Terbaru · Terpilih · Inspirasi · Aktualisasi · Hiburan · Download · Menulis · Tips · Info · Akademis · Kesehatan · Medsos · Keuangan · Konseling · Kuliner · Properti · Puisi · Muhasabah · Satwa · Unik · Privacy Policy · Kontributor · Daftar Isi · Tentang Kami·

Umur Hidup 12 Hewan yang Sering Berkeliaran di Rumah

Banjirembun.com - Setiap yang bernyawa pasti mati. Hal tersebut sudah merupakan fitrah bagi seluruh makhluk hidup. Tentunya, tak terkecuali hewan yang pasti pula memiliki masa akhir umur yang berujung pada kematian. Namun, antara satu jenis binatang dengan spesies lainnya jangka hidupnya berbeda-beda. Ada yang singkat, tapi ada pula yang panjang. Sebab, terdapat beberapa faktor yang mempengaruhinya.


Nah, terkait umur hewan ternyata makhluk hidup yang kerap berkeliaran di rumah juga memiliki usia layaknya manusia. Memang, barangkali pengetahuan tentang tersebut tidak terlalu penting untuk dipelajari. Akan tetapi, dengan memahami "standar" periode kehidupan binatang di rumah, seenggaknya dapat menjadi patokan tersendiri untuk mempersiapkan pencegahan lebih lanjut tatkala diperlukan.


Berikut ini umur hewan yang sering berkeliaran di rumah:


1. Kucing

Kucing rumahan memiliki umur kisaran 12 - 18 tahun. Dengan rata-rata angka harapan hidup di ruangan tertutup secara umum yaitu 15 tahun. Sebagaimana hewan peliharaan lain, faktor lamanya umur ditentukan oleh makanan apa yang diberikan oleh majikan serta bagaimana perawatan yang dilakukan. Artinya, makin sering kucing dibiarkan ke luar rumah dapat berpotensi semakin mempercepat mati.


2. Tikus

Tikus got memiliki umur 2 tahun. Uniknya, tikus rumah justru mempunyai umur "hanya" 12 bulan. Sayangnya, umur yang pendek itu mengakibatkan tikus rajin beranak pinak. Di mana, dalam satu tahun bisa beranak sebanyak 6-8 kali. Dalam kondisi memadai, cukup dengan 3 pasang tikus selama 13 bulan sudah sanggup melahirkan 2046 ekor tikus.


3. Tokek

Tokek yang berkeliaran bebas (bukan peliharaan) umurnya mencapai antara 10-20 tahun. Rata-rata kurang lebih 15 tahun. Tergantung pada kompetisi/persaingan, ketersediaan makanan, dan ancaman hewan lain.


4. Cicak 

Cicak mampu berumur hingga 15 tahun lebih. Dengan standar umur kisaran 10 tahun. Kendati demikian, secara alami cicak mampu beradaptasi untuk mencegah ledakan populasi di dalam satu rumah. Di saat jumlahnya menurun, cicak bakal meningkatkan reproduksinya.


5. Kecoa

Total masa hidup kecoa sekitar 3 bulan hingga 2 tahun. Itu tergantung dari spesies, habitat hidup, dan serangan hewan lain yang tak mematikan tapi cukup untuk merusak organ tubuh tertentu.


6. Nyamuk

Secara umum lama hidup nyamuk hanya hitungan hari. Tepatnya 21 hari. Sayangnya, siklus hidup yang singkat itu ternyata ditopang oleh efektivitas reproduksi serta daya tahan hidup yang memadai. Alhasil, walau hidup pendek tetapi kekuatan mempertahankan spesies dari kepunahan sangat tangguh.


7. Anjing 

Rata-rata umur anjing berkisar antara 10 sampai 13 tahun. Dengan perawatan yang bagus, angka harapan hidup anjing berpeluang lebih panjang. 


8. Semut

Semut pekerja yang sering berkeliaran di dalam rumah, punya peluang umur antara 1 - 3 tahun. Di sisi lain, semut pejantan hanya punya usia beberapa hari karena akan mati setelah melakukan kawin dengan ratu. Sementara untuk semut ratu sendiri bisa berusia mencapai puluhan tahun.


Baca juga 8 Hewan Pengurai Limbah Organik Rumah Tangga yang "Membersihkan" Lingkungan


9. Lebah

Lebah pekerja hanya memiliki umur rata-rata 18 hari. Angka harapan hidup yang rendah itu mengalami penurunan drastis dibanding pada tahun 1970 yang mencapai usia 35 harian. Diduga, selain terjadi perubahan iklim (terjadi kenaikan suhu yang tak sesuai dengan kondisi tubuh lebah) juga dipengaruhi bertambah sulitnya lebih mencari sumber makanan. Akibatnya, energi lebah terbuang sia-sia untuk berburu makanan.


10. Rayap

Rayap pekerja mempunyai umur 19 - 24 bulan. Adapun, ratu raya umurnya sanggup tembus hitungan dekade (antara 15 - 20 tahun).


11. Lalat

Rata-rata umur lalat adalah 28 hari (4 pekan). Sayangnya, ia mampu bereproduksi dengan cepat. Lebih detail, satu ekor lalat menghasilan ratusan telur dalam sekali pembuahan. Larvanya berupa belatung yang biasa hidup di daging/bangkai, makanan busuk, atau semacamnya.

Dua ekor Kamitetep yang bernama ilmiah Phereoeca Uterella (sumber foto koleksi pribadi)

12. Kamitetep

Kamitetep alias ulat dinding adalah hewan jenis serangga yang tampak hidup di dalam kepompong. Umur binatang ini hanya 62 hingga 86 hari.






Baca tulisan menarik lainnya:

Terima kasih telah membaca tulisan kami berjudul "Umur Hidup 12 Hewan yang Sering Berkeliaran di Rumah"

Posting Komentar

Berkomentar dengan bijak adalah ciri manusia bermartabat. Terima kasih atas kunjungannya di *Banjir Embun*