Terbaru · Terpilih · Inspirasi · Aktualisasi · Hiburan · Download · Menulis · Tips · Info · Akademis · Kesehatan · Keuangan · Konseling · Kuliner · Properti · Puisi · Muhasabah · Satwa · Unik · Privacy Policy · Kontributor · Daftar Isi · Tentang Kami·

Apakah Melanggar Hukum saat Memasang Jebakan Anti Maling yang Mematikan atau Menyebabkan Cidera Parah?

 Pemilik rumah, kandang ternak, gudang kecil, pabrik kecil, hingga kios tempat dagang terkadang merasa teramat jengkel pada maling yang berani-beraninya membobol bangunan pribadi tersebut. Bukan cuma kesal lantaran kehilangan barang ataupun uang. Melainkan, begitu frustrasi karena menganggap dirinya terasa sungguh hina serta tiada berdaya disebabkan telah berhasil dibodohi oleh pencuri.





Baca tulisan menarik lainnya:

5 Bentuk Kesalahan Seseorang dalam Menakar atau Menilai Sesuatu yang Berujung Malu

 Memang harus diakui bahwa ada orang yang tidak "makan" bangku sekolah tapi hidupnya di masa dewasa lebih gemilang ketimbang orang yang dulu serius bersekolah dan berkuliah. Begitu pula, patut disadari terdapat orang yang zaman sekolah dahulu kelakuannya nakal dan sulit diatur, tetapi sekarang bisa dikatakan sukses. Namun, yang perlu dipertanyakan adalah seberapa banyak orang-orang yang nasibnya seperti itu? Apakah betul faktor kesuksesan itu semata-mata disebabkan karena tidak sekolah dan masa mudanya yang hidupnya sesuka sendiri?





Baca tulisan menarik lainnya:

3 Penyebab Kehidupan Seseorang Mengalami Perubahan Drastis

 Perubahan merupakan suatu kepastian. Semua makhluk pasti mengalami perubahan. Baik itu lantaran disebabkan adanya sebuah upaya atau perjuangan (faktor internal) maupun terjadi secara alami seolah-olah mengalir begitu saja (faktor eksternal). Dengan demikian, suatu persepsi dan asumsi seseorang dalam memandang suatu kejadian juga dapat mempengaruhi perubahan. Apalagi, ketika peristiwa itu terus berulang maupun sangat begitu traumatis bagi individu bersangkutan sehingga sulit untuk dilupakan.





Baca tulisan menarik lainnya:

Berapa Jumlah Rata-rata Kebutuhan Air Bersih PDAM Setiap Orang dalam Satu Hari?

 Air merupakan kebutuhan pokok yang amat vital sehingga tak tergantikan oleh apa pun. Bukan hanya untuk keperluan air minum. Penggunaan air juga sering diterapkan untuk bersih-bersih (cuci piring, cuci baju, mengepel lantai, cuci kendaraan, mandi, sikat gigi, hingga cuci tangan), kegiatan ibadah, memasak, menyiram toilet, kencing, sampai penyiraman halaman rumah. Intinya, tanpa adanya jumlah air yang mencukupi bikin kualitas hidup manusia menjadi terganggu. Bayangkan saja, satu hari tanpa bersentuhan dengan air sama sekali.





Baca tulisan menarik lainnya:

Mengetahui Cara Kerja Token Listrik, Apakah Meteran Listrik Prabayar Tersambung dengan Jaringan Internet?

 Hampir semua bangunan baru berupa rumah, kios, pabrik, hingga hotel telah menggunakan meteran listrik prabayar. Di mana, penggunaan meteran listrik prabayar disebut-sebut jauh lebih memudahkan bagi pemilik bangunan. Adapun, di pihak PLN sendiri dengan penerapan meteran prabayar secara marak dapat membuat kinerjanya jauh lebih efektif dan efisien. Terutama, tak perlu lagi ada petugas keliling guna  mengecek angka pemakaian meteran pascabayar serta terhindar dari pengguna yang menunggak pembayaran.





Baca tulisan menarik lainnya:

Bagaimana Cara PLN Mengetahui Pelanggannya Telah Mencuri Listrik?

 Apakah meteran listrik prabayar yang sering disebut token listrik yang ada di rumah tersambung dengan jaringan internet? Jawabannya adalah tidak. Lantas kenapa petugas PLN mampu mengetahui bahwa pelanggannya telah mencuri listrik? Lebih jelasnya, bagaimana tanda-tanda sebuah bangunan patut dicurigai telah melakukan tindak pencurian listrik sebelum melakukan pengecekan secara mendetail? Sebenarnya untuk mengetahui hal tersebut merupakan suatu langkah sederhana sekali.





Baca tulisan menarik lainnya:

7 Ucapan dan Prinsip Hidup yang Sering Dikatakan oleh Individu yang Punya Masa Depan Suram

 Masa depan orang siapa yang tahu? Hari ini boleh jadi seolah biasa-biasanya saja, tetapi ternyata ketika usia 30 tahun ke atas mengalami kehidupan yang gemilang. Hari ini diremehkan dan disepelekan, tapi nyatanya di masa depan hidupnya bahagia. Intinya, masa depan  menurut sudut pandang insan merupakan suatu misteri. Bagi sebagian manusia mengatakan bahwa terdapat banyak faktor, variabel, gejala, pengaruh, atau hubungan yang membuat nasib seseorang berubah sukses.





Baca tulisan menarik lainnya:

Hati-hatilah, Orang yang Kamu Kira Miskin Boleh Jadi Punya Simpanan Tabungan "Menganggur" Ratusan Juta

 Di atas langit masih ada langit. Janganlah merasa bangga diri karena mampu tampil dengan menggunakan busana, gawai (gadget), hingga kendaraan yang bermerk mewah. Diimbuhi sering unjuk diri telah melakukan jalan-jalan ke luar kota, berwisata, berkuliner, sampai belanja. Sebab, boleh jadi individu yang tampil sederhana yang kamu kira miskin justru punya endapan tabungan yang nominalnya besar. Jangankan untuk menduiti semua apa yang kamu bawa, guna membeli rumahmu beserta isinya nyatanya uang yang dimiliki masih tersisa banyak.





Baca tulisan menarik lainnya:

Berdasarkan Pengalaman Pribadi, Membenahi Kunci Pintu Rusak dalam Keadaan Terkunci Tak Bisa Dibuka

 Setiap masalah pasti ada jalan keluar, pengganti yang punya fungsi setara, atau setidaknya ada kompensasi sebagai penghibur. Pernyataan itu memang ada benarnya. Terpenting jangan putus asa dulu. Bukan cuma putus saat saat mencoba langsung (praktik) dalam berupaya mengatasi masalah. Malah, yang lebih utama yaitu enggak menyerah dalam berikhtiar mengetahui cara-cara maupun beberapa petunjuk tertentu yang mampu mengarahkan dalam menuntaskan kesulitan hidup yang dihadapi.





Baca tulisan menarik lainnya:

Jika Kamu Bukan Termasuk 5 Sosok Seperti ini Maka Janganlah Ikut Campur, Mengurusi, Maupun Menggali Informasi tentang Hidup Orang Lain

 Buat apa mengurusi hidup orang lain kalau menata diri sendiri saja belum becus? Untuk apa menggali informasi terkait hidup orang lain kalau toh profesinya bukan agen intelijen (penelik)? Lagi pula, orang yang dijadikan target penyelidikan dan pengintaian tersebut nyatanya cuek-cuek saja. Gunanya apa mencurigai serta berprasangka buruk pada orang lain yang sekiranya ternyata aib-aib diri sendiri tidak pernah dipikirkan secara mendetail (muhasabah)? Intinya, urus hidup sendiri tanpa perlu menghakimi dan memvonis kehidupan orang lain!





Baca tulisan menarik lainnya:

Ampuhkah Ucapan "Semoga saat Aku Sukses Nanti, Kamu Belum Menikah!" untuk Mengikat Wanita Pilihan Hati?

 Tulisan ini cocok dibaca oleh siswa SMA, santri mukim di Pondok Pesantren, mahasiswa, hingga orang yang memulai karir maupun merintis bisnis tapi belum berstatus nikah. Yakni, bagi mereka yang sedang terkena kasmaran alias jatuh cinta tetapi tidak mau pacaran karena berbagai alasan dan belum siap menikahi gadis yang jadi pilihan hati. Kenapa ini penting? Alasannya, menikah adalah kewajiban ajaran agama. Di sisi lain, menikah dengan modal saling mencintai saja masih belum cukup! Apalagi, kita tak akan tahu bagaimana perjalanan hidup di kemudian hari yang bakal merubah semua.





Baca tulisan menarik lainnya:

7 Alasan Masyarakat Indonesia Suka Acara Infotainment Gosip

 Mayoritas tayangan di televisi Indonesia merupakan acara hiburan. Kalaupun ada sinetron religi dan acara informatif (selain siaran berita) nyatanya ujung-ujungnya bertujuan untuk menghibur alias menyenangkan hati para penontonnya. Terlebih lagi, tontonan infotainment gosip jauh lebih "menyesatkan" dalam menuntun pemirsa dalam menikmati kabar miring tentang artis atau figur populer tertentu.





Baca tulisan menarik lainnya:

7 Perubahan Tubuh yang Positif Ketika Menerapkan Kebiasaan Jalan Kaki Setiap Hari

 Harus diakui bersama, kebiasaan jalan kaki di negara Indonesia masih belum menjadi budaya positif. Mirisnya, justru sebagian pihak menilai bahwa orang yang berjalan kaki kerap kali dihakimi sebagai manusia yang aneh. Menurut pandangan mereka insan yang jalan kaki (apalagi diterapkan sendirian) dianggap miskin, tak punya teman, dan pengangguran. Bagi mereka pejalan kaki bukanlah individu pintar karena melakukan tindakan yang cenderung boros waktu, melelahkan, kepanasan, bikin berkeringat, hingga membahayakan diri.





Baca tulisan menarik lainnya:

Pentingnya Menutup Sumur Galian, Bukan Hanya Demi Keselamatan dan Kesehatan

 Sumur tua peninggalan zaman dahulu maupun sumur "muda" yang baru saja digali (sumur galian) oleh developer perumahan sebaiknya ditutup secara benar. Hal tersebut bukan sekadar demi menjamin keselamatan dan kesehatan para penghuni rumah di sekitarnya. Lebih dari itu, dari segi estetika maupun etika juga sangat penting untuk diterapkan. Apalagi, ketika pekarangan ataupun ukuran rumah yang ada sumur galian itu tidak terlalu luas.





Baca tulisan menarik lainnya:

Bahaya Kegiatan Renovasi Rumah Terhadap Kesehatan

 Bagi orang pedesaan yang jauh dari pusat kota, pekerjaan renovasi rumah bukanlah perkara yang terlalu rumit dibanding hunian yang dipugar/dirombak pada daerah perkotaan. Bahkan, barangkali itu menjadi sebuah aktivitas menyenangkan tersendiri lantaran dilakukan berdasarkan sistem gotong-royong. Lagi pula, tanah kosong berupa halaman atau lahan di kiri-kanan rumah masih sangat lebar. Jadi, begitu leluasa saat melakukan perenovasian. Diimbuhi lagi, bahan bangunan yang dipakai mayoritas "alami" serta udara di sana tergolong sangat bersih sehingga minim limbah maupun tercemar polusi.





Baca tulisan menarik lainnya:

3 Alasan Naif Kenapa Orang Miskin Nyinyir atau Berkomentar Pedas Terhadap Orang Kaya

 Orang kaya yang unjuk diri atas harta yang dimiliki, secara sengaja ingin pamer maupun yang "sekadar" dilakukan dengan alami sesuai kebutuhan hidup, akan sangat berisiko terkena nyinyiran atau komentar pedas dari kaum miskin. Serangan agresif itu umumnya dilakukan oleh mereka di media sosial dalam menanggapi foto atau video yang menampilkan kemewahan. Dapat pula, di majelis fitnah dan forum ghibah pada dunia nyata terhadap tetangga ataupun temannya yang kaya.





Baca tulisan menarik lainnya:

7 Fitnah yang Sering Dituduhkan oleh Orang Iri Alias Dengki Terhadap Tetangganya yang Kaya

Banjirembun.com - Menjalani hidup bermasyarakat setelah menikah maupun sesudah berstatus punya pekerjaan tidak segampang tatkala masih lajang serta di bawah tanggung jawab orang tua kandung atau menumpang hidup bersamanya. Intinya, orang yang sudah hidup mandiri dan berumah tangga bakal merasakan sendiri kalau sebagian dari "ujung" mulut tetangga jauh lebih mengerikan daripada rudal nuklir. Di mana, mulutnya menjadi begitu amat "lancip" menusuk ketimbang saat dulu orang yang dijadikan target masih ngikut di kediaman orang tua dan belum menikah.





Baca tulisan menarik lainnya:

Mitologi tentang Pesugihan Kandang Bubrah

Banjirembun.com - Arti mitologi dalam artikel ini adalah ilmu atau kajian tentang cerita tak tertulis yang menyebar di dalam kebudayaan masyarakat secara turun-temurun dari nenek moyang yang menyangkut kehidupan makhluk ghaib ataupun yang bersifat klenik. Di mana, mitos sendiri sangat berkaitan dengan hal-hal lain yang masih erat dengan kebutuhan atau aktivitas hidup sehari-hari di tengah masyarakat.





Baca tulisan menarik lainnya:

Tekuni dan Fokus Satu Bidang Pekerjaan dari Usia 30-an Tahun Hingga Masa Sepuh

Banjirembun.com - Temukan bakatmu agar nikmat hidupmu. Ungkapan seperti itu memang terlihat idealis, tampak berharga diri tinggi, dan seolah-olah penuh ambisi. Bagaimana tidak dianggap muluk-muluk? Jangankan orang yang masih berusia muda dan belum menikah, malahan tergolong banyak orang yang sudah sepuh hingga meninggal dunia di umur 70-an tahun ke atas pun tidak pernah menemukan bakat hidupnya. Andaikan mampu ketemu bakatnya, ternyata sudah terlambat sehingga tatkala dikembangkan (dipelajari, dilatih, dan digeluti) hasilnya tidak lagi berbuah maksimal.





Baca tulisan menarik lainnya:

5 Sikap Bosan Hidup dan Siap Mati Secara Tiba-tiba, Tetapi Justru Merugikan Orang Banyak

Banjirembun.com - Tak ada dukungan moral dari orang-orang sekitar, dirundung masalah bertubi-tubi tanpa jeda yang cukup untuk mengistirahatkan jiwa, hingga pesimis terkait kehidupan di masa depan merupakan sebagian alasan individu mengalami kebosanan menjalani hidup. Intinya, gairah hidup sudah tiada lagi tertanam di dada. Dalam kondisi itu, ia justru lebih siap mati secara mendadak lantaran tak punya lagi semangat untuk berkreativitas dan berproduktivitas.





Baca tulisan menarik lainnya:

3 Kondisi Mental atau Jiwa Pembeli Properti Berupa Hunian Maupun Lahan yang Berisiko Fatal

Banjirembun.com - Sebagaimana telah dibahas dalam artikel sebelumnya di website *Banjir Embun* bahwa salah satu faktor utama pemicu seseorang yang hendak membeli properti berupa bangunan (rumah, apartemen, rumah susun, ruko, kios, dan semacamnya)  ataupun tanah (lahan kosong, kavling, sawah, pekarangan, perkebunan, dan lainnya) ialah tergesa-gesa akibat kebelet ingin segera punya aset dan investasi properti. Di alam pikirnya, impian tersebut mesti cepat terwujud agar fulus yang dimiliki tak terlalu lama menganggur.





Baca tulisan menarik lainnya:

Kenapa Saat Makan Mie Ayam Tubuh Langsung Berkeringat dan Keluar Ingus?

Banjirembun.com - Fenomena hidung keluar ingus ataupun tubuh keluar keringat berkucur deras saat makan mie ayam merupakan hal lumrah. Saking kerap terjadi, pedagangnya menyediakan tisu di atas meja. Mengapa kedua hal itu bisa menjadi kebiasaan? Untuk mengetahui jawabannya, ternyata tidak simpel. Sebab, ada banyak faktor pemicu kenapa setelah makan tubuh berkeringat dan hidung keluar ingus.





Baca tulisan menarik lainnya:

Jika Marah pada Tuhan Maka Cegah Diri Melampiaskannya dengan Cara Menzalimi Manusia

Banjirembun.com - Terdapat ungkapan "Jika kamu dizalimi oleh manusia maka janganlah marah pada Tuhan lalu menuduh-Nya telah berbuat tidak adil. Sebaliknya pula, jika kamu marah pada Tuhan maka janganlah dilampiaskan dengan langkah menzalimi ataupun marah terhadap insan." Dua pernyataan tersebut merupakan satu rangkaian utuh yang tak terpisah. Itulah suatu wujud nilai-nilai kehidupan yang mestinya dipegang oleh setiap umat beragama agar sanggup "memberlakukan" Tuhan dan manusia secara benar.





Baca tulisan menarik lainnya:

Bukti Pemain Judi Slot Online Belum Cerdas dalam Urusan Manajemen Keuangan

Banjirembun.com - Judi slot online adalah candu. Dampak buruknya lebih berbahaya dari narkoba. Jalan masuk proses terjadi kecanduan bukan melalui zat seperti serbuk, cairan, asap, ataupun bentuk benda lainnya. Melainkan, seperti halnya ketagihan pornografi, judi langsung menyerang otak melalui pandangan mata. Oleh sebab itu, tidak mengherankan tatkala tampilan aplikasi judi slot online begitu atraktif dan menggembirakan. Tidak lain, tujuannya agar memanjakan panglihatan si pengguna.





Baca tulisan menarik lainnya:

Perhatikan 5 Hal Berikut Agar Tak Terjadi Sengketa Sesudah Membeli Tanah Produktif, Lahan Kosong, atau Kavling

Banjirembun.com - Kasus sengketa, konflik, maupun perselisihan jual beli tanah produktif (sawah, pekarangan, ladang, hingga kebun) serta lahan kosong cukup/lumayan sering terjadi. Terutama di daerah pedesaan alias perkampungan yang jauh dari daerah perkotaan. Salah satu penyebabnya ialah ketika transaksi atau akad di awal jual-beli tidak diuraikan secara jelas dan mendetail tentang bagaimana sistem pembayaran, fasilitas tanah yang dibeli, sampai dampak-dampak yang terkait setelah terjadinya serah terima.





Baca tulisan menarik lainnya:

5 Tips Mencegah Melakukan Ghibah dan Fitnah Saat Bertemu Seseorang

Banjirembun.com - Bersilaturahim maupun bersilaturahmi merupakan sebuah wujud nyata dari salah satu amal saleh menurut ajaran Islam. Apalagi, tentu makin afdal tatkala hal tersebut dilakukan sembari memberikan sedekah berupa oleh-oleh (bingkisan) maupun dengan langkah memberi uang. Lebih dari itu, patut disadari di balik kegiatan menyambung kembali tali hubungan kerabat yang mulai renggang maupun mempererat ukhuwah pasti tanpa boleh diragukan mengandung keberkahan luar biasa.





Baca tulisan menarik lainnya:

Analisis Intelijen, Nyamuk Wolbachia Mampu Mengancam Indonesia

Banjirembun.com - Nyamuk Wolbachia adalah nyamuk hasil rekayasa laboratorium (bukan rekayasa genetika karena materi gen nyamuk tidak dirubah) yang di dalam tubuhnya telah disisipkan bakteri bernama Wolbachia. Bakteri tersebut hanya hidup dalam tubuh serangga, termasuk salah satunya nyamuk. Di mana, si bakteri enggak mampu bertahan hidup maupun memperbanyak diri di luar organ tubuh inangnya. Dengan kata lain, tanpa berada di sel-sel serangga membuat bakteri tersebut mati. Nah, bakteri itulah yang digadang-gadang amat bermanfaat bagi masyarakat.





Baca tulisan menarik lainnya:

Kalau Tidak Tahu Permasalahnnya, Sebaiknya Jangan Cari Tahu dan Tak Perlu Ikut Memusuhi

Banjirembun.com - Hindari ikut memusuhi seseorang ataupun kaum/golongan/komunitas/kelompok yang belum diketahui secara pasti, jelas, terpercaya, atau valid siapa yang salah serta siapa yang benar. Ketika lagi apes, kalau percaya begitu saja pada opini/omongan dapat membikin berpihak kepada orang yang zalim. Di antaranya punya ciri merasa diri sendiri paling benar padahal telah berbuat batil (bicara kasar, egois, arogan, atau bentuk kebatilan lainnya), melakukan play victim (manipulatif), pemfitnah, pengadu domba, dan lain-lain.





Baca tulisan menarik lainnya:

Tanya Jawab Tentang Alam Kubur yang Tak Menyeramkan Tapi Justru Bikin Tambah Iman

Banjirembun.com - Setelah meninggal dunia, apakah bisa langsung masuk surga? Jawabannya ialah tidak. Sebab, untuk masuk surga harus secara rombongan bersama-sama seluruh umat manusia yang sudah tercatat masuk ke dalam surga pada satu momen tertentu. Tentunya mereka semua sudah melalui berbagai tahapan dari alam kubur, kiamat, padang masyhar, hisab, mizan, shirat al mustaqim, qontoroh, dan surga. Di mana, Nabi Muhammad Shalallahu 'alaihi wasallam yang pertama kali diberi keistimewaan untuk masuk surga yang langsung disusul penghuni lainnya secara bersamaan.





Baca tulisan menarik lainnya:

5 Penyebab Suami Menceraikan Istrinya

Banjirembun.com - Di era digital seperti sekarang ini telah membikin persebaran informasi maupun kabar miring (termasuk hasutan, provokasi, fitnah, hingga motivasi hidup yang "semu/sesat") semakin bertambah merajalela serta tak terbendung. Salah satu akibatnya, makin banyak istri yang terbawa arus mengajukan cerai gugat terhadap suaminya ke hadapan Pengadilan Agama. Tentu, mungkin saja media sosial sekaligus gosip artis di TV juga ikut terlibat dalam meracuni pikiran istri sehingga rela ikut-ikutan memutuskan jadi janda pirang.





Baca tulisan menarik lainnya:

Penyebab Suami Selingkuh, Gara-gara Istri Punya Sifat dan Ciri-ciri Seperti ini

Banjirembun.com - Selingkuh adalah perbuatan secara diam-diam yang dilakukan oleh seseorang yang sudah berstatus menikah tetapi melakukan hubungan intim layaknya suami dengan istri di luar ikatan pernikahan. Di mana, perselingkuhan bisa terjadi karena faktor suka sama suka maupun lantaran salah satu darinya dibayar agar bisa melakukan relasi seksual secara komersial. Dengan demikian, saling mencitai tetapi tidak pernah bertemu bukan disebut selingkuh.





Baca tulisan menarik lainnya:

Tua Bangka Bukannya Fokus Menikmati Hidup Dengan Tenang dan Damai, Justru Makin Rakus dan Zalim

Banjirembun.com - Aku merasa heran saja, kok ada orang yang sudah tua bangka malah punya cucu berjumlah banyak tetapi sifatnya masih penuh ambisi besar. Tujuannya apa di balik memiliki kelakuan seperti itu? Apakah untuk menjamin kehidupan diri sendiri, keluarga/kerabat, teman di komunitas (organisasi, partai, kelompok, dan semacamnya), atau kemaslahatan bersama sebagai bentuk pengabdian pada masyarakat luas? Apapun alasannya, yang namanya rakus dan zalim tetaplah salah!





Baca tulisan menarik lainnya:

5 Tanda Individu Tertentu Mulai Tidak Suka Kepada Kita

Banjirembun.com - Hal penting yang patut disadari yaitu kita tidak disukai oleh seseorang belum tentu kita berada di posisi pihak yang salah. Akan tetapi, justru boleh jadi orang tersebut yang punya penyakit hati. Alhasil, mau bagaimanapun perilaku kita bakal bikin dia selalu dipandang keliru. Salah satu penyebabnya karena jiwa dia diliputi oleh sifat iri (dengki), mau menangan sendiri (takut tersaingi), atau semacamnya.





Baca tulisan menarik lainnya:

Waspada Terhadap Teman "Sampah" yang Bisa Menghancurkan Hidup dalam Jangka Pendek Maupun Panjang

Banjirembun.com - Terdapat sebuah ungkapan "Temanmu sejatinya menggambarkan tentang seperti apa dirimu." Tentu, maksud dari istilah 'teman' di sini bukan hubungan perkenalan antar insan yang berlangsung secara singkat. Bukan pula suatu komunikasi basa-basi sesama manusia yang rutin dilakukan sehingga tanpa ada ikatan erat/kuat. Melainkan, pertemanan adalah sebuah jalinan kedekatan dua orang atau lebih yang menyatu batinnya dalam jangka lama.





Baca tulisan menarik lainnya:

Sebuah Curhat Tentang Heni, Gadis Sempurna yang Sulit Terlupakan

Banjirembun.com - Perkenalkan nama gue Jonathan. Mungkin apa yang gue tulis ini merupakan bagian dari perbuatan dosa. Bukan cuma dosa karena menzalimi Heni yang gue jadikan objek bahan bercerita dalam tulisan. Melainkan pula, berdosa karena gue membuka aib pribadi yaitu berupa kesulitan melupakan mantan seperti dia.





Baca tulisan menarik lainnya:

Puisi: Ajal

Ajal





Baca tulisan menarik lainnya:

3 Dosa Makmum Disebabkan Menyalahi Imam Sholat Berjamaah

Banjirembun.com - Imam sholat berjamaah adalah pemimpin ibadah sholat yang diangkat oleh sebagian umat Islam untuk diikuti lantaran sudah memahami ilmu agama Islam terutama dalam bidang shalat. Prioritas utama seseorang layak untuk dipilih jadi imam sholat, selain memiliki suara merdu serta fasih membaca al Quran, yaitu punya jiwa pemimpin. Tentunya, layaknya sebagai pemimpin pada umumnya seorang imam salah satunya mesti dituntut punya akhlak mulia.





Baca tulisan menarik lainnya:

Penggemar K-Pop dan Drakor Segeralah Sadar, Kembalilah pada Agama

Banjirembun.com - Cuma jadi penggemar saja, enggak mengeluarkan duit sama sekali, terus apa salahnya ngefans? Itulah perkataan kaum fanatik "penyembah" idola. Termasuk di antaranya yang mengagungkan k-pop (musik pop korea) dan drakor (drama korea). Entah, hal apa yang membuat mereka terhipnotis atau mengalami "histeria" massal sehingga bisa kecanduan untuk membahas serta menonton apapun terkait dengan dua budaya dari korea itu?





Baca tulisan menarik lainnya:

Pentingnya Sebuah Komunitas dan Simbolisasi, Agar Tak Terjadi Krisis Identitas

Banjirembun.com - Komunitas adalah gabungan sejumlah individu yang memiliki kesamaan latar belakang kehidupan, cara pandang, orientasi hidup, tujuan, ataupun jenis karakteristik lainnya.  Dengan demikian, suatu kumpulan seperti ibu-ibu jamaah pengajian juga merupakan salah satu dari contoh sebuah komunitas. Bahkan, umat Islam yang rutin sholat berjamaah selama berbulan-bulan  di satu Masjid tertentu secara menetap juga boleh disebut sebagai bagian komunitas sholat jamaah.





Baca tulisan menarik lainnya:

Gara-gara Muka Miskin

Banjirembun.com - Kemarin pagi, aku ada urusan penting di daerah Jl. Ki Ageng Gribig, Kota Malang. Berhubung satu jalur, akhirnya aku putuskan untuk sekaligus berkunjung ke rumah aku yang kosong (belum dihuni) di Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Tujuan aku ke sana di antaranya yaitu isi token listrik prabayar, bersih-bersih, dan melihat instalasi meteran PDAM yang baru saja dipasang.





Baca tulisan menarik lainnya:

Strategi Busuk Pebisnis dengan Memakai Konsumen "Palsu" pada Jualan Online Maupun Toko Fisik

Banjirembun.com - Pernah lihat toko HP yang sangat ramai pembeli bahkan seolah-olah tampak antre berjubel? Pernah mengetahui tempat kuliner mie dan ada pula gerai es krim yang amat dipenuhi konsumen? Pernah menonton penjual online shop yang sedang jualan secara live mengalami pesanan membludak? Jangan heran atau kaget dulu! Boleh jadi semua itu hanyalah kepalsuan belaka. Maksudnya, apa yang di depan mata belum tentu sesuai hakikatnya.





Baca tulisan menarik lainnya:

Puisi: Keagungan-Mu

Keagungan-Mu

Oleh Jonathan F. Ahmad


Robbii, izinkan hamba menerima rahmat-Mu bertubi-tubi

Bukan sekadar di kehidupan dunia yang sementara ini

Namun pula, saat nanti kematian hamba telah tiba

Sebab, hamba tak ingin sedih dan menderita di alam sana


Sungguh, hamba sekarang ini bersyukur bisa merasakan keagungan-Mu

Sudah puluhan atau malah ratusan yang hamba terima tentang bukti-bukti kekuasaan-Mu

Hamba takut, semua proses yang sedang hamba jalani ini justru menjauhkan hamba dari ridho-Mu

Hamba khawatir, apa-apa yang telah hamba lakukan hanya bernilai rendah dan kecil di hadapan-Mu


Entah, apalagi yang dapat hamba harapkan di dunia maupun akhirat selain mendapat rahmat-Mu

Hamba sadar, diri ini hanyalah manusia yang penuh salah dan dosa

Entah, dengan cara apalagi hamba menghapusnya selain dengan mendambakan ampunan-Mu

Hamba tahu diri, bahwa azab dan hisab sesudah mati merupakan ancaman dahsyat 


Hamba mohon, mudahkan hamba melewati perjalanan saat di akhirat

Mulai dari alam barzah hingga menuju surga Firdaus bersama orang-orang saleh, para kekasih-Mu, serta Nabi Muhammad

Hamba meminta, kelak berada di barisan mereka agar bahagia

Robbii, cukupkan hanya kehidupan dunia ini yang menyiksa hamba






Baca tulisan menarik lainnya:

5 Jebakan Finansial yang Bikin Kaum Muda Menangis Gara-gara Hutang dan Mengalami Rugi

Banjirembun.com - Banyak generasi muda yang sekarang ini menjadi "korban" sehingga terkecoh/terperdaya untuk mengikuti model gaya hidup yang tengah menjadi tren (populer) di media sosial. Bukan cuma itu, di dunia nyata pun mereka juga setali tiga uang alias sama saja. Yakni, ingin unjuk diri dengan cara memiliki atau menguasai sesuatu benda yang "bernilai beda" agar dibilang sebagai kaum berduit.





Baca tulisan menarik lainnya:

5 Bukti Maha Adil Allah SWT, Perbandingan Orang Kafir yang Baik Hati dengan Muslim Mengerjakan Sholat Tapi Jahat

Banjirembun.com - Ada yang mengatakan "Untuk berbuat baik cukup menggunakan hati nurani saja, tanpa perlu melibatkan agama." Terdapat lagi yang lebih ekstrim dengan bilang "Orang yang tidak beragama tapi membantu kaum miskin dan tertindas jauh lebih mulia di sisi Tuhan daripada individu beragama dan beribadah tapi jahat." Kedua logika tersebut secara sekilas tampak benar serta begitu menggiurkan. Namun, tatkala direnungkan mendalam pasti bakal menyadari bahwa nalar yang dibangun sangat cacat.





Baca tulisan menarik lainnya:

Janganlah Seperti Thanos yang Merasa Diri Si Paling Hebat dan Terbenar, Lalu Menganggap Orang Lain Serba Salah

Banjirembun.com - Berhati-hatilah ketika mendapati individu yang merasa paling hebat, kuat, dan berkuasa. Sebab, mungkin saja itu bagian dari indikasi gangguan mental. Lebih detailnya yaitu sebuah masalah kejiwaan yang disebut dengan megalomania. Yakni, suatu delusi/waham tentang kebesaran atau keagungan diri sendiri. Di mana, si pelaku sangat yakin bahwa sesuatu yang sebenarnya keliru atau salah sebagai sebuah kebenaran yang harus dipegang erat.





Baca tulisan menarik lainnya:

Senang Melihat Sesama Muslim Bertengkar Hukumnya Haram dan Berdosa, Apalagi Mengadu Domba di Antara Mereka

Banjirembun.com - Tidak menyukai ada sesama Muslim yang rukun, bersatu, dan saling menolong merupakan ciri pribadi yang berakhlak buruk. Lebih detail, dia punya sifat hasad (iri atau dengki). Setidaknya, kelakuannya merupakan sebuah bentuk ketidaksukaan/kebencian kepada sesama Muslim lantaran dengan bersatunya saudara seislam itu membikin urusan duniawi atau nafsunya jadi terganjal. Baik terhalangi secara langsung maupun dengan tidak langsung.





Baca tulisan menarik lainnya:

Curahan Hati, Gara-gara Judi Slot Online Kehidupan Ibu Rumah Tangga Jadi Hancur Berantakan

Banjirembun.com - Ini bukanlah kisah pribadi yang gue alami sendiri. Melainkan cerita yang berasal dari ibu kandung teman kerja gue di Kota Malang. Di mana, sebenarnya keluarga teman gue itu termasuk golongan ekonomi menengah. Enggak miskin, tetapi juga bukan orang kaya banget. Mereka tinggal di sebuah perubahan cukup ternama. Punya dua mobil dan ukuran rumahnya seluas 100-an meter persegi.





Baca tulisan menarik lainnya:

Kewajiban Bagi Setiap Muslim untuk Berjanji Setia pada Pemimpin Negara, Pemberontakan Adalah Dosa Besar

Banjirembun.com - Hukum mentaati setiap pemimpin adalah kewajiban bagi masing-masing Muslim. Termasuk taat kepada para pemimpin (kampung/desa/kelurahan, distrik/kecamatan, kota/kabupaten, provinsi/wilayah, maupun negara) yang telah berbuat zalim pada dirinya atau keluarganya sekalipun. Tentunya pula, ketika didapati sosok pimpinan tersebut ternyata suku (ras) bukanlah bagian dari mayoritas yang berada di tengah masyarakat, tetaplah wajib mendengar dan taat padanya.





Baca tulisan menarik lainnya:

Terima Kasih, Sudah Mampu Menjadi Pembunuh Rindu Maupun Penakluk Trauma pada Masa Lalu

Banjirembun.com - Nama gue Jonathan. Gue punya kenangan indah dengan seorang cewek di masa sekolah SMA dulu, yang bikin senantiasa rindu untuk dikenang. Di sisi lain, gue juga punya trauma yang tak pantas untuk diceritakan di sini. Gue enggak ingin ghibah atau menceritakan keburukan beberapa orang di tulisan ini. Biarlah itu menjadi aib mereka yang bakal gue simpan sendiri. Sebab, gue punya iman kuat tentang sifat asma Allah Yang Maha Adil.





Baca tulisan menarik lainnya:

Pengertian Syafaat Beserta Ilustrasi Sebagai Contoh, Apakah Orang Biasa Mampu Memberi Syafaat?

Banjirembun.com - Membalas kebaikan seseorang ada banyak caranya. Baik yang terlihat dan dirasakan langsung oleh penerimanya maupun barangkali yang enggak bisa dimanfaatkan olehnya saat hidup di dunia. Maksudnya, membalas kebaikan tidak melulu cuma dilakukan terhadap orang yang masih hidup. Akan tetapi, dapat pula diterapkan pada orang yang sudah meninggal dunia. Jadi, logikanya "Orang mati saja diberi balas budi, apalagi orang yang masih hidup."





Baca tulisan menarik lainnya:

Pentingnya Mengetahui Potensi dan Kelemahan dalam Diri Sebelum Menikah

Banjirembun.com - Kalian belum memikirkan terkait pernikahan? Sebaiknya, jangan sembrono. Apalagi, mengentengkan dengan mengira bahwa alur kehidupan tidak perlu memiliki haluan (pedoman, prinsip, atau garis-garis batas) sebagai pemandu. Menganggap masalah nikah merupakan perkara remeh. Sadarlah, durasi pernikahan umumnya melampaui 60% usia kehidupan. Artinya, ketika meninggal di usia 70 dapat dikalkulasikan umur pernikahannya ialah 42 tahun. Bukan waktu singkat untuk dilalui bersama orang yang dicintai.





Baca tulisan menarik lainnya:

Bukan Sampai Subuh, Hanya Jam Segini Batas Akhir Waktu Sholat Isya'

Banjirembun.com - Selama ini banyak orang yang memahami bahwa sholat isya pada menit-menit terakhir menjelang subuh hukumnya boleh. Bahkan, dianggap lebih afdhol karena bisa dibarengi dengan sholat tahajud, baca al Quran, dan beristighfar. Padahal, sebagian pendapat ulama menghukumi haram secara mutlak lantaran ada landasan hadist dan al Quran yang kuat.





Baca tulisan menarik lainnya:

Kenapa harus Sedekah Uang? Bukankah Senyum dan Sapa Sudah Cukup?

Banjirembun.com - Senyum adalah sedekah. Pernyataan tersebut memang benar. Sebab, sedekah tidak harus memberi berupa harta. Memberi arahan/petunjuk jalan pada orang yang tersesat pun bagian dari sedekah. Artinya, sedekah itu memberi sesuatu kepada orang lain dalam bentuk apapun yang dapat bermanfaat.





Baca tulisan menarik lainnya:

7 Alasan Sebaiknya Tak Perlu Mencari Hikmah di Balik Perintah Ibadah Maupun Musibah yang Menimpa

Banjirembun.com - Ada hikmah di balik musibah. Itulah ungkapan yang sering dilontarkan oleh sebagian umat Islam. Pernyataan tersebut sangatlah benar. Tidak ada yang salah darinya. Sebab, setiap peristiwa yang dialami oleh masing-masing individu dijamin mempunyai alasan mengapa "harus terjadi" serta pasti memiliki akibat/dampak sesudah kejadian. Itulah sunnatullah (ketetapan atau kehendak) Allah Subhanahu wa ta'ala yang juga dapat disebut algoritma takdir.





Baca tulisan menarik lainnya:

Selama Masih Sesama Penikmat Harta Orang Tua Maupun Penerima Subsidi dari Pemerintah, Dilarang Keras Saling Adu Gaya

Banjirembun.com - Orang yang sedang menunjukkan sesuatu (harta, prestasi, popularitas, pasangan menawan, profesi elit, gelar sarjana, atau yang terkait dengannya), belum tentu bisa disebut pamer sehingga bertujuan menyombongkan diri. Sebab, selain rasa sombong (ujub atau takabur) terdapat pula maksud lain kenapa seseorang menunjukkan sesuatu yang dimiliki. Misalnya, untuk personal branding (mengenalkan potensi diri) ataupun bagian dari trik/strategi marketing.





Baca tulisan menarik lainnya:

Bukti Aplikasi Judi Slot Sangat Merugikan Penggunanya, Menginstall Berarti Cari Masalah

Banjirembun.com - Kemenangan sejati penjudi bukanlah saat modal bertaruh bisa kembali sehingga tak rugi, tetapi ketika dia mampu melepaskan diri dari kecanduan berjudi sebelum benar-benar kehilangan lebih besar lagi. Itulah ungkapan "penguatan diri" yang sering disampaikan oleh orang yang anti judi atau malahan bekas pecandu judi. Mereka memahami betul bahwa judi bukanlah jalan tepat untuk mengisi waktu menganggur. Apalagi, bertujuan mencari keuntungan finansial. Begitu pula, mereka tidak terpengaruh adanya iklan-iklan judi online yang merajalela.





Baca tulisan menarik lainnya:

Puisi: Kematian Orang Jahat

Kematian Orang Jahat





Baca tulisan menarik lainnya:

Antara Ibu dan Istri Mana yang Lebih Didahulukan?

Banjirembun.com - Jadilah manusia yang mengerti, memahami, dan perhatian terhadap sesuatu yang berada di sekitar serta yang memiliki hubungan erat di kehidupan masa lalu. Di mana, sifat dan sikap peka (sensitif) tersebut akan mudah dalam menumbuhkan kepedulian pada sesama. Tak cuma itu, juga bakal terdorong untuk membalas budi seseorang yang berjasa dalam meniti kehidupan. Tentunya pula, peduli kepada orang-orang terdekat wajib lebih diutamakan ketimbang pihak lainnya.





Baca tulisan menarik lainnya:

Memahami Wali Jadzab Secara Benar, Kekasih Allah yang Levelnya Sulit Dipahami Manusia Biasa

Banjirembun.com - Wali artinya penolong, pembela, pemimpin, atau teman dekat. Ketika istilah tersebut digabungkan menjadi sebutan Waliyullah (Wali Allah) dapat diartikan sebagai individu yang menolong, membela, ataupun memimpin agama Islam yang punya hubungan kedekatan dengan Allah sampai berstatus menjadi kekasih-Nya. Di mana, status wali yang tingkat takwanya sudah luar biasa memiliki ciri tidak takut pada apapun kecuali kepada-Nya serta tak bersedih hati.





Baca tulisan menarik lainnya:

5 Contoh Candu Positif yang Baik Bagi Kesehatan Mental dan Fisik

Banjirembun.com - Sebelum membahas lebih lanjut, sebaiknya bedakan dulu antara candu dengan kecanduan. Dua istilah tersebut teramat berbeda. Candu adalah segala hal apapun itu baik benda maupun aktivitas yang dirasakan oleh penglihatan, pendengaran, penciuman hidung, perabaan kulit, dan pengecapan lidah yang menyebabkan ketagihan sehingga sulit melepaskan darinya.





Baca tulisan menarik lainnya:

Pengertian Tamak Terhadap Rahmat Allah Subhanahu Wa Ta'ala Beserta Contoh-contohnya

Banjirembun.com - Tamak atau rakus adalah meminta atau berharap agar mampu menguasai sesuatu yang melebihi dari biasanya padahal kondisi yang dimiliki sekarang masih memadai, cukup, pantas, atau layak untuk dimanfaatkan. Dalam bahasa keseharian kata tamak dapat diartikan dengan sifat kemaruk (serakah) akibat merasa tidak puas. Yakni, senantiasa ingin mendapat jumlah banyak dan mendapatkan secara konsisten (berkelanjutan) untuk segala hal yang bikin nikmat. Termasuk pula, mau diprioritaskan memperoleh fasilitas serta layanan.





Baca tulisan menarik lainnya:

Subhanallah, Mungkin Pekerjaan yang Sedang Gisel Jalani Sebagian Memang Jatah Rezeki Orang Tua dan Adik-adik Tercinta

Banjirembun.com - Gisel sangat mengimani tentang kaidah "Kalau sudah rezeki pasti bakal datang walaupun itu faktanya dicegah, dipersulit, atau dihalangi oleh makhluk yang super kuat." Begitu pula meyakini  bahwa "Uang, harta, atau apapun yang sudah dikuasai (berada di tangan) kalau bukan rezeki niscaya bakal pergi dan tak sempat dinikmati karena ditinggal mati." Pendek kata, rezeki bagian takdir yang telah ditetapkan-Nya.





Baca tulisan menarik lainnya:

Makna Ungkapan Bahasa Jawa "Dudu Sanak Dudu Kadang, Yen Mati Melu Kelangan"

Banjirembun.com - Ada sebuah ungkapan dalam bahasa jawa yang penuh makna berupa "Dudu sanak dudu kadang, yen mati melu kelangan." Terdapat pula pernyataan serupa yaitu "duduk sanak duduk kadang, nanging yen mati melu kelangan." Ada juga kalimat yang mirip-mirip "Ora sanak ora kadang, yen mati melu kelangan." Di mana, kata dudu atau duduk/uduk berarti bukan. Sedang, kata ora punya arti tidak. Adapun, selipan kata nanging di tengah kalimat artinya tetapi.





Baca tulisan menarik lainnya:

Alasan Mengacungkan Jari Tengah Disebut sebagai Perbuatan Tabu

Banjirembun.com - Dalam bersosialisasi, lebih spesifiknya berkomunikasi, tak segampang yang dikira. Sebab, terkadang sesuatu hal yang dilakukan dapat menimbulkan penafsiran yang berbeda oleh para penerima (yang melihat, mendengar, dan menyentuh). Bahkan, sudah bersikap diam dan berupaya tak "memunculkan" sesuatu yang berasal dari diri sendiri secara mencolok pun dapat dimaknai negatif oleh orang tertentu.




Baca tulisan menarik lainnya:

Fungsi Shuttle Bus Bagi Karyawan pada Pabrik atau Perusahaan

Banjirembun.com - Shuttle bus adalah kendaraan minibus berukuran lebih kecil dari umumnya yang difungsikan untuk antar-jemput dengan kapasitas penumpang sekitar 5 hingga 20 orang dan jarak tempuh yang terbatas. Umumnya, shutle bus dimanfaatkan untuk menunjang fasilitas maupun pelayanan komersial. Artinya, biaya tiket naik shuttle bus sudah termasuk (dijadikan satu) dengan harga utama yang dibayar.





Baca tulisan menarik lainnya:

Umur Hidup 12 Hewan yang Sering Berkeliaran di Rumah

Banjirembun.com - Setiap yang bernyawa pasti mati. Hal tersebut sudah merupakan fitrah bagi seluruh makhluk hidup. Tentunya, tak terkecuali hewan yang pasti pula memiliki masa akhir umur yang berujung pada kematian. Namun, antara satu jenis binatang dengan spesies lainnya jangka hidupnya berbeda-beda. Ada yang singkat, tapi ada pula yang panjang. Sebab, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya.





Baca tulisan menarik lainnya:

5 Kelakuan Negatif Lulusan S3 yang Bergelar Doktor, Sungguh Tak Layak Dilakukan oleh Orang Berilmu Tinggi

Banjirembun.com - Gelar yang tinggi belum tentu selaras dengan ilmu yang dimiliki, diimbuhi lagi "belum tentu" sesuai dengan akhlak (kelakuan) buruk yang sudah terlanjur jadi kebiasaan sedari muda. Pernyataan itu juga berlaku bagi sarjana lulusan S3. Banyak alasan kenapa hal itu bisa terjadi. Salah satunya, setelah lulus kuliah mereka berhenti mengais dan mendalami ilmu. Jangankan sekadar membaca buku, melakukan pengembangan ilmu pengetahuan pun tidak dilakukan. Kecuali, dibiayai negara ataupun kampus baru mau bertindak.





Baca tulisan menarik lainnya:

Jika Lemah dalam Lisan (Bicara) Maka Setidaknya Tak Boleh Menyerah dalam Tulisan (Menulis)

Banjirembun.com - Sejumlah agama besar bisa bertahan sampai sekarang gara-gara terdapat tulisan yang dikultuskan. Tidak lain dan tak bukan yaitu Kitab Suci. Terbukti, banyak agama alias kepercayaan yang dipeluk oleh manusia terdahulu telah punah atau lenyap dari muka bumi "gara-gara" nilai-nilai ajarannya tak ditulis. Cuma mengandalkan lisan dan hafalan dalam menyampaikan "pesan" (wahyu) yang dijadikan pedoman hidup mereka.





Baca tulisan menarik lainnya:

Cara Memperbaiki Related Post atau Artikel Terkait Tidak Muncul di Blog, Berikut Dampak Buruknya

Banjirembun.com - Related post atau artikel terkait adalah jajaran tautan alias link yang terkumpul dalam satu kolom atau bagan tertentu yang satu sama lain masih terdapat hubungan berkesinambungan baik dari segi topik, label, maupun jenis kesamaan lainnya. Di mana, artikel terkait sangatlah penting diterapkan pada blog, salah satunya untuk memudahkan pembaca yang ingin mendalami/menelusuri tema tulisan terkait yang sedang dipelajari secara utuh.





Baca tulisan menarik lainnya:

Ya Allah, Amal Apalagi yang Hamba Punya Ketika yang Tersembunyi Pun Engkau Tampakkan Kembali

Banjirembun.com - Dulu saya pernah melakukan perbuatan yang sebenarnya berkategori biasa saja. Bukan perilaku yang sulit maupun membebani untuk diterapkan. Apalagi, umumnya orang lain juga kerap melakukan. Yakni, berupa menjenguk teman sakit di pusat kesehatan yang pada waktu itu merupakan sebuah klinik. Tepatnya bernama Klinik Rawat Inap Jimbun Medika di Kabupaten Kediri.





Baca tulisan menarik lainnya:

Apakah Ada Muslim yang dalam Waktu 24 Jam Mampu Tak Berbuat Dosa Sama Sekali?

Banjirembun.com - Siapa sih manusia di muka bumi ini yang tidak pernah melakukan dosa? Siapa sih insan di kehidupan dunia ini 100% dijamin setiap hari senantiasa beramal saleh? Jawabannya, tentu itu tidak ada. Sebab, ingin berperilaku sebaik serta sesuci apapun manusia, pasti ternodai oleh nafsu dan bisikan setan. Bagaimanapun, manusia adalah tempatnya salah dan dosa.





Baca tulisan menarik lainnya:

Cerita Pribadi di Masa Lalu, Saya Pernah Duduk Satu Meja Berhadap-hadapan dengan Wakil Bupati Trenggalek Sambil Menghitung Uang Bersama

Banjirembun.com - Ini adalah kisah nyata tentang masa lalu saya saat bocil (usia kisaran 10-an tahun), yang entah kapan tepatnya saya lupa. Namun, yang teringat waktu itu lokasinya di rumah nenek (ibu kandung dari ibu saya). Di ruang tengah kediaman beliau. Di mana, kala itu ada acara tahlilan (kirim doa secara massal) kepada salah satu keluarga yang telah meninggal dunia. Di sana, ada 3 bangunan rumah terpisah tapi berdekatan serta masih satu keluarga.





Baca tulisan menarik lainnya:

Filosofi Dua Ungkapan Bahasa Jawa "Tansah Eling Lan Waspodo" dan "Sing Ati-ati Momong Jiwo Rogo"

Banjirembun.com - Galau, sedih, ragu, gelisah, khawatir, cemas, takut, curiga, was-was, pesimis, hingga terburu-buru merupakan sebagian dari ciri orang yang kehilangan "kesadaran" dan pengendalian diri. Maksudnya, barangkali disebabkan pikirannya sedang kosong tanpa dipegang alias dikendalikan, terutama tatkala kondisinya sedang menganggur sendirian. Di mana, keadaan tersebut berkaitan erat dengan dua ungkapan bijak bahasa jawa yaitu "Tansah eling lan waspodo" dan "Sing ati-ati momong jiwo rogo."





Baca tulisan menarik lainnya:

Lebih Baik Dibegitukan Daripada Membegitukan, Sebuah Renungan Agar Tak Menyesali Keputusan

Banjirembun.com - Lebih baik dibohongi daripada membohongi. Lebih baik ditipu daripada menipu. Lebih baik dicurangi ketimbang mencurangi. Lebih baik difitnah ketimbang memfitnah. Lebih baik dikhianati ketimbang mengkhianati. Intinya, lebih baik dizalimi daripada menzalimi. Lebih enak lagi, memang tidak menzalimi maupun dizalimi. Pilihan yang terakhir itulah harapan setiap orang, yang mendamba kehidupan ini senantiasa baik-baik saja tanpa "dibumbui" masalah/musibah.





Baca tulisan menarik lainnya:

Gue Hanya Ingin Melihat Kalian Tersenyum Bahagia, Biarlah Gue yang Menanggung Semua ini, Kalian Teruslah Hidup yang Panjang

Banjirembun.com - Garis takdir setiap insan sangat berbeda. Walau secara umum tampak mirip, nyatanya sejatinya tak sama. Bahkan, dari satu sudut pandang tertentu justru berbanding terbalik. Misalnya, dua orang yang sama-sama bekerja sebagai dosen tetapi ternyata di balik itu terdapat sisi gelapnya. Bukan cuma tentang "aktivitas" lain di balik profesi tersebut, tetapi juga bahagia atau tidak dalam menjalaninya? Sebab, bagi gue kebahagiaan (ketenangan dan kedamaian) itu sungguh penting!





Baca tulisan menarik lainnya:

Berdasarkan Kisah Nyata Pribadi, Contoh Sikap Manusia yang Tak Tahu Diri dan Tak Tahu Balas Budi

Banjirembun.com - Pernah punya teman yang sudah terlanjur dipercayai dan dianggap peduli tapi nyatanya berkhianat? Contohnya saat memang benar-benar dibutuhkan guna membantu dalam menuntaskan masalah, ternyata sikapnya sungguh mengecewakan. Jangankan memberi senyum ataupun kata-kata motivasi sebagai bentuk dukungan moral, justru sikapnya sadis/psikopat sembari balik badan seolah kami merupakan musuh yang sedang bersitegang saling serang.





Baca tulisan menarik lainnya:

Arti Rahmat Allah, Contoh-contoh, dan Cara Meraihnya

Banjirembun.com - Rahmat artinya kasih sayang. Secara detail, rahmat Allah adalah segala sesuatu yang mencakup seluruh nama-Nya yang mulia dan penuh kebaikan. Di antara contoh rahmat Allah meliputi ampunan, ridho, anugerah, melipatgandakan pahala, taufiq (tuntunan), hidayah (petunjuk), pertolongan, hikmah, ilmu, dan semacamnya. Sebaliknya, murka atau azab Allah ialah semua hal yang terkait dengan sifat nama-Nya yang menakutkan dan mengerikan. Tentu, sifat marah dan keras Allah tersebut berbeda dengan yang terdapat di makhluk-Nya.





Baca tulisan menarik lainnya:

Pahami Misteri Tentang Hutang, Agar Pola dan Cara Kerjanya Mampu Ditebak

Banjirembun.com - Ada sebuah pernyataan konyol "Hutangmu adalah semangatmu!" Sungguh kalimat seperti itu teramat naif. Sebab, kalau memang ingin cari penyemangat kenapa harus berhutang? Bukankah masih terdapat sejumlah cara lain guna menyemangati diri sendiri supaya giat dan tetap serius bekerja keras? Apalagi, ditemukan beberapa orang yang sudah berhutang walau kelihatannya bahagia tetapi ternyata hatinya sangat rapuh. Lebih lemah serta rentan patah ketimbang ranting kering.





Baca tulisan menarik lainnya:

Keuntungan Tinggal di Kawasan Perumahan Dijaga Satpam

Banjirembun.com - Kawasan perumahan "tertutup" atau biasa disebut kompleks, umumnya terdapat gardu alias pos pengamanan. Baik itu di sisi depan/gerbang, tengah (jalan poros), maupun pinggirannya. Sayangnya, harus diakui bahwa keberadaan pos jaga di lingkungan tersebut belum tentu ditempati penjaga atau satpam (satuan pengamanan). Terutama saat siang hari.





Baca tulisan menarik lainnya:

5 Perbedaan Antara Orang Kaya Vs Miskin, Sama Berpura-pura Tapi Beda Hasilnya

Banjirembun.com - Perbedaan antara orang kaya versus miskin sangatlah ironis. Diakui atau tidak, menjadi orang kaya merupakan suatu kelebihan tersendiri dibandingkan jadi manusia yang miskin harta. Bahkan, walau sikap si miskin itu tak serakah (misal enggak oportunis sehingga enggan mendapat bantuan serta ogah bersikap murahan/gampangan dalam menerima pemberian) sekalipun masih kerap diremehkan. Apalagi, tatkala mereka begitu antusias membuka tangan guna dikasih sesuatu, tentu jauh lebih tampak mengenaskan bukan?





Baca tulisan menarik lainnya:

Hati-hati Non Muslim Pembenci Islam Berkedok Ateis, Aslinya Penganut Agama yang Radikal

Banjirembun.com - Ada banyak cara yang dilakukan oleh sebagian golongan non Muslim pembenci Islam untuk melampiaskan nafsu agresif dan radikal di dalam otaknya. Salah satu contohnya, mereka sebenarnya menganut agama tertentu serta berkeyakinan agamanya yang paling benar (paling berhak untuk eksis berkembang di Indonesia), tetapi nyatanya di media sosial mengaku ateis demi menutupi kedoknya. Barangkali, terdapat rasa takut di dalam dada ketika jujur bahwa sejatinya mereka non Muslim yang menganut agamanya secara taat.





Baca tulisan menarik lainnya:

Puisi: Kematianku

Kematianku





Baca tulisan menarik lainnya:

Berbuat Dosa Besar Maupun Kecil Memang Tak Baik, Tapi...

Banjirembun.com - Dosa seperti apapun "ukuran" dan jenisnya, dilarang keras untuk mengabaikan alias tak peduli padanya. Begitu pula, di dalam hati sendiri enggak boleh menghindari/menampik dosa-dosa yang telah dilakukan demi sanggup meyakinkan diri amat layak menjadi bagian dari manusia bersih tanpa dosa. Padahal, mau bertingkah sesuci dan sebersih bagaimanapun, setiap insan pasti tak lepas dari dosa. Entah dosa kecil atau dosa besar, semua pernah melakukan.





Baca tulisan menarik lainnya:

7 Akibat Buruk Memilih Online "Tak Jelas" saat Lagi Galau dan Pikiran Sedang Kosong

Banjirembun.com - Jangan biarkan pikiran kosong tanpa dipegang alias dikendalikan saat kondisi tengah menganggur sendirian. Kalimat tersebut merupakan sebuah nasihat yang sering disampaikan oleh orang sepuh zaman dahulu. Di mana, salah satu tujuan seseorang mengingatkan seperti itu agar pikiran tetap "terjaga" dan "sadar" secara penuh tiada "teralihkan" sehingga lalai. Lebih dari itu, supaya sanggup terus konsisten stabil mempertahankan kewarasan (kesehatan mental).





Baca tulisan menarik lainnya:

Kisah Nyata, Karyawan Toko Bermental Babu Dikerjain oleh Orang yang Dikira Miskin

Banjirembun.com - Ini merupakan kisah nyata yang terjadi beberapa waktu tahun yang lalu. Akan tetapi sebagai bentuk kejujuran, sebenarnya terdapat tambahan atau pengurangan sedikit demi mendramatisir alur cerita. Hal tersebut dilakukan agar cerita yang disampaikan jauh makin greget serta berkesan mendalam. Yakni, sebuah cerita tentang orang yang berpenampilan sederhana sehingga dikira oleh pelayan toko sebagai kaum miskin. Alhasil, dianggap enggak mampu beli barang dagangan pada toko yang dijaganya.





Baca tulisan menarik lainnya:

Nak, Sebaiknya Kamu Tetap Pura-pura Miskin, Biarlah Diremehkan dan Disepelekan yang Penting Iman Masih Aman

Banjirembun.com - Tampil kaya tampak bergelimang harta dan memakai barang-barang mewah merupakan keinginan banyak orang. Bahkan, bukan hanya dilakukan oleh orang berduit alias hartawan kelas menengah ke atas. Melainkan pula, menjadi angan-angan bagi kalangan yang memiliki dana terbatas. Parahnya, kalau perlu agar demi mampu pamer menjalani hidup hedon bakal nekat melakukan cara instan. Misalnya menipu, menjual diri, korupsi, memeras, atau berhutang.





Baca tulisan menarik lainnya:

Tiga Bentuk Putus Asa Umat Islam kepada Allah SWT yang Sangat Berbahaya, Bisa Mengancam Keimanan

Banjirembun.com - Putus asa adalah hilangnya harapan maupun merasa gagal atas upaya yang telah diterapkan sehingga berakibat kecewa, merajuk, murung, dan cuek. Menganggap apa yang diikhtiarkan tiada guna. Dengan demikian, orang yang sudah kehilangan optimisme sebelum berusaha melakukan sesuatu dengan perbuatan nyata bukan disebut putus asa. Akan tetapi, lebih cocok pesimis alias menyerah sebelum dicoba terlebih dahulu.





Baca tulisan menarik lainnya:

Curahan Hati, 7 Alasan Gisel Enggan Menyapa Tetangga

Banjirembun.com - Saling sapa merupakan salah satu ciri khas bentuk interaksi sosial dari mayoritas kalangan budaya timur. Baik itu saat berjalan kaki, naik sepeda motor, maupun berkendara mobil. Bahkan, kadang tatkala memungkinkan pun rela berhenti dulu sembari berjabat tangan disertai basa-basi sebentar. Intinya, saling menyapa mampu membuahkan rasa kepuasan serta kebanggaan tersendiri bagi pelakunya.





Baca tulisan menarik lainnya:

Cara Sederhana Agar Doa Kepada Allah SWT Dikabulkan dan Membawa Berkah

Banjirembun.com - Sebagian umat Islam mengatakan bahwa doa merupakan bagian dari zikir (mengingat Allah Subhanahu wa ta'ala dengan cara memuji-mujinya). Sebab, tingkatan ihsannya telah mencapai puncak. Di mana, interaksi tersebut bukan sekadar komunikasi "satu arah" dengan Allah. Melainkan dua arah. Yakni, beribadah (zikir termasuk ibadah) kepada Allah seakan-akan ia bisa melihat-Nya dan ditambahi beribadah pada-Nya seolah-olah Dia melihat dirinya berbuat amal saleh. Artinya, selain merasa dilihat-Nya ternyata seorang hamba juga sekaligus merasa melihat-Nya.





Baca tulisan menarik lainnya:

Arti Melampaui Batas Serta Contoh Individu Maupun Kaum yang Telah Menzalimi Diri Sendiri dalam Sejarah Islam

Banjirembun - Melampaui batas adalah perbuatan yang berlebih-lebihan dalam berperilaku maupun mengatakan sesuatu yang di luar kewajaran, keumuman, kenormalan, kepantasan, kewenangan, atau kesopanan. Di mana, dalam konteks ajaran Islam suatu hal yang melampaui batas sesungguhnya tidak disukai oleh Allah Subhanahu wa ta'ala. Apalagi, tatkala perilaku buruk tersebut telah menzalimi makhluk-makhluk lain di muka bumi.





Baca tulisan menarik lainnya:

7 Tujuan Seseorang Menyindir Melalui Lisan Maupun Tulisan di Media Sosial

Banjirembun.com - Menyindir adalah perbuatan mengejek, menyinggung, meledek, atau merendahkan pihak tertentu secara halus (samar-samar) tanpa memakai ungkapan kasar sehingga tak berisiko timbul konflik secara terbuka. Saking berhati-hatinya dalam memilih kata, kadang justru sulit dipahami oleh orang yang mendengar ataupun membaca kalimat sindiran tersebut. Barulah ketika dilakukan berkali-kali, orang yang disindir mampu merasakan hantaman telak.





Baca tulisan menarik lainnya:

7 Alasan Orang Kaya Enggan Menunjukkan Harta Benda Secara Vulgar

Banjirembun.com - Kenapa orang kaya tampil sederhana? Itulah sebuah pertanyaan yang sebetulnya bisa dibilang aneh. Alasannya, emangnya kenapa kalau miliarder pilih menjalani hidup sehari-hari dengan sederhana? Kalau kesederhanaan membuat dia bahagia serta tuntutan pekerjaan enggak mengharuskannya untuk tampil kaya, lalu buat apa menunjukkan harta benda secara vulgar? Beda lagi cerita, tatkala dengan unjuk kekayaan diri justru mampu menunjang karir profesi supaya bikin tambah kaya dan bermanfaat bagi perkembangan diri.





Baca tulisan menarik lainnya:

7 Ciri Seseorang Ingin Menunjukkan Kekayaan Diri

Banjirembun.com - Mohon bedakan antara perilaku pamer dengan tindakan unjuk diri secara positif. Walau di "kulit" tampak sama, tapi hakikatnya memiliki maksud berbeda. Sebab, pamer merupakan bentuk unjuk diri yang berkonotasi negatif. Adapun unjuk diri yang positif contohnya meliputi aktualisasi (menyalurkan bakat, hobi, atau kemampuan), mencari "perhatian" demi diakui/diterima sehingga bisa masuk di lingkaran orang-orang yang potensial, serta guna menerapkan personal branding (bertujuan mengenalkan diri).





Baca tulisan menarik lainnya:

Emang Parah Banget Pengalaman Pribadi ini! Utang Ngotot, Bayarnya Alot, Ditagih Melotot, dan Dibiarin Nyolot

Banjirembun.com - Inilah alasan kenapa gue memutuskan untuk pilih-pilih teman. Biarlah disebut sok elit lantaran ogah bergaul dengan orang yang punya tipe kepribadian atau karakter tertentu. Toh, tubuh dan akal pikiran ini milik gue. Di mana, tentunya gue sendiri yang kasih makan dan memberi hiburan jiwa tanpa perlu dihutangi atau dibiayai siapapun, kecuali orang tua tersayang. Mau gue arahkan ke mana itu urusan gue. Terpenting, enggak melanggar aturan agama serta hukum negara.





Baca tulisan menarik lainnya:

Introvert Belum Tentu Tergolong Ansos Alias Anti Sosial, Justru Ekstrovert Makin Berpeluang Lebih Ganas

Banjirembun.com - Sebelum bicara lebih detail, perlu ditekankan dulu bahwa di kehidupan ini bukan selalu hanya terdapat "pemisahan" antara hitam dengan putih. Masih ada peluang lain yaitu berupa abu-abu ataupun warna lainnya. Begitu pula, kepribadian manusia enggak boleh cuma "dibelah" secara kaku menjadi dua seperti introvert dan ekstrovert. Sebab, masih ada kemungkinan lain yang disebut ambivert.





Baca tulisan menarik lainnya:

Saran untuk Mas Rifqi, Carilah Teman yang Setara Lalu Abaikan Orang yang Levelnya di Bawah Panjenengan

Banjirembun.com - Mas Rifqi, Panjenengan (Anda) sebenarnya punya potensi luar biasa. Bukan hanya tentang hasil pemikiran yang telah Mas Rifqi tulis dalam beberapa buku yang sudah tersebar ke berbagai penjuru Nusantara, karya ilmiah yang bernilai akademis tinggi, situs website pribadi (blog), hingga di media massa resmi yang terkenal. Akan tetapi, segera sadarlah bahwa Panjenengan menurut pengamatanku kelak berpotensi bisa mencapai kelas ekonomi level atas dan bergaul dengan orang-orang yang pantas. Aku berharap semoga Mas Rifqi nanti menemukan tempat hidup yang sesuai dengan karakter Panjenengan.





Baca tulisan menarik lainnya:

Nak, Kematianmu Adalah Hal Pasti, Lantas Kenapa Kamu Berangan-angan Punya Umur Panjang?

Banjirembun.com - Obsesi dan ambisi merupakan salah satu ciri dari sifat yang diakibatkan oleh lupa tentang datangnya kematian. Sebab, orang yang ingat mati pasti tak berlebihan dalam berangan-angan ataupun berharap banyak tentang seperti apa masa depan nanti. Bahkan, berandai-andai bakal punya umur panjang pun tak berani.





Baca tulisan menarik lainnya:

Curhat Pribadi, Alasan Enggak Betah Tinggal di Rumah

Banjirembun.com - Rumahmu adalah surgamu. Itulah ungkapan yang kerap disampaikan oleh orang-orang yang punya rumah di lokasi layak huni (punya tetangga baik, suasana tenang, serta fasilitas memadai) yang di dalamnya berisi keluarga kompak nan harmonis. Namun, bagi sebagian pihak lain sebuah rumah justru ibarat neraka. Bukan cuma menyiksa secara batin tetapi pula fisiknya yang disebabkan kondisi hunian yang gerah, sempit, maupun bentuk keterbatasan lain.





Baca tulisan menarik lainnya:

Arti Peribahasa dalam Bahasa Jawa "Ora Usah Duwur Pokok Iyup, Ora Usah Kesuwur Pokok Guyub"

Banjirembun.com - Tulisan ini aku persembahan untuk Mas Rifqi Amin. Semoga goresan kecil ini bermanfaat untuk beliau. Setidak-tidaknya, bisa menjadi bahan renungan dan motivasi agar senantiasa mengembangkan diri menjadi manusia bermanfaat. Sebab, berdasarkan dari tulisan-tulisan beliau (terutama dua buku karya beliau sendiri) serta hasil pengamatanku, sebenarnya Mas Rifqi punya potensi istimewa. Sayangnya, barangkali masih ada sesuatu yang "menutupi."





Baca tulisan menarik lainnya:

Nak, Penyesalanmu Cukup di Dunia Saja, Jangan Sampai di Akhirat Merana Tanpa Kesempatan Kedua

Banjirembun.com - Kehidupan dunia dipenuhi rasa kecewa, merana, sedih, menyesal, dongkol, jengkel, penuh penasaran, gelisah, serta terdapat banyak lagi. Namanya juga kehidupan fana sekaligus "terbatas," sudah amat wajar tatkala kondisinya seperti itu. Namun, semuanya yang disebutkan masih sangat relatif dan subjektif. Ada kemungkinan perbedaan lantaran tergantung pada siapa pelakunya, kapan terjadi, sampai di mana lokasinya. Artinya, semua itu bersifat tidak mutlak sehingga berpeluang bisa berubah-ubah.





Baca tulisan menarik lainnya:

Awas! Cegah Diri untuk Makan dan Minum Sembarangan, Agar Tak Dicekoki Obat Perangsang Birahi

Banjirembun.com - Modus manusia laknat untuk memuaskan nafsu birahi banyak sekali akalnya. Baik itu melalui pendekatan komunikasi yang memikat, menggunakan iming-iming tertentu, hingga pakai obat perangsang. Korbannya, bukan melulu harus cewek. Bahkan, cowok yang baik-baik serta polos pun bisa dicekoki obat perangsang agar melakukan pencabulan dan permesuman untuk direkam, lantas disalahgunakan.





Baca tulisan menarik lainnya:

Bukti Kemalangan Pecandu Judi Slot Online, Menjadi Domba Ternak yang Setiap Saat Bisa Dijagal

Banjirembun.com - Sungguh teramat di luar nalar tatkala terdapat orang yang jadi pecandu judi slot online. Kenapa sih seseorang bisa kecanduan judi slot online? Mirisnya, rata-rata pecandu judi macam itu merupakan kalangan kelas ekonomi menengah ke bawah. Kalaupun, nyatanya orang kaya raya ikut menjudi, itu hanya segelintir. Parahnya, sebagian mereka hanya jadi tukang promosi (pemancing/provokator) yang serta-merta mengatakan diri telah berhasil menang berjudi.





Baca tulisan menarik lainnya:

7 Ciri Kehidupan Sedang dalam Keadaan Tak Baik-baik Saja, Kondisi Mental Jauh dari Rasa Tenang dan Damai

Banjirembun.com - Ketenangan dan kedamaian merupakan salah satu kunci utama dalam memperoleh bahagia. Di mana, kebahagiaan tentu berbeda dengan bergembira ataupun bersenang-senang. Sebab, orang yang foya-foya pun sejatinya belum tentu jiwa dan hati sedang dalam kondisi baik-baik saja. Boleh dibilang, mendapatkan rasa tenang dan damai sangatlah sulit ketimbang mencari nafkah untuk makan maupun menabung uang.





Baca tulisan menarik lainnya:

Coretan Kecil di CFD Kota Malang, Tak Disangka Bisa Seterkenal ini

Banjirembun.com - Cerita gue hari ini masih nyambung dengan kisah gue pada CFD (Car Free Day) Kota Malang di pekan kemarin (tapi bukan bagian kelanjutannya). Yakni, salah satunya tentang cewek yang pamer mobil. Nah, kini ternyata juga sama saja. Tetap ada yang pamer mobil. Namun, orang yang melakukan beda serta cara "menunjukkan" diri punya roda empat ke gue jauh lebih vulgar. Orangnya berpawakan dewasa awal (tergolong muda). Jadi, bukan lagi disebut bocil (bocah cilik) seperti hari Ahad yang lalu.





Baca tulisan menarik lainnya:

Tujuh Alasan Kenapa harus Pasang Bendera Merah Putih saat Bulan Agustus

Banjirembun.com - Apa manfaat memasang bendera merah putih? Itulah barangkali pertanyaan yang diajukan oleh para anak kecil alias bocil (bocah cilik). Setidaknya, diajukan oleh sebagian masyarakat yang baru sadar atau ngeh tentang fungsi pengibaran bendera di depan rumah. Soalnya, selama ini mereka cuma ikut-ikutan mengibarkan bendera tanpa tahu maksud, makna, dan nilai pentingnya.





Baca tulisan menarik lainnya:

Curhat Pribadi, Alasan Enggak Betah Berlama-lama Kerja di Sini

Banjirembun.com - Gue kerja untuk apa sih? Itulah yang selama ini menjadi pertanyaan dalam benak gue? Kalau untuk cari uang, sebenarnya gue masih punya tabungan yang terbilang cukup banyak. Sekiranya untuk cari pengalaman, sebetulnya gue sudah banyak memiliki pengalaman kerja. Hampir seluruh berbagai jenis profesi pekerjaan telah gue coba, mulai dari tukang pel (office girl) hingga asisten manajer pun juga pernah.





Baca tulisan menarik lainnya:

Rasulullah Saja Roda Kehidupan Beliau Senantiasa Berputar, Kok Sekarang Ada Umat Islam yang Ingin Terus Berada di Atas

Banjirembun.com - Roda kehidupan selalu berputar. Kadang di atas, kadang di bawah. Fenomena yang bersifat ajek alias rutin terkait fluktuasi (ketidakpastian atau ketidaktetapan) kehidupan tersebut merupakan alur mutlak yang dilalui oleh setiap insan di dunia fana ini. Mustahil terdapat orang yang mampu menghindari. Di mana, sebaik-baik nasib sedang terjatuh ialah saat dalam kondisi turun tersebut tidak diketahui banyak orang sehingga masih bisa percaya diri tanpa rasa malu apalagi bersalah diri.





Baca tulisan menarik lainnya:

3 Tujuan "Kuda Troya" Disusupkan ke Internal Lawan Politik

Banjirembun.com - Kuda troya adalah patung kuda berukuran besar terbuat dari kayu yang di dalamnya secara rahasia disisipkan para prajurit terbaik sebagai tipu daya, dengan strategi membiarkan patung itu dirampas oleh lawan saat perang agar bisa dimasukkan ke dalam benteng pertahanan musuh. Taktik kuda troya merupakan sebuah kisah dari yunani kuno di sekitar abad 13 sebelum masehi yang masih diperdebatkan faktanya (benar terjadi atau cuma mitos).





Baca tulisan menarik lainnya:

Tipe Tetangga yang Bikin Mati Muda karena Susah Tidur dan Enggak Betah Tinggal di Rumah

Banjirembun.com - Judul yang Gisel tulis mungkin tampak berlebihan, lantaran disertai "ancaman" bakal mati di usia muda kalau memiliki tipe tetangga dengan karakter tertentu. Sebenarnya, menurut Gisel risiko tersebut wajar sih. Terutama saat tetangga itu senantiasa (tiap hari) bikin susah tidur nyenyak dan membuat resah, berakibat tidak betah tinggal di rumah.





Baca tulisan menarik lainnya:

Perbedaan dan Persamaan antara Subhanallah dengan Masyaallah, Inilah Kondisi Tepat saat Mengucapkannya

Banjirembun.com - Selama ini masih ada orang yang belum betul-betul memperhatikan untuk memilah, membedakan, atau memisahkan antara istilah subhanallah dengan masyaallah. Mengira bahwa keduanya memiliki makna tak jauh beda sehingga bisa diterapkan untuk situasi, masalah, ataupun keadaan yang sama.





Baca tulisan menarik lainnya:

5 Alasan Penting Kenapa Sebaiknya Langsung Menyedekahi Anak Kecil Ketimbang Diberikan Melalui Orang Tuanya

Banjirembun.com - Bagi yang merasa berat untuk bersedekah uang ataupun barang kepada sesama insan, sebaiknya dimulai dulu dengan membiasakan diri mengeluarkan duit dengan nominal sedikit. Di mana, perlu diperjelas barangkali sudah terbiasa mengeluarkan lembaran rupiah ke kotak amal Masjid. Namun, nyatanya untuk berderma kepada manusia teramat sungguh begitu berat.





Baca tulisan menarik lainnya:

Drama Bertetangga serta Tinggal di Perumahan Bersubsidi

Banjirembun.com - Rumah subsidi harganya memang murah, lantaran memperoleh bantuan keringanan dari pemerintah. Baik itu dalam bentuk potongan uang muka alias DP maupun bunga KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) yang bersifat tetap sehingga enggak naik-turun (floating). Intinya, rumah subsidi diperuntukan untuk MBR atau Masyarakat Berpenghasilan Rendah.





Baca tulisan menarik lainnya:

3 Ciri Suatu Daerah Pantas Disebut Kota Maju, Negara Barat pun Belum Tentu Mampu

Banjirembun.com - Tolok ukur sebuah kota dikatakan maju atau enggak, bukan semata-mata ditentukan oleh aspek pembangunan fisik yang pesat. Lebih dari itu, ternyata aspek karakter (mentalitas, kepribadian, kebiasaan, komitmen, hingga totalitas dalam produktivitas) penduduknya juga sangat berperan penting dalam membangun peradaban daerah yang maju.





Baca tulisan menarik lainnya:

Sebab-sebab Tinggal di Perumahan Subsidi Berisiko Besar Konflik dengan Tetangga

Banjirembun.com - Maksud hati, mau tinggal di area perumahan (walau kelas subsidi) supaya bisa fokus me time secara total. Demi gampang dalam menikmati sisa waktu yang ada untuk kesendirian di rumah saja. Dengan itu, harapannya diri sendiri mampu fokus mengembangkan potensi saat berada di dalam rumah. Misalnya, membaca dan menonton video bermanfaat di YouTube maupun medsos lainnya.





Baca tulisan menarik lainnya:

Curhat Hari ini CFD Kota Malang, Dipamerin Mobil oleh Cewek Chinese

Banjirembun.com - Nama gue Jonathan. Maaf, tak perlu gue kenalin lagi secara detail tentang seluk beluk lainnya. Kalau ingin tahu gue, silakan baca tulisan curhatan gue sebelumnya, yang merupakan bagian tak terpisah dengan tulisan sekarang (bukan kelanjutan tapi masih nyambung dengan cerita gue hari ini). Di mana, isinya juga tentang kisah gue berinteraksi memakai tatapan mata dengan sejumlah cewek Chinese di CFD (Car Free Day) tanpa disertai ucapan sepatah kata pun.





Baca tulisan menarik lainnya:

3 Alasan Eksternal Mengapa Penghasilan Konten Kreator di Platform Google Adsense Menurun Drastis

Banjirembun.com - Mayoritas konten kreator di bawah naungan Google Adsense tak lama ini telah mengeluhkan penurunan drastis terkait pendapatan uang mereka. Enggak seperti masa dulu, dengan durasi dan kualitas video yang sama maupun panjang dan kualitas tulisan yang sama, para konten kreator mampu meraup duit dalam jumlah gede. Kini, untuk meraih angka tersebut para konten kreator mesti melakukan tindakan lebih. Baik dari segi menambah kuantitas ataupun kualitas konten.





Baca tulisan menarik lainnya:

9 Lokasi yang Tak Berubah dari Zaman Rasulullah hingga Masa Sekarang

Banjirembun.com - Banyak hal yang masih terkait apa pun di zaman Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam yang tetap terjaga keasliannya alias tak mengalami perubahan hingga masa sekarang. Bahkan, tingkat kesamaannya tidak bisa diragukan lantaran dijaga oleh umat Islam dari zaman Nabi Muhammad sampai era modern ini.





Baca tulisan menarik lainnya:

Program Sedekah Minyak Jelantah, Menjadi Manusia Bermanfaat secara Sederhana tetapi Penuh Berkah

Banjirembun.com - Agar bisa menjadi bagian dari golongan manusia bermanfaat bagi sesama, sesungguhnya enggak perlu bersusah payah. Tak usah pusing, ribet, ataupun mesti memperdalam ilmu sosial/keagamaan terlebih dulu. Intinya, syarat utama mengabdi kepada masyarakat ialah kemauan kuat dan komitmen serius. Artinya, dibutuhkan sebuah loyalitas maupun totalitas saat menggerakkan diri untuk ikut berperan serta membangun peradaban bersama.





Baca tulisan menarik lainnya:

Takdir Milik Allah SWT, Begitu Pula Doa dan Usaha dari Manusia juga Merupakan Punya-Nya

Banjirembun.com - Menurut kacamata manusia, tidak ada kepastian dalam kehidupan ini, termasuk terkait hasil dari suatu doa dan usaha yang dikerjakan. Namun, sejatinya semua hal tentang apapun itu tanpa ada kecuali (termasuk getaran materi/zat/benda terkecil di dunia yang lebih mungil ketimbang sebutir debu) merupakan sebuah kepastian absolut yang tak boleh diragukan secuil pun. Seluruhnya, telah tercatat di dalam Lauh Mahfudz sebagai takdir kehidupan dari awal penciptaan hingga kiamat.





Baca tulisan menarik lainnya:

Jerit Tangis Abang Tukang Ojek Online, Akibat Maraknya Kompetisi serta Penghasilan yang Turun Drastis

Banjirembun.com - Beberapa bulan ini banyak tukang ojek online (ojol) yang menjerit dan menangis. Bukan cuma lantaran sepi orderan dari penumpang, yang salah satunya karena tingginya tarif yang dibebankan kepada pengguna aplikasi ojol. Lebih dari itu, disebabkan sistem atau mekanisme terbaru dari aplikasi tersebut sungguh berakibat menekan para abang ojol. Ibarat kata, kondisi mereka sekarang mengenaskan, yang lebih parah daripada sapi perah.





Baca tulisan menarik lainnya:

Panduan Lengkap Sebelum Mengontrakkan Satu Unit Rumah

Banjirembun.com - Sebelum mengambil pilihan untuk bisnis kontrakan, pahami dulu alasan kenapa rumah diputuskan untuk dikontrakkan. Apakah karena rumah tersebut tidak dihuni sehingga ketimbang terbengkalai mendingan pilih dikontrakkan? Apa lantaran jauh dari lokasi kerja, akibatnya lebih pilih pindah domisili saja dengan cara mengontrak di daerah terdekat dengan pekerjaan? Atau disebabkan memang ingin cari keuntungan dengan cara bisnis kontrakan?





Baca tulisan menarik lainnya:

Waspada Terhadap Rasa Penasaran Tentang Kehidupan Orang Lain yang Tiba-tiba Menerpa ke Dada

Banjirembun.com - Rasa penasaran alias kepo (Knowing Every Particular Object yang berarti rasa ingin tahu secara berlebihan terkait segala urusan atau kepentingan dari orang lain) sangat bertalian erat dengan perilaku ikut campur dan turut serta urusan orang lain. Boleh pula disebut dengan lancang mengorek privasi atau hak pribadi milik orang lain yang tak ingin diketahui publik.





Baca tulisan menarik lainnya:

Curhat yang Bikin Sesak Dada, Terlanjur Mengadakan Acara Resepsi Nikah Ternyata Isi Amplop Tak Balik Modal

Banjirembun.com - Gisel mau cerita nih. Yakni, terkait nasib seseorang yang bikin sesak dada. Bersangkutpaut kondisi keuangan yang sedang terpuruk. Jadi, pengalaman hidup yang sedang ditulis ini bukan berdasarkan kisah pribadi punya Gisel. Akan tetapi, milik teman Gisel yang ada di kampung halaman yaitu yang berada pada wilayah Tegal di Jawa Tengah sana.





Baca tulisan menarik lainnya:

Pamer Adalah Candu yang Bikin Sakau, Sebaiknya Tak Perlu Dilakukan Agar Hidup Bahagia

Banjirembun.com - Candu adalah segala hal apapun itu baik berupa benda maupun aktivitas yang dirasakan oleh penglihatan, pendengaran, penciuman hidung, perabaan kulit, dan pengecapan lidah yang menyebabkan ketagihan sehingga membikin sulit melepaskan darinya. Dalam konteks artikel yang kita bahas ini, yang dimaksud candu tentunya sebuah kegiatan yang menimbulkan sensasi keranjingan sehingga berakibat melupakan hal-hal lain (misal kewajiban dan tanggung jawab) yang lebih penting atau malah bikin lupa diri.





Baca tulisan menarik lainnya:

Nak, Buat Apa Kamu Menempuh Pendidikan Setinggi Langit Kalau Akhlakmu Buruk Seperti Setan

Banjirembun.com - Nak, apa sih tujuanmu menempuh pendidikan setinggi langit? Demi ingin mengikuti perintah orang tua? Untuk gaya-gayaan biar bisa mendapatkan gelar sarjana? Agar dapat mudah mendapatkan pekerjaan yang layak, terhormat, dan bermartabat? Masihkah dari semua ambisi tersebut ada sekelumit niat murni mendapatkan ridho Allah Subhanahu wa ta'ala? Adakah setitik saja, dari perjuangan dan pengorbanan dalam menempuh pendidikan untuk kepentingan agama-Nya? Buat apa pendidikan tinggi kalau akhlakmu saja buruk seperti setan?





Baca tulisan menarik lainnya:

Nak, Satu-satunya Wanita yang Berhak Kamu Tangisi Adalah Ibumu

Banjirembun.com - Saya merasa heran saja, kok ada lelaki yang menangis gara-gara kekasih maupun yang diakibatkan teringat kenangan zaman silam bersama sang mantan. Jangankan pada mereka yang tak memiliki status ikatan, malah menangisi wanita yang sudah jadi istri sendiri pun tetap tak pantas dilakukan. Bagaimanapun, wanita hadir di dunia ini bukan untuk ditangisi!





Baca tulisan menarik lainnya:

3 Kenikmatan dan Kebahagiaan di Kehidupan Dunia yang Tidak Ditemukan di Surga

Banjirembun.com - Perlu dicatat dulu, bahwa perasaan nikmat dan bahagia di kehidupan dunia ini merupakan suatu hal yang sangat relatif. Bagi sebagian umat Islam, sebuah perilaku dikatakan sebagai kenikmatan dan kebahagiaan. Namun, bagi umat Islam lainnya dikatakan biasa-biasa saja. Alhasil, jangankan bikin bahagia, justru yang ada membuahkan jengkel lantaran tak ikhlas menjalaninya.





Baca tulisan menarik lainnya:

Dulu Bangga Diri karena Tak Lulus Sekolah dan Tidak Kuliah pun Bisa Cari Duit, Sekarang Menangis Berdarah-darah

Banjirembun.com - Roda kehidupan ini selalu berputar, kadang di atas tapi kadang di bawah. Pola perputaran takdir seperti itu bukan hanya berlaku bagi individu alias orang per orang. Akan tetapi, juga terjadi pada kelompok atau komunitas tertentu. Artinya, boleh jadi sebuah kaum atau golongan tersebut di suatu waktu berada di atas tapi di hari mendatang posisinya di bawah.





Baca tulisan menarik lainnya:

Sudah Terbukti Ampuh, Begini Alasan Penting Tak Boleh Cas HP Lebih dari 80 Persen

Banjirembun.com - Keawetan masa pakai HP (handphone) tidak hanya terkait tentang bagaimana upaya mencegahnya agar tak terjatuh, terbentur, terkena air, hingga terpapar panas berlebihan termasuk suhu tinggi dari sinar matahari. Lebih dari itu, cara menggunakan juga harus diperhatikan. Enggak boleh sembarangan sehingga merasa "tinggal pakai" semaunya sendiri.





Baca tulisan menarik lainnya:

Seni Komunikasi dengan Cara Mengalah dan Katakan "Iya" Dulu, Baru Kemudian Menikam dengan Senyuman

Banjirembun.com - Dalam komunikasi apapun itu, apalagi terkait hal penting yang menyangkut keuangan dan harga diri (nama baik), semestinya ada strategi dan taktik. Termasuk di dalamnya juga tentu ada metode, kaidah, siasat, rumus, pola, atau alur tertentu yang wajib diperhatikan betul. Jangan sampai mengalami "terjatuh" untuk kedua kali gara-gara salah dalam memahami seni komunikasi yang diterapkan individu lain.





Baca tulisan menarik lainnya:

Belajarlah "Bermuka Tembok" Layaknya Politisi Ketika Diserang Fitnah

Banjirembun.com - Hampir semua politisi di seluruh dunia mempunyai ciri-ciri tahan banting, tahan fitnah, tahan omongan pedas, tahan terpaan "angin," tahan jegal, dan tahan komentar jelek. Intinya, jiwa mereka bermental baja serta tangguh dalam menghadapi tantangan dan tekanan hidup. Tentunya mereka juga memiliki sifat sabar, telaten, ulet, pintar memosisikan diri (adaptif), murah senyum, jago komunikasi terutama melobi, hingga cerdas mencari waktu/momen tepat dalam mengambil keputusan penting.





Baca tulisan menarik lainnya:

Puisi: KANGEN

 Kangen





Baca tulisan menarik lainnya:

Makin Bertambah Usia Semakin Sedikit Teman Karib, Salah Satunya Agar Mudah Fokus Menuju Kebahagian Abadi

Banjirembun.com - Kenapa makin dewasa jumlah teman semakin sedikit? Itulah pertanyaan besar yang muncul dari benak banyak orang. Di mana, umumnya renungan tersebut baru disadari oleh manusia yang sedang memulai beranjak dewasa. Usia yang menunjukkan seseorang sangat produktif untuk bekerja dan mengawali jalinan rumah tangga (kisaran 25-40 tahun). Akibatnya, minat dan orientasi hidup mereka telah berubah dari sebelumnya.





Baca tulisan menarik lainnya:

7 Tanda Tubuh Mengalami Kelebihan Gula

Banjirembun.com - Gula merupakan karbohidrat sederhana yang dibutuhkan oleh tubuh. Salah satunya sebagai sumber energi tubuh. Kendati demikian, meski sebuah kebutuhan sekali pun kalau diasup secara berlebihan tetaplah enggak bagus. Bukan malah mampu menjaga kestabilan tubuh, justru dalam jangka pendek maupun panjang berisiko menimbulkan risiko gangguan kesehatan.





Baca tulisan menarik lainnya:

Nak, Kalau Ibumu Mengajari Hal Tak Baik Tetap Berbaktilah Padanya, Tapi Jangan Ikuti Jejaknya

Banjirembun.com - Kedua orang tua, terutama sang ibu, seperti apa pun mereka sebagai seorang anak tetap wajib untuk berbakti. Mau mereka kafir (non Muslim), miskin, bodoh, jahat, zalim, kekanak-kanakan, hingga gila alias hilang akal waras tidak bakal berakibat menggugurkan bagi seorang anak dari kewajiban berbakti. Sebab guna berbakti kepada orang tua, tak ada alasan satu pun yang bisa jadi penyebab hilangnya maupun malah sekadar berkurangnya hak mereka berdua.





Baca tulisan menarik lainnya:

Sejarah Penyebutan Kata "Bokep" yang Sudah Diserap dan Diakui KBBI Sebagai Bahasa Resmi Indonesia

Banjirembun.com - Menyebut kata bokep, bagi sebagian kalangan "angkatan generasi lama" dianggap tabu atau menjadi pantangan.  Sebab, kata-kata tersebut sangat asing bagi orang yang sudah sepuh. Mereka lebih nyaman mengganti istilah tersebut menjadi ungkapan lain. Misalnya seperti film porno, video dewasa, blue film, pornografi, atau tontonan 18+.





Baca tulisan menarik lainnya:

Pengalaman Pribadi, Lamaran Kerja Ditolak Mentah-mentah karena Pakai Kendaraan Butut

Banjirembun.com - Menjalani hidup sebagai manusia yang enggak punya apa-apa sungguh menyusahkan dan menyulitkan. Hal itu bukan cuma tentang akibat tidak memiliki wawasan, pengalaman hidup, jati diri, ilmu pengetahuan, dan bakat yang dilatih. Lebih dari itu, disebabkan lantaran tak empunya harta atau barang mewah. Misal, mempunyai kendaraan keluaran terbaru yang baru turun dari dealer.





Baca tulisan menarik lainnya:

Merasa Heran Saja, Usia Semakin Menua Kok Masih Rakus dan Serakah

Banjirembun.com - Beberapa manusia ditemukan berkelakuan sangat rakus, serakah, atau tamak pada harta hingga jabatan. Itu bukan sesuatu hal yang mengherankan. Sesungguhnya, guna mengetahui orang-orang yang bersifat demikian tidaklah sulit. Tak perlu jauh-jauh menghakimi para pengusaha tajir, golongan ningrat, dan pejabat tinggi. Malahan, sejumlah orang di sekitar juga sama saja. Yakni, semakin menua kok justru makin rakus dan serakah.





Baca tulisan menarik lainnya:

Ada Manusia Punya Potensi Besar, Tapi Faktanya Bernasib "Ekonomi Sulit"

Banjirembun.com - Garis takdir manusia (termasuk rezeki, jodoh, dan maut) memang sudah ditetapkan oleh-Nya. Mau secerdas, sepintar, serupawan, sebangsawan, dan serajin apapun setiap insan kalau bukan rezeki pasti tak akan mendapatkan apapun yang telah diperjuangkan dengan  penuh pengorbanan besar. Sebaliknya, meski bagi orang lain melihat suatu pekerjaan/aktivitas seseorang tampak remeh dan santai, tetapi ketika itu sudah bagian rezekinya pasti datang bertubi-tubi.





Baca tulisan menarik lainnya:

Chinese Mah Beda Banget Pola Asuhnya, Pengalaman Pribadi Bertekuk Lutut di CFD Ijen Kota Malang

Banjirembun.com - Kenalin, gue Jonathan. Gue seorang mahasiswa di salah satu perguruan tinggi negeri di Kota Malang. Gue lumayan sering olahraga dengan jalan kaki gerak cepat pada Car Free Day (CFD) di Jalan Besar Ijen, yang lokasinya cukup dekat sama kampus gue. Bisa dibilang setiap hari Ahad pagi sekitar pukul 06.00-09.00 WIB gue kerap hilir mudik menapaki jalan raya di sana.





Baca tulisan menarik lainnya:

Pengalaman Mimpi yang Aneh Saat Tertidur Tadi Malam, Ada 3 Pelajaran Penting Sebagai Peringatan

Banjirembun.com - Perkenalkan, nama gue Jonathan. Asli dari Kota Jakarta. Gue sedang kuliah di Kota Malang, Jawa Timur. Meski jadi pemuda tanggung yang agak-agak kenal kaum wanita, gini-gini gue juga masih punya iman pada Allah SWT. Boleh dibilang, cukup sering mengikuti kegiatan keagamaan di kampus tercinta. Sebab, jadwal perkuliahan agama Islam saja gue kira masih kurang.





Baca tulisan menarik lainnya:

Pengalaman Pribadi, Dipecat dari Tempat Kerja Secara "Halus"

Banjirembun.com - Kenalin, nama gue Asmirandah Marissa. Gue lebih suka dipanggil Asmiranda (tanpa huruf H). Dilahirkan dan dibesarkan di daerah Jabodetabek. Untuk sementara waktu, lokasi pasti alamatnya di mana, gue umpetin dulu. Sebab di wilayah itu, rumah orang tua tak cuma satu unit. Ada beberapa titik. Maaf, bukan maksud pamer, karena hal tersebut nanti akan terkait dengan cerita pengalaman gue pribadi ini.





Baca tulisan menarik lainnya:

7 Tanda Seorang Karyawan Akan Segera Dipecat

Banjirembun.com - Tindakan pemecatan bagi sebagian kalangan mungkin diterapkan secara elegan dan anggun agar tidak terkesan semena-mena. Sebab, bagi mereka keputusan untuk memecat seorang pekerja atau bawahan merupakan hal yang harus dipertimbangkan matang dahulu. Tidak langsung main penggal. Apalagi, tatkala buktinya belum kuat dan kesalahan tak terlalu fatal.





Baca tulisan menarik lainnya:

Lebih Baik Keberadaan Gisel Tidak Dianggap Sama Tetangga, Daripada...

Banjirembun.com - Terdapat insan yang merasa bersalah, rendah diri, serta tertekan batinnya tatkala mendapat komentar "Ada dan tidak adanya, sama sekali tak dipedulikan sama tetangga." Ibarat kata, orang seperti itu layaknya jin tengah gentayangan di area pemukiman.





Baca tulisan menarik lainnya:

8 Sikap Pekerja yang Pantas Dipecat dan Digantikan dengan Mesin atau Robot

Banjirembun.com - Kalau memang tak niat serius bekerja, sudah tanda tangan kontrak kerja, dan tahu tentang risiko-risiko pekerjaan (bergaji kecil, butuh tenaga ekstra, menguras pikiran, dan mengganggu kesehatan mental) yang bakal dijalani kenapa dalam melakukan pekerjaan enggak totalitas?





Baca tulisan menarik lainnya:

Bukan Program KB yang Sukses, Ternyata ini Tujuh Penyebab Banyak Sekolah Dasar Negeri yang Tak Memiliki Murid Baru

Banjirembun.com - Berbagai gejala merosotnya jumlah murid Sekolah Dasar Negeri (SDN) sebenarnya sudah muncul di sekitaran tahun 2010. Pada waktu itu, terbilang tak sedikit jumlah SDN yang dimerger atau regrouping alias digabungkan dengan SDN lain yang punya performa bagus. Alasan utamanya yaitu jumlah murid kelas 1 hingga 6 sedikit sekali lantaran terus-menerus mengalami kekurangan peserta didik di setiap tahun pelajaran baru.





Baca tulisan menarik lainnya:

Cara Mudah Tukar Uang Lusuh dan Rusak ke Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Berbagai Kota

Banjirembun.com - Sebenarnya, uang lusuh atau malah sedikit rusak (asal tidak parah) bisa "ditangani" oleh pihak bank umum terdekat. Cara termudahnya berupa transfer uang lusuh tersebut ke rekening pribadi secara manual. Tinggal bawa uang dan isi form, setelah divalidasi teller (kasir bank) seketika itu uang lusuh atau sedikit sobek telah "masuk" ke rekening. Nah ketika mengambil di ATM, lembaran uang yang didapat kondisinya tentu lebih bagus dari sebelumnya.





Baca tulisan menarik lainnya:

Dulu Sempat Mayoritas, Kini Populasi Umat Protestan Anjlok Parah di Jerman

Banjirembun.com - Makin ke sini, tren atau arah pandangan hidup manusia di muka bumi semakin jauh dari kehidupan beragama. Mereka lebih nyaman memilih berpaham sekuler. Alih-alih memutuskan diam ketika ditanya "Agamamu apa?" Justru jawaban yang diberikan yaitu tidak memilih agama apapun. Nahas, malah bangga ketika sudah ketahuan meninggalkan agama.





Baca tulisan menarik lainnya:

4 Pertanda Individu Lansia Bakal Berusia Panjang Menurut Penelitian Ilmiah

Banjirembun.com - Peluang seseorang memiliki hidup panjang di atas rata-rata angka harapan hidup seluruh manusia, bukan cuma ditentukan oleh faktor genetik alias keturunan. Di mana, di dalamnya mengandung cetakan DNA tertentu yang menjadi pemicu individu kebal pada penyakit mematikan.





Baca tulisan menarik lainnya:

Tanya Jawab Penting Sebelum Memutuskan Beli Rumah Secara Kredit Maupun Lunas

Banjirembun.com - Beli rumah bukanlah perkara mudah. Punya uang saja belum cukup menjadikan seseorang dijamin memperoleh bahagia lantaran tujuan yang diidamkan tercapai. Sebab, masih terdapat banyak faktor penentu dalam keberhasilan pembelian rumah. Baik itu dimulai dari proses awal transaksi atau akad hingga menempati rumah yang telah jadi pilihan.





Baca tulisan menarik lainnya:

Beban Berat Punya Kartu Kredit, Bagaikan Kena Hipnotis "Ingin Bergaya Kaya Tapi Rugi Banyak!"

Banjirembun.com - Apa sih tujuan punya kartu kredit? Itulah pertanyaan bagi sebagian orang yang belum tahu alasan kenapa seseorang punya kartu kredit. Ada tanda tanya lain, mengapa setiap bertransaksi menggesek harus pakai kartu kredit? Kalau sama-sama gesek, bukankah lebih enak dan nyaman belanja pakai kartu debit saja? Kok pilih cari yang ribet.





Baca tulisan menarik lainnya:

Puisi: Allah SWT Jadi Saksinya

Allah SWT Jadi Saksinya





Baca tulisan menarik lainnya:

5 Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Kopi Jadi Nikmat Tapi Tetap Menyehatkan

Banjirembun.com - Dalam mengolah kopi, mulai dari proses penanaman bibit pohon kopi hingga dihidangkan di atas meja, enggak boleh sembarangan. Hal tersebut diterapkan bukan cuma untuk menyangkut demi meningkatkan kualitas rasa di lidah, aroma di hidung, dan penampilan di mata. Lebih dari itu, kopi yang ditangani dari hulu hingga hilir secara tidak tepat dapat mengurangi manfaat kopi, terutama bagi kesehatan.





Baca tulisan menarik lainnya:

Hidup Seperti Roda Berputar, Model Cantik ini Dulu Kaya Raya Tapi Sekarang Gelandangan

Banjiembun.com - Pepatah bijak mengatakan "Roda selalu berputar" atau ada peribahasa "Hidup ini bagaikan roda berputar, kadang di atas dan kadang di bawah." Pernyataan itu semestinya jadi peringatan keras bagi umat manusia yang masih hidup di dunia ini. Tujuannya yaitu agar menjaga diri tetap rendah hati, bersabar, dan bersyukur dalam setiap menghadapi naik-turun kehidupan.





Baca tulisan menarik lainnya:

Hati-hati, Salah Pilih Emoji Dapat Berdampak Fatal

Banjirembun.com - Emoticon atau emoji adalah gambar sederhana yang dipakai sebagai simbol dalam komunikasi yang difungsikan untuk memberikan reaksi khusus pada pesan dan postingan di media sosial. Boleh dikatakan, emoji untuk menanggapi alias merespon sesuatu tanpa pakai kata-kata (tulisan).





Baca tulisan menarik lainnya:

Si Paling Suka Praktik Ketimbang Teori, Sini Kumpul Biar "Kena Mental"

Banjirembun.com - Bagi sebagian orang menganggap kata-kata mutiara, motivasi, bijak dan mengandung inspirasi hanya dikatakan sebagai sesuatu tiada guna. Menurut mereka, sebuah aksi lebih unggul daripada teori. Berpandangan bahwa perbuatan nyata jauh lebih bermanfaat ketimbang permainan kata-kata. Dengan maksud lain, praktik fisik secara nyata di mata mereka segala-galanya dalam kehidupan sehari-hari.





Baca tulisan menarik lainnya:

Puisi "Duhai Lelaki Jantan"

Duhai Lelaki Jantan





Baca tulisan menarik lainnya:

Gelar Agama Adalah Pemberian Masyarakat, Bukan Promosi "Karbitan" dari Media Elektronik dan Medsos

Banjirembun.com - Gelar agama Islam seperti Ustadz, Gus, Ning, Bu Nyai, Kyai, Syekh, Habib, dan sebagainya merupakan pemberian langsung dari publik. Di mana, sebutan kehormatan tersebut telah disandang oleh penerimanya sedari lama. Sebuah gelar yang terlalu mengakar kuat di kalangan masyarakat. Bahkan, sejak masih bayi hingga wafat gelar kemuliaan itu masih melekat padanya.





Baca tulisan menarik lainnya:

Memaknai Peribahasa "Roda Selalu Berputar" Menurut Sudut Pandang Takdir, Bukan Cuma Menyangkut Harta

Banjirembun.com - Peribahasa yang memakai istilah terkait perputaran roda jumlahnya lumayan banyak. Sebut saja seperti "Roda selalu berputar," kemudian "Kehidupan bagaikan roda berputar," lantas "Hidup ini ibarat roda yang berputar," lalu "Kehidupan ini diibaratkan dengan roda yang berputar, kadang di bawah dan kadang di atas", dan "Hidup ini seperti roda yang berputar."





Baca tulisan menarik lainnya:

Dua Pilihan, Mau Membiarkan atau Memutuskan Membela Kebatilan yang Menghancurkan Islam?

Banjirembun.com - Kebatilan adalah suatu perbuatan yang sia-sia, tak berfaedah, tidak terpakai, dan rusak. Dengan demikian, sesuatu yang batil merupakan hal yang dapat membatalkan kebenaran dan keabsahan yang sudah jadi pedoman bersama. Artinya, batil merupakan sifat yang tidak dapat dibenarkan sama sekali.





Baca tulisan menarik lainnya:

3 Kejadian Tragis di Indonesia, Demi Buat Konten Video Malah Berujung Petaka

Banjirembun.com - Motivasi seseorang saat membuat konten video bermacam-macam. Ada yang mengejar penghasilan uang lantaran kondisi ekonomi memang membutuhkan itu. Terdapat pula yang sekadar gaya-gayaan, mengikuti tren, dan ingin viral biar terkenal.





Baca tulisan menarik lainnya:

Eksistensi Islamofobia di Negara Mayoritas Muslim Memang Ada, Masihkah Meragukan?

Banjirembun.com - Berpura-pura jadi korban (play victim), merasa jadi sasaran intimidasi, serta merasa terdiskriminasi. Itu semua merupakan sikap pengecut kaum islamophopia. Yakni, suatu ketakutan (prasangka buruk) kepada agama Islam yang berujung pada kebencian terhadap hal-hal yang terkait dengannya. Bahkan, ujungnya jadi anti Arab. Itulah propaganda mereka.





Baca tulisan menarik lainnya:

Kroscek Dulu Saat Menerima Kabar Tentang Individu, Agar Tak Berujung Malu dan Sesal

Banjirembun.com - Berhati-hatilah saat mendengar kabar, berita, isu (gosip maupun ghibah), atau penilaian buruk terhadap individu tertentu. Terutama "kabar burung" terkait orang-orang di sekitar. Sebut saja seperti kerabat, tetangga, teman kerja atau kuliah, dan seseorang yang berada di komunitas tertentu.





Baca tulisan menarik lainnya:

Begitukah Menjadi Manusia? Musibah yang Menimpa Belum juga Membuat Jera dan Bertaubat

Banjirembun.com - Setiap manusia pasti terkena musibah. Mustahil tak ada yang terlewatkan dari bencana kehidupan. Oleh sebab itu, janganlah merasa paling sengsara dan nelangsa nasibnya saat mengalami fase hidup terendah. Berhenti pura-pura sedih! Sebab, masih banyak yang berhak untuk bersedih.





Baca tulisan menarik lainnya:

Kata-kata Mutiara, Motivasi, Bijak, dan Penuh Inspirasi Bakal Mentah di Hadapan Manusia Sampah

Banjirembun.com - Apa sih pentingnya kata-kata mutiara, motivasi, dan penuh inspirasi? Jawabannya sangat mudah. Semua jenis kalimat pendek tersebut mampu menyejukkan hati, mengingatkan untuk senantiasa "waras," mendorong jadi pribadi tangguh (ulet), hingga menata ulang atau memantapkan pola pikir (paradigma atau mindset).





Baca tulisan menarik lainnya:

Contoh Metode dalam Memahami Takdir Buruk atau Sial Secara Salah Kaprah

Banjirembun.com - Takdir merupakan perkara rahasia ilahi. Dalam artian, ilmu takdir tidak bakal diketahui seluruhnya oleh manusia secara utuh. Sebab, tidak ada satu pun entitas yang mengetahui sesuatu apapun dari ilmu Allah Subhanahu wa ta'ala. Kecuali, hanya sebagian darinya yang Dia kehendaki. Artinya, manusia dilarang sok tahu dan merasa berhak memaknai takdir kehidupan di dunia ini secara sembrono.





Baca tulisan menarik lainnya:

Ketika Jongos Berlagak Seperti Layaknya Bos

Banjirembun.com - Pernah enggak menemui buruh toko, pekerja lapangan, tukang bersih-bersih, kuli, juru parkir, penjaga warung makan, karyawan minimarket, kurir pengantar paket, hingga pegawai rendahan di lokasi bisnis tertentu yang lagaknya sepatutnya seorang bos? Mereka jadi pekerja yang tak sadar diri. Sungguh bikin jengkel bukan?





Baca tulisan menarik lainnya:

Pentingnya "Mengaca di Cermin" Agar Tahu Tentang Kesalahan Diri

Banjirembun.com - Suka menyudutkan, menyalahkan, dan menghakimi orang lain tetapi enggak pernah melakukan introspeksi diri. Itulah ciri dari manusia yang enggak pernah "mengaca di cermin." Merasa dirinya sempurna, padahal hanyalah sampah.





Baca tulisan menarik lainnya:

Cara Mencegah dan Mengantisipasi Komunitas Umat Islam Disusupi Kaum Munafik

Banjirembun.com - Ciri-ciri orang yang pantas disebut munafik bukan hanya meliputi saat bicara berdusta, ketika berjanji mengingkari, dan tatkala diberi amanah mengkhianati. Itu cuma bagian dari tanda-tanda munafik secara umum. Serta, cenderung tergolong "munafik ringan" tatkala pelakunya tidak ada niat merusak Islam





Baca tulisan menarik lainnya:

Alhamdulillah di Surga Tak Ada Kesepian, Muncul Harapan Bagi Gisel Mendapat Kebahagiaan di Sana

Banjirembun.com - Hidup di dunia ini rasanya hampa dan dipenuhi suasana yang terkesan sepi. Sungguh menyesakkan dada. Bukan maksud Gisel tak bersyukur diberikan kehidupan dan kesehatan. Melainkan, ini hanya bentuk usaha untuk mempertahankan keimanan yang teramat berat.





Baca tulisan menarik lainnya:

Berhati-hatilah dalam Menceritakan Nikmat, Sebagai Wujud Rasa Syukur Pada-Nya atau Cuma Pamer?

Banjirembun.com - Umat Islam diajarkan untuk senantiasa menciptakan suasana positif di setiap kesempatan. Dengan begitu, diharapkan bakal muncul situasi yang penuh kreativitas dan produktivitas. Faedah lainnya yaitu dapat memunculkan sikap optimisme. Alhasil, setiap pribadi di lingkungan itu menjadi bersemangat dan pantang menyerah.





Baca tulisan menarik lainnya:

Kisah Sendu Ketika Gisel Difitnah oleh Tetangga Kontrakan Rumah

Banjirembun.com - Tetangga kurang ajar. Itulah sebuah umpatan halus. Dibandingkan jenis perkataan "kebun binatang" lain, dirasa ungkapan semacam itu masih sangat dijamin sopan. Mohon maklum ya saudara-saudara. Soalnya Gisel lagi sebel banget.





Baca tulisan menarik lainnya:

Si Paling Toleran Tapi Pembenci Islam Wajib Membaca ini Agar Tak Merasa Suci dan Mulia

Banjirembun.com - Pengusung nilai-nilai toleransi kebanyakan hanya ingin berlindung dan bersembunyi di balik sebuah ungkapan "saling toleran." Padahal, sebagian dari para pemuja toleransi itu belum tentu tahu terkait apa definisi darinya yang sebenarnya. Mereka asal bunyi koar-koar penuh membabi buta yang merasa diri si paling toleran, suci, dan mulia akhlak budi perketinya. Nyatanya, bualan semata untuk bersilat lidah.





Baca tulisan menarik lainnya:

Gaya Bicara Selangit Ternyata Tanpa Isi, Kecuali Hanya Sampah

Banjirembun.com - Ada ungkapan satir "Jangan bicara sembarangan, bawa kembali sampah anda!". Itulah kalimat kasar yang ditujukan kepada orang yang banyak bicara hingga melangit tapi ternyata tanpa isi, kecuali hanya sampah. Entah apa tujuan orang tersebut nekat berbicara kok sampai segitunya?





Baca tulisan menarik lainnya:

Karyawan yang Melayani Pelanggan di Bisnis Milik Majikannya Janganlah Jadi Babu Alias Jongos

Banjirembun.com - Babu adalah pelayan yang tunduk, patuh, dan fanatik pada perkataan dari majikan dalam mengerjakan tugas secara rutin di setiap harinya tanpa memiliki inisiatif untuk mengembangkan diri. Di mana, babu kerap diidentikkan memiliki ilmu pengetahuan yang minim sehingga hanya mampu produktif bagaikan mesin/robot tetapi enggak ada kreativitas.





Baca tulisan menarik lainnya:

Menjadi Pendakwah Harus Mandiri Ekonominya, Agar Tak Tersandera Pengikutnya

Banjirembun.com - Boleh-boleh saja para tokoh agama menerima hadiah, hibah, atau pemberian dari jamaah. Baik itu berupa makanan, fasilitas (penginapan, pengawalan, hingga transportasi), bingkisan, maupun uang tunai. Namun, secukupnya saja. Nah, ketika pemberian dari umat Islam sudah terlihat berlebihan sehingga tampak tak wajar sebaiknya ditolak secara makruf.





Baca tulisan menarik lainnya:

Definisi Ungkapan Bahasa Jawa "Gedang Godok Mreteli"

Banjirembun.com - Dalam budaya Jawa modern (bukan Jawa kuno) terdapat banyak parikan (pantun), peribahasa, atau sekadar ukara (kalimat) yang sederhana/pendek tapi penuh nilai makna. Baik itu digunakan untuk  bertujuan menyindir, mengingatkan, menasihati, memperhalus ucapan, meringkas ungkapan, hingga sebagai sumber norma kehidupan. Dengan demikian, itu semua bukan cuma tentang permainan kata apalagi guna bersilat lidah.





Baca tulisan menarik lainnya:

3 Kekeliruan dalam Pembagian Daging Kurban Idul Adha

Banjirembun.com - Ibadah penyembelihan hewan dan pembagian daging kurban merupakan kegiatan rutin umat Islam di seluruh dunia pada setiap tahunnya. Baik itu dilakukan oleh Muslim yang taat, golongan Islam "abangan", maupun oleh orang munafik (mengaku Islam tapi justru merugikan terhadap kelancaran syiar dan dakwah Islam) sekalipun.





Baca tulisan menarik lainnya:

Biasanya Sapi Kurban yang Susah Diatur dan Mengamuk, Sekarang Kok Justru Orang Berkurban yang Marah-marah

Banjirembun.com - Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa sapi merupakan tergolong makhluk yang tak punya akal waras. Akibatnya, tingkah binatang kadang sulit "dimengerti". Oleh sebab itu, sungguh wajar ketika hewan tersebut susah diatur dan ada kalanya malah gampang mengamuk.





Baca tulisan menarik lainnya:

Ketika Nabi Muhammad Memerintah Dua Sahabatnya Membakar Masjid Milik Kaum Munafik

Banjirembun.com - Pada dasarnya seluruh Masjid di dunia ini tanpa terkecuali merupakan tempat suci yang wajib dimuliakan dan dijaga kemakmurannya. Artinya, ketika ada Masjid yang baru saja terbangun maupun telah lama berdiri harus dilestarikan melalui langkah pengelolaan yang profesional. Dengan begitu, tempat ibadah tersebut termasuk salah satu dari ciri-ciri Masjid yang makmur.




Baca tulisan menarik lainnya:

Perputaran Bisnis Hewan Kurban Idul Adha yang Fantastis

Banjirermbun.com - Islam adalah rahmat bagi semesta alam. Maksud istilah rahmat di sini bukan hanya berupa rasa kasih sayang dalam bentuk "hampa" berupa kata-kata tanpa wujud nyata. Melainkan pula, dibuktikan dengan cara memberikan sebagian harta yang dimiliki. Baik itu melalui langkah melakukan zakat fitrah, zakat mal, sedekah uang, sedekah barang, hingga berbagi daging kurban.





Baca tulisan menarik lainnya: