Terbaru · Terpilih · Inspirasi · Aktualisasi · Hiburan · Download · Menulis · Tips · Info · Akademis · Kesehatan · Medsos · Keuangan · Konseling · Kuliner · Properti · Puisi · Muhasabah · Satwa · Unik · Privacy Policy · Kontributor · Daftar Isi · Tentang Kami·

Cara Memperbaiki Related Post atau Artikel Terkait Tidak Muncul di Blog, Berikut Dampak Buruknya

Banjirembun.com - Related post atau artikel terkait adalah jajaran tautan alias link yang terkumpul dalam satu kolom atau bagan tertentu yang satu sama lain masih terdapat hubungan berkesinambungan baik dari segi topik, label, maupun jenis kesamaan lainnya. Di mana, artikel terkait sangatlah penting diterapkan pada blog, salah satunya untuk memudahkan pembaca yang ingin mendalami/menelusuri tema tulisan terkait yang sedang dipelajari secara utuh.


Malahan, para pengunjung situs pribadi yang awalnya sekadar iseng ataupun tak terlalu serius membaca pun terkadang terpancing serta penasaran guna mengklik tautan related post. Penyebabnya, tidak lain gara-gara judul dan lokasi link "artikel terkait" tersebut sangatlah menggoda. Artinya, walau hanya judul tanpa thumbnail (gambar) maupun tak disertai meta data lain (seperti nama penulis, waktu terbit, dan lokasi) justru semakin bikin menggugah selera untuk menekan klik.


Terbukti, beberapa situs yang menanamkan link postingan terkait tersebut mengalami peningkatan jumlah kunjungan ketimbang tanpa disertai sama sekali. Lebih dari itu, penghasilan Google Adsense ikut pula semakin meningkat. Bukan cuma lantaran aktivitas pengunjung yang berlama-lama di blog, tetapi juga karena mereka banyak melakukan klik. Di mana, semakin banyak klik dilakukan tentunya banyak pula potensi pendapatan rupiah yang diraih.

Contoh postingan terkait atau related post

Sayangnya, beberapa blogger (pengelola blog) belum bisa, atau lebih tepatnya tidak telaten, menerapkan teknik related post di website pribadinya. Salah satu sebabnya, menurut mereka sangat sulit menerapkan metode "artikel terkait" di blog pribadi. Bahkan, setelah dicoba pun gagal muncul di tampilan situs. Padahal, sejatinya cara mengatasi masalah tersebut sangat mudah. Asal, telaten saja dan terus melakukan percobaan tanpa putus asa.


Berikut ini cara mengatasi related post atau postingan terkait yang enggak muncul di blogspot:


1. Pasang Label pada Setiap Artikel

Sebelum menerapkan related post pada blog pribadi, sebaiknya pastikan dulu bahwa jumlah judul tulisan yang dibuat sudah memadai. Misalnya, mencapai puluhan artikel. Tentunya, semua tulisan tersebut harus diberi label (topik) sesuai dengan isi pembahasan artikelnya. Misalnya dengan cara memberi label "Puisi", "Curhat", "Cerpen", dan masih banyak lagi. Di mana, label tersebut pada template tertentu dapat difungsikan sebagai pilihan menu di halaman atas.

Menu blog pribadi yang dapat menjadi pilihan untuk dikunjungi. Menu tersebut dibuat berdasarkan label "Akademisi", "Aktualisasi", "Definisi", "Inspirasi", dan lain-lain.

Cara mengisi label pada postingan blog

Dalam beberapa postingan tulisan wajib memiliki label yang sama. Artinya, satu label minimal harus punya dua judul tulisan. Alasannya, supaya antara satu artikel dengan artikel lainnya dapat "dihubungkan" (related post) melalui mekanisme label tersebut. Dengan kata lain, label berperan dalam "menyambung" sejumlah tulisan yang mempunyai tema sama. Akibatnya, kalau dalam satu label hanya satu tulisan lantas bagaimana cara menghubungkan dengan artikel lain?


2. Mengatur Ulang Feed Blog yang Salah

Pada pengaturan blogspot agar related post muncul di tampilan situs harus mengizinkan feed blog. Langkahnya sebagai berikut:


a. Login Blogger

b. Buka menu "Setelan"

c. Pilih kolom/bagian "Feed situs"

d. Pada pilihan "Izinkan feed blog" centang/pilih "Penuh" atau bisa pula "Pendek". Terpenting, jangan sampai memilih "Tidak ada".

Opsi feed situs

3. Mencocokkan Format Waktu Tidak Sinkron

Format waktu antara di "Format stempel waktu" dengan di "Tampilan waktu publikasi" haruslah selaras. Lakukan setting sebagaimana cara berikut:


a. Login blogger.

b. Buka menu "Setelan"

c. Temukan bagian "Pemformatan"

d. Klik dan sesuaikan pilihan format waktu pada "Format stempel waktu" dengan setting waktu di "Tampilan waktu publikasi".

Setelan "Format stempel waktu" pada blogger

Untuk mengatur waktu pada "Tampilan waktu publikasi" caranya sebagai berikut:

a. Login Blogger.

b. Klik menu "Tata Letak".

c. Pilih bagian kolom gadget "Postingan Blog".

d. Cari dan tentukan waktu pada bagian "Tampilan waktu publikasi" yang disesuaikan dengan "Format stempel waktu".

Setting waktu pada "Tampilan waktu publikasi"

Dampak Buruk Related Post Tidak Muncul di Blogspot

Jumlah pengunjung blog menjadi turun ketika tiba-tiba tampilan "postingan terkait" tidak muncul di blog. Parahnya, untuk tampilan template modifikasi (bukan bawaan blogspot) terkadang sudah memberi keterangan "Baca juga postingan ini:" atau "Berikut Artikel keren lainnya:". Nah, ternyata di bawah panduan untuk mengklik yang merupakan bawaan template tersebut ternyata kosong. Tidak ada sama sekali tautan yang tampil untuk dibuka. Akibatnya, pembaca bisa kecewa.


Ketika related post atau artikel terkait tidak muncul di blogspot, hal tersebut berarti pula akan berdampak pada fitur lainnya. Sebut saja meliputi penerapan next post atau next page (berupa angka) yang gagal karena tidak muncul. Begitu pula, related post yang disetting melalui widget HTML di menu "Tata Letak" di Blogger juga enggak muncul. Lebih parah lagi, peta situs yang dibuat secara mandiri melalui edit kode HTML juga tidak muncul.


Sebagai visualisasi nyata, berikut ini tampilan dari komponen penting yang disebutkan di atas:

Contoh next post. Saat settingan salah dapat menyebabkan fitur next post tidak muncul di tampilan blog.

Contoh related post yang dibuat pada widget HTML

Contoh peta situs yang dibuat sendiri dengan teknik edit kode HTML di postingan halaman blogspot

Itulah cara mengatasi related post yang tak muncul di blog. Kata kunci penting yang perlu diperhatikan yaitu janganlah berputus asa tatkala mengatur/mengedit fitur situs pribadi. Bukankah pada setiap masalah pasti ada solusinya? Tinggal bagaimana telaten mencarinya.






Baca tulisan menarik lainnya:

Terima kasih telah membaca tulisan kami berjudul "Cara Memperbaiki Related Post atau Artikel Terkait Tidak Muncul di Blog, Berikut Dampak Buruknya"

Posting Komentar

Berkomentar dengan bijak adalah ciri manusia bermartabat. Terima kasih atas kunjungannya di *Banjir Embun*