Terbaru · Terpilih · Inspirasi · Aktualisasi · Hiburan · Download · Menulis · Tips · Info · Akademis · Kesehatan · Medsos · Keuangan · Konseling · Kuliner · Properti · Puisi · Muhasabah · Satwa · Unik · Privacy Policy · Kontributor · Daftar Isi · Tentang Kami·

9 Lokasi yang Tak Berubah dari Zaman Rasulullah hingga Masa Sekarang

Banjirembun.com - Banyak hal yang masih terkait apa pun di zaman Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam yang tetap terjaga keasliannya alias tak mengalami perubahan hingga masa sekarang. Bahkan, tingkat kesamaannya tidak bisa diragukan lantaran dijaga oleh umat Islam dari zaman Nabi Muhammad sampai era modern ini.

 


Peninggalan Nabi Muhammad tersebut di antaranya meliputi bacaan al Quran, kutipan hadits shahih (terlebih lagi levelnya mutawatir), hingga artefak/barang peninggalan beliau yang sanadnya terpercaya. Maksudnya, informasi tentang runtutan asal-usulnya menyambung tanpa putus langsung ke beliau.


Selain 3 hal di atas, setidaknya ada sembilan lokasi yang tak mengalami perubahan dari zaman Rasulullah hingga era sekarang. Baik konsistensi (tanpa adanya perubahan) itu dari segi letak/posisi, bentuk, fungsi, maupun sifatnya. Secara lengkap berikut ini uraiannya:


1. Kediaman Rasulullah SAW

Zaman dahulu, rumah Nabi Muhammad terletak di dekat Masjid Nabawi di Kota Madinah. Setelah wafat, beliau dimakamkan di dalam hunian yang ditinggali bersama sang istri yaitu Siti Aisyah. 


Keputusan tersebut diambil lantaran proses pemakaman di dalam rumah merupakan kebiasaan para nabi sebelum beliau. Oleh sebab itu sebagaimana nabi-nabi sebelumnya, beliau menghendaki dimakamkan di dalam kediaman tempat beliau berkeluarga semasa hidup.


Dengan demikian, posisi rumah beliau tentunya juga tak berubah sampai sekarang. Artinya, makam dan kediaman Rasulullah letaknya tetap sama persis dari zaman beliau dikebumikan sampai masa kini. 


2. Masjid Nabawi

Bagian dalam Masjid Nabawi telah dibagi-bagi berdasarkan keutamaan dalam menjalankan ibadah atau berdoa. Tentu, pembagian tersebut tidak mengada-ngada atau baru dibuat pada zaman sekarang. Melainkan, didasarkan dari zaman Rasulullah hingga masa sekarang.

Keadaan area Masjid Nabawi di zaman sekarang (sumber pexels.com)

Tatkala berada di dalam Masjid Nabawi, sangat memungkinkan bagi setiap umat Islam untuk membayangkan bagaimana kehidupan beribadah Rasulallah di tempat ibadah tersebut. Tentunya, aktivitas para Sahabat beliau juga berhiruk-pikuk di sana.


3. Kakbah

Posisi Kakbah dari masa Rasulullah sampai sekarang tak mengalami pergerseran sedikit pun. Jangankan letaknya, malahan bentuk dan ukurannya juga tak ada pergantian.


4. Makam Baqi

Makam Baqi tempatnya di Kota Madinah. Area pemakaman tersebut merupakan makam para Sahabat Rasulullah. Lokasinya dari dulu hingga sekarang tak berubah. Malahan, untuk makam-makam sahabat tertentu tanda keberadaannya masih diketahui sampai sekarang.


