Terbaru · Terpilih · Inspirasi · Aktualisasi · Hiburan · Download · Menulis · Tips · Info · Akademis · Kesehatan · Medsos · Keuangan · Konseling · Kuliner · Properti · Puisi · Muhasabah · Satwa · Unik · Privacy Policy · Kontributor · Daftar Isi · Tentang Kami·

Antara Ibu dan Istri Mana yang Lebih Didahulukan?

Banjirembun.com - Jadilah manusia yang mengerti, memahami, dan perhatian terhadap sesuatu yang berada di sekitar serta yang memiliki hubungan erat di kehidupan masa lalu. Di mana, sifat dan sikap peka (sensitif) tersebut akan mudah dalam menumbuhkan kepedulian pada sesama. Tak cuma itu, juga bakal terdorong untuk membalas budi seseorang yang berjasa dalam meniti kehidupan. Tentunya pula, peduli kepada orang-orang terdekat wajib lebih diutamakan ketimbang pihak lainnya.


Pertanyaan timbul, antara orang tua dan pasangan mana yang didahulukan? Jawabannya, dahulukan orang tua. Dengan ketentuan, kewajiban terhadap pasangan maupun anak harus dipenuhi terlebih dulu. Di mana, jika memang pemberian ke orang tua (memberi harta, perhatian, waktu kehadiran, dan membantu) dirasa sudah pantas/cukup maka di kala masih ada sisa dapat disimpan/ditabung untuk menjaga stabilitas finansial keuangan keluarga sendiri. Maksudnya, nomorsatukan orang tua tetapi jangan sampai mengabaikan kewajiban pada pasangan dan anak.


Baca juga 3 Hikmah Berbakti Kepada Orang Tua yang Tidak Diketahui Banyak Orang


Sebagai tambahan, setelah kewajiban kepada orang tua di atas sudah dipenuhi hendaknya menghindari/mencegah munculnya kecurigaan orang tua pada anak maupun mantunya. Misalnya, ketika orang tua bertanya "Istrimu kamu kasih jatah uang berapa?" Dalam merespon pertanyaan tersebut lakukan secara diplomatis. Tak perlu berterus terang (jujur), karena kalau menjawab apa adanya justru berpeluang memunculkan konflik. Kembali ke pokok masalah, tidak lain berupa terpenting kewajiban kepada orang tua telah dilaksanakan.


Bagaimanapun, seorang anak tidak memiliki kewajiban memberikan semua informasi terkait urusan rumah tangganya kepada orang tua. Akan tetapi, kewajiban anak hanya "sebatas" berbakti secara zahir/fisik. Contohnya memberi uang, mengasih perhatian, meluangkan waktu untuk mendampingi, sampai memberi bantuan saat diperlukan. Artinya, kalau semua itu sudah dijalankan secara patut bakal membuat anak tak berdosa. Bahkan, tatkala sang anak memutuskan ingin menyembunyikan informasi penting sekalipun.


Lebih rinci, berdasarkan lokasi/tempat/domisili skala prioritas yang harus didahulukan yaitu seperti berikut:

a. Keluarga serumah

b. Tetangga yang masih sedarah maupun bukan kerabat

c. Kerabat yang tempat tinggalnya jauh

d. Teman di lokasi tempat kerja

e. Teman kenalan di komunitas keagamaan/jamaan/sekolah/kuliah/nongkrong

Ilustrasi silsilah pohon keluarga (sumber Pixabay.com/ patrisianovianti)

Berikutnya, berdasarkan hubungan keluarga skala prioritasnya meliputi:

a. Orang Tua

b. Pasangan

c. Anak kandung sendiri

d. Kerabat dekat (Kakek, nenek, saudara kandung, paman, bibi, dan sepupu)

e. Kerabat jauh (satu buyut, satu moyang, satu cilawagi, dan seterusnya) 


Baca juga 5 Cara Berbakti pada Orang Tua yang Jahat Terhadap Anaknya


Jadi, dari sini dapat disimpulkan antara ibu dan istri yang harus didahulukan adalah ibu. Dengan catatan khusus sebagaimana sudah dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat.






Baca tulisan menarik lainnya:

Terima kasih telah membaca tulisan kami berjudul "Antara Ibu dan Istri Mana yang Lebih Didahulukan?"

Posting Komentar

Berkomentar dengan bijak adalah ciri manusia bermartabat. Terima kasih atas kunjungannya di *Banjir Embun*