Boleh Menurut Ajaran Islam, Tertuang Jelas di Surat al Baqarah



Kata siapa bir itu haram? Birr itu tidak haram. Bahkan 100% birr dijamin halal. Khamr-lah yang jelas-jelas haram dalam Islam. Khamr itu artinya sesuatu yang memabukkan. Adapun Birr itu tidaklah memabukkan. Justru malah bikin orang jadi tambah beriman dan bertakwa.




Baca tulisan menarik lainnya:

Dua Keadaan yang Paling Berpotensi Terjadi Penularan COVID-19



Tak elok menganggap musibah pandemi telah usai. Bencana non alam ini diprediksi masih sangat panjang harus dilalui. Memang ada setitik terang terkait perkembangan vaksin dan obat anti virus Corona jenis baru. Namun, itu relatif jauh dari kata berhasil.




Baca tulisan menarik lainnya:

Ternyata Istilah "Cuan" Bukan dari Bahasa Mandarin, ini Penjelasannya




Cuan merupakan salah satu bahasa masyarakat negeri Tiongkok. Yakni, disebut sebagai bahasa Hokkien atau bahasa Hokkian. Ia setidaknya dituturkan oleh sekitar 50 juta orang. Hampir semua penduduk Hongkong, Macau, dan Taiwan juga menggunakan bahasa itu.




Baca tulisan menarik lainnya:

Suara Naga Menggeram di China Ternyata Berasal dari Hewan Eksotis ini [Disertai 8 Video]




Sampai saat ini naga tergolong binatang mitologi. Artinya hewan mitos yang ada dalam legenda itu tidak benar-benar ada. Sebab hingga kini bukti fisik maupun rekaman digital dari penampakannya secara meyakinkan tidak pernah ada.




Baca tulisan menarik lainnya:

Setelah Pandemi Covid-19 Berakhir, Akan Muncul Empat Tipe Manusia




Wabah Corona memang masih jauh dari kata berakhir. Bahkan, menurut sebagian ahli gelombang kedua pandemi COVID-19 belum terjadi. Meski beberapa waktu lalu ada lonjakan kasus. Nyatanya, itu tidak memenuhi syarat untuk disebut "gelombang kedua".




Baca tulisan menarik lainnya:

Waspada Tapi Jangan Fobia, WHO Bilang Penyebaran Virus SARS-CoV-2 Bisa Lewat Udara, Tinja, dan Hewan




Prediksi kami bahwa kelak virus SARS-Cov-2 dapat menyebar lewat udara ternyata tepat. Untuk mengetahui ulasan lengkap kami tentang COVID-19, silakan baca tulisan-tulisan kami tentang Covid-19 dan Corona.




Baca tulisan menarik lainnya:

Agar Irit Lauk, Pakailah 5 Aneka Resep Sambal Bawang Putih




Pandemi COVID-19 yang tak kunjung berakhir ini memaksa ibu rumah tangga memutar otak. Supaya bisa membuat makanan enak dan bergizi tapi irit biaya. Namun tak perlu khawatir, itu bukanlah hal yang sulit.




Baca tulisan menarik lainnya:

Cara Memasang dan Memodifikasi Tombol Back to Top di Blogspot




Keberadaan back to top button atau tombol jalan pintas mengembalikan halaman ke atas dengan cepat sangat diperlukan. Itu terutama untuk blog yang memiliki banyak konten panjang. Misalnya seperti cerita, esai, hingga artikel opini.




Baca tulisan menarik lainnya:

Kisah Tiga Lelaki di Kota Malang Terisak-isak Menangis di Masjid




Cerita ini teramat menggetarkan. Tentang seorang pria yang lagi terhimpit ekonominya. Bukannya berhutang sana-sini ataupun minta-minta, ia lebih memilih menggantungkan nasibnya pada Allah. Bermanja-manja pada-Nya sambil menangis tersedu.




Baca tulisan menarik lainnya:

Lebih dari 500 Macam Stiker WA Islami, Lucu, Konyol, dan Bikin Gemes Dijamin Ngakak




Stiker whatsapp adalah karikatur, foto, atau tampilan gambar lainnya yang diedit agar ukuran filenya kecil dan dapat menjadi simbol dalam komunikasi. Modifikasi itu dilakukan supaya bisa ditampilkan secara sederhana tapi mengena.




Baca tulisan menarik lainnya:

Perhatikan 5 Aspek Penting ini Sebelum Menabung Uang




Menabung adalah menyisihkan sebagian uang yang tak terpakai dalam bentuk simpanan atau cadangan di tempat khusus yang digunakan untuk tujuan tertentu maupun kebutuhan mendadak.




Baca tulisan menarik lainnya:

Sadar Diri untuk Pergi Ketika Tak Diinginkan, Lalu Jadilah Kepompong




Tak perlu menunggu komunitas di sekitar mengusir secara terang-terangan. Cukup dengan tatapan dan sikap mereka yang ogah-ogahan jadi pertanda kamu tak diinginkan. Contohnya lambat merespon saat diajak komunikasi.




Baca tulisan menarik lainnya:

Kabar Gembira untuk TNI dan Polri, Kalian Akan Selamat dari Fitnah Kubur




Berita baik buat para aparat di Indonesia. Baik itu dari unsur kepolisian maupun tentara yang bertugas menjadi benteng biologis dan penjaga keamanan nasional. Terutama bagi mereka yang punya niat dan berjalan lurus sesuai kewajibannya.




Baca tulisan menarik lainnya:

Ilmu Yoga, 5 Manfaat Mengangkat Kaki Disandarkan ke Dinding



Posisi menyandarkan kaki lurus ke atas pada dinding merupakan salah satu teknik yoga. Posisi tersebut dalam ilmu yoga disebut Viparita Karana Asana. Diyakini, gerakan ini banyak memberi manfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.




Baca tulisan menarik lainnya:

Lima Cara Menghilangkan Gejala Mnemofobia




Mnemofobia adalah rasa takut berlebih terhadap memori, kenangan, atau ingatan masa lampau yang tersimpan di otak. Itu merupakan jenis fobia yang cukup langka. Di mana, kejadian yang sudah berlalu tersebut tak selalu berhubungan dengan hal sangat buruk.




Baca tulisan menarik lainnya: