Terbaru · Terpilih · Inspirasi · Aktualisasi · Hiburan · Download · Menulis · Tips · Info · Akademis · Kesehatan · Keuangan · Konseling · Kuliner · Properti · Puisi · Muhasabah · Satwa · Unik · Privacy Policy · Kontributor · Daftar Isi · Tentang Kami·

Apa Saja yang Harus Dilakukan Sebelum dan Sesudah Bangun Tidur

Tidur bukan hanya kebiasaan hidup sehari-hari tapi merupakan kebutuhan dasar manusia. Guna menjaga kesehatan, setiap hari manusia harus tidur minimal 7-8 jam. Sayangnya, walau jadi rutinitas tidak setiap orang tahu apa saja yang boleh dilakukan atau bahkan harus dilakukan sebelum dan sesudah bangun tidur.





Baca tulisan menarik lainnya:

Jangan Diremehkan, Berikut Alasan Manusia Tak Boleh Kekurangan Asupan Sinar Matahari Secara Langsung

Matahari adalah sumber kehidupan. Tanpa ada sinar matahari bumi tidak hanya gelap tapi juga tak akan ada lagi kehidupan. Tumbuhan di darat maupun di laut (fitoplankton) butuh sinar matahari untuk fotosintesis. Begitu pula tubuh manusia tak boleh kekurangan asupan sinar matahari secara langsung.





Baca tulisan menarik lainnya:

Ada 1.300 Lebih Spesies Tardigrade, Salah Satunya Tahan Radiasi Sinar Ultra Violet

Umumnya makhluk mikroskopis tak tahan dengan radiasi sinar ultra violet. Bahkan termasuk tardigrade hewan super kecil yang dijuluki si beruang air dan terkenal sebagai hewan abadi. Namun, baru-baru ini dari 1.300 spesies tardigrade, ilmuwan menemukan bukti satu jenisnya tahan sinar ulta violet.





Baca tulisan menarik lainnya:

Video Pengalaman Naik Kereta Rel Listrik (KRL) dari Jakarta ke Bogor, Sangat Nyaman dan Murah Sekali

Saya akan berbagi pengalaman pertama kali naik KRL. Modal nekat disertai tanya-tanya pada petugas keamanan kereta api, penumpang lain, dan cari-cari info di internet. Ternyata naik kereta listri dari Jakarta ke Bogor hanya sekitar 10 ribu (tergantung jam). Serta sangat nyaman dan aman.





Baca tulisan menarik lainnya:

Pengalaman Memperpanjang SIM Beda Kota, Asal Kediri Mengurusnya di Malang

SIM A dan C bisa diurus secara online. Baik secara mandiri maupun "diurus" oleh SATPAS (Satuan Penyelenggara Administrasi) SIM yang terkoneksi secara online. Salah satunya SATPAS SIM Kota Malang juga bisa memperpanjang SIM beda kota. Silakan simak baik-baik pengalaman tersebut.





Baca tulisan menarik lainnya:

5 Gambaran Isi Surga Menurut Islam yang Bikin Tambah Iman

Surga adalah tujuan akhir setelah kehidupan fana di dunia. Bagi orang yang beriman keberadaan puncak kenikmatan itu tak dirugakan sama sekali walau sebesar atom. Akan tetapi sayangnya masih ada orang yang belum tahu seperti apa gambaran isi surga yang sebenarnya.





Baca tulisan menarik lainnya:

Jangan Berkata dan Bertindak Saat Emosi Seperti 3 Keadaan Ini


Memberi jawaban, membuat janji, dan mengambil keputusan untuk urusan penting tak boleh dilakukan secara emosional. Pastikan saat itu otak dalam keadaan waras dan terkontrol. Tidak boleh berkata dan bertindak ketika emosi sedang labil.




Baca tulisan menarik lainnya:

3 Bahan Pertimbangan Penting Sebelum Membuat Keputusan Besar dalam Pilihan Hidup

Setiap keputusan besar yang jadi pilihan dalam hidup tentu tak boleh dieksekusi secara gegabah. Harus menggunakan pertimbangan matang lebih dulu. Tak boleh disamakan dengan pilihan hidup lain yang bisa ditetapkan dengan segera. Misalnya dalam memilih menu apa yang akan dimakan dan baju apa yang dipakai siang ini.





Baca tulisan menarik lainnya:

5 Manfaat Besar Berlangganan Paket WiFi Rumah Unlimited


Wi-Fi merupakan media teknologi yang yang mampu mengantarkan dan menerima data secara lokal tanpa kabel maupun koneksi internet secara luas dalam kecepatan tinggi. Wifi menggunakan gelombang radio untuk menyambungkan antar perangkat seperti ponsel, komputer, dan laptop ke jaringan internet.




