Terbaru · Terpilih · Inspirasi · Aktualisasi · Hiburan · Download · Menulis · Tips · Info · Akademis · Kesehatan · Medsos · Keuangan · Konseling · Kuliner · Properti · Puisi · Muhasabah · Satwa · Unik · Privacy Policy · Kontributor · Daftar Isi · Tentang Kami·

Bukan Sampai Subuh, Hanya Jam Segini Batas Akhir Waktu Sholat Isya'

Banjirembun.com - Selama ini banyak orang yang memahami bahwa sholat isya pada menit-menit terakhir menjelang subuh hukumnya boleh. Bahkan, dianggap lebih afdhol karena bisa dibarengi dengan sholat tahajud, baca al Quran, dan beristighfar. Padahal, sebagian pendapat ulama menghukumi haram secara mutlak lantaran ada landasan hadist dan al Quran yang kuat.


Pengharaman yang keras tersebut, takaran ataupun penekanannya sama halnya ketika berniat sengaja ingin melaksanakan sholat subuh sesudah matahari terbit. Begitu pula, hendak mengerjakan sholat dhuhur di waktu ashar. Kecuali, terdapat uzur (misalnya tak sengaja tertidur yang sebelumnya telah ada niat ingin melaksanakan sholat sesuai waktu).


Sebagaimana diketahui, sholat subuh akhir batas waktunya bukan ketika dhuhur tiba. Begitu pula, sholat isyak masa berakhirnya tidak di awal waktu subuh. Melainkan hanya sebatas tengah malam. Dalam artian, bukan jam 12 malam. Akan tetapi waktu tengah-tengah antara awal maghrib hingga akhir subuh. Kurang lebih, kisaran jam 11 hingga 12 malam.

Ilustrasi sholat isya (Pexabaya.com/ purwakawebid)

Itulah informasi penting yang patut diketahui oleh Umat Islam. Setelah membaca tulisan ini, semoga kita bisa menjalankan ibadah sholat sesuai dengan syariat Islam.





Baca tulisan menarik lainnya:

Terima kasih telah membaca tulisan kami berjudul "Bukan Sampai Subuh, Hanya Jam Segini Batas Akhir Waktu Sholat Isya'"

Posting Komentar

Berkomentar dengan bijak adalah ciri manusia bermartabat. Terima kasih atas kunjungannya di *Banjir Embun*