Baca tulisan menarik lainnya:

6 Topik Pembicaraan, Bacaan, dan Tontonan yang Tak Bakal Kehabisan Bahan

Bagi kalian yang menggandrungi dunia politik, konspirasi, gosip, hobi, keuangan, dan cinta maka jangan pernah berharap bacaan atau tontonan tentang itu akan ada ujungnya. Enam hal itu menjadi beberapa contoh topik pembicaraan yang bakal tak pernah habis serta terus ada.





Baca tulisan menarik lainnya:

Video Gisel Terbaru, Dulu Buluk Item tapi Kini Putih Bersinar

Bagi kalian yang merasa penasaran seperti apa foto dan video Gisel yang terbaru, tulisan ini bisa jadi jawaban. Gisel yang kini tak seperti yang dulu. Kalian boleh mengatakan Gisel butek, buluk, atau item di masa lalu. Namun kini kulit Gisel putih bersinar alias glowing.





Baca tulisan menarik lainnya:

Setetes Embun Pagi: Antara Tetesan Air Mata dan Tetes Peluh Kerja Keras

Embun pagi di hari ini terasa beda. Tetes demi tetes air jernih dari alam itu berjatuhan dari daun, dahan, dan rerumputan. Ditambah pancaran sinar matahari yang masih meredup malu. Gisel merasa itu semua tak dapat menghibur hati yang pilu.





Baca tulisan menarik lainnya:

Arti Keladi pada Ungkapan "Tua-tua Keladi", Ternyata Rasulullah Sudah Peringatkan

Istilah "tua-tua keladi" kerapkali dimaknai sebagai hal negatif. Itu lantaran seringkali dikaitkan dengan peribahasa Tua-tua keladi, makin tua makin menjadi. Perumpamaan tersebut banyak yang mengonotasikan negatif. Menunjukkan perilaku yang tidak patut dicontoh karena vulgar atau yang lainnya.





Baca tulisan menarik lainnya:

Mitos di Balik Adanya Gambar Ular dan Tongkat pada Logo Kesehatan


Tidak banyak orang yang sadar bahwa beberapa lambang atau logo organisasi kesehatan menggunakan gambar ular dan tongkat. Sebut saja seperti badan kesehatan dunia (WHO), dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Ternyata penggunaan tongkat dan ular tersebut punya sejarah dan makna sendiri.




Baca tulisan menarik lainnya:

5 Dampak Buruk Kecanduan FTV dan Drama Korea Bertemakan Percintaan

Film televisi atau FTV adalah salah satu jenis film berdurasi pendek antara 120 hingga 180 menit yang diproduksi oleh rumah produksi atau stasiun televisi yang dikhususkan tayang di televisi. Dengan demikian film layar perak atau layar lebar yang ditayangkan ulang pada televisi bukanlah FTV.





Baca tulisan menarik lainnya:

5 Level YouTuber, Ternyata Gold Play Button YouTube Punya Kandungan Emas

Selain memberikan transferan uang ke rekening pribadi para konten kreator, YouTube juga memberikan penghargaan dalam bentuk lain. Yakni, dikirimi play button lewat jasa pengiriman paket yang jadi simbol atas keberhasilan mencapai tingkatan tertentu. Setidaknya ada 5 level capaian bagi YouTuber.





Baca tulisan menarik lainnya:

3 Ciri Bidang Pekerjaan yang Dipilih Sudah Sesuai Bakat dan Minat

Tulisan ini sangat cocok bagi kalian yang sedang mengawali terjun ke dunia kerja. Baik pekerjaan yang "ikut" orang lain maupun kerja sendiri seperti wiraswasta atau wirausaha. Apalagi tatkala bidang pekerjaan yang dipilih itu sesuai dengan minat dan bakat. Klop sudah.





Baca tulisan menarik lainnya:

Ternyata Sidik Jari Orang Mati Tidak Bisa untuk Membuka Kunci Fingerprint Ponsel

Bagi kalian yang ingin merahasiakan semua hal yang tersimpan rapat di ponsel sungguh tulisan ini akan memberi jawaban. Apalagi yang tetap ingin merahasiakan isi ponsel pada siapapun setelah meninggal. Tak perlu khawatir, nyatanya sidik jari orang mati tak bisa membuka kunci ponsel.





Baca tulisan menarik lainnya:

Pengalaman Menyelesaikan Skripsi, Penuh Liku dan Tekanan Mental


Bagi kalian yang tak pernah kuliah, masih kuliah tapi belum mengerjakan skripsi, atau sudah lulus kuliah tapi kerjakan skripsi dengan asal-asalan bahkan "membeli" sebaiknya baca cerita ini. Sebuah tulisan tentang pengalaman pribadi menyelesaikan skripsi. Penuh liku dan tekanan mental.




Baca tulisan menarik lainnya:

Durian Mengandung Alkohol, Tak Semua Alkohol itu Najis dan Haram untuk Dimanfaatkan

Khamr sudah pasti serta tanpa meragukan merupakan barang najis dan haram. Adapun alkohol tak segalanya seperti itu. Sebab semua khamr belum tentu mengandung alkohol. Serta tak semua alkohol bisa dikatakan sebagai khamr. Boleh dikata antara keduanya merupakan hal beda alias tidak sama.





Baca tulisan menarik lainnya:

Kisah Inspiratif: Agar Bisa Menghargai Waktu, Ilmu, dan Kerja Keras Orang Lain

Ada saja orang seenak jidat mengatai orang lain makan gaji buta, mata duitan alias matre, pemeras, atau yang semacamnya. Tanpa tahu masa lalu orang tersebut bagaimana. Tanpa tahu bagaimana waktu dan ilmu yang ia miliki sungguh berharga. Ia sudah membangun semua itu dengan kerja keras sejak lama.





Baca tulisan menarik lainnya:

5 Alasan Umat Islam Indonesia Harus Kaya Raya

Lebih utama mana, umat Islam yang miskin tapi bersabar atau umat Islam kaya yang bersyukur? Itu adalah pertanyaan yang jadi perdebatan tak berujung hingga sekarang. Jangankan ada titik temu, yang ada ujung-ujungnya saling mencari dalih masing-masing.





Baca tulisan menarik lainnya:

3 Teknologi Bermanfaat yang Seharusnya Ada di Ponsel Pintar Masa Depan

Perkembangan teknologi telepon seluler telah berkembang pesat. Terutama setelah tahun 2010 hingga sekarang ini inovasi menakjubkan terus digalakkan. Mulai dari kemampuan kameranya yang semakin unggul mengambil foto dan video hingga fitur-fitur lain yang terlihat remeh tapi penting.





Baca tulisan menarik lainnya:

Kambing Hutan Sumatra, Salah Satu Satwa Terlangka Asli Indonesia [Disertai Video]

Selain kambing-hutan sumatra, Indonesia punya sejumlah hewan endemik yang langka dan terancam punah lain. Di antaranya meliputi harimau sumatra, gajah sumatra, orang utan sumatra, badak sumatra, badak jawa, anoa, burung maleo, burung rangkong helm, kucing merah kalimantan, dan lain-lain.





Baca tulisan menarik lainnya:

5 Penyebab Insomnia dan Solusinya

Insomnia merupakan suatu gejala gangguan badan dan psikologi yang berupa sulit tidur nyenyak atau bahkan sekadar memulai tidur saja susah. Sejumlah efeknya yang sering terjadi yaitu merasa kurang istirahat, mengantuk, emosional, lemas/loyo, hingga hilang konsentrasi.





Baca tulisan menarik lainnya:

3 Alasan Penting Helm Tak Boleh Diletakkan pada Kaca Spion Sepeda Motor

Helm dan kaca spion merupakan dua hal yang sama-sama pentingnya bagi keselamatan pengendara. Walau keduanya bisa dimodifikasi ataupun diberi asesoris, akan lebih baik tidak mengubah standarisasinya. Apalagi dirubah total jadi "pajangan" sehingga fungsi utamanya benar-benar hilang.





Baca tulisan menarik lainnya:

3 Hal yang Wajib Diketahui Sebelum Beli Emas Batangan

Setelah melambung tinggi beberapa waktu lalu, kini harga emas mulai melandai. Entah dalam waktu dekat bakal menanjak cepat lagi atau tidak. Tentu kabar tersebut membuat emak-emak panik. Terlanjur beli emas batangan untuk investasi justru kini harga turun.





Baca tulisan menarik lainnya:

Perbedaan Es dari Air Mentah dan Matang, Bukan dari Warna dan Bentuknya

Bagi seseorang minum es merupakan pantangan. Terutama bagi yang punya penyakit amandel, gampang flu, atau timbul peyakit lain setelah mengonsumsinya. Sebenarnya, es menjadi pelengkap kuliner yang harus dihindari sebagian orang bukan hanya karena suhu dinginnya.





Baca tulisan menarik lainnya:

VIRAL! Penampakan Buaya Putih di Sungai Brantas Kediri, ini Videonya Durasi 2 Menit 34 Detik

Selama tahun 2020 ini penampakan buaya putih di sungai Brantas kota Kediri sudah terjadi dua kali. Kejadian pertama terjadi di awal tahun. Tepatnya tanggal 4 Februari lalu. Pada waktu itu, nampak di sisi sungai daerah Ringinanom. Tepatnya belakang mall Ramayana Kota Kediri.





Baca tulisan menarik lainnya:

Jangan Terbalik, ini Bedanya Ikhlas dan Ridho

Kata ikhlas lebih sering digunakan daripada ridho. Banyak orang yang membedakan secara salah antara keduanya. Di mana, mereka memahami bahwa ikhlas itu digunakan untuk semua hal. Adapun ridho dianggap hanya menjadi salah satu bentuk pemberian Allah pada hamba. Padahal itu semua salah.





Baca tulisan menarik lainnya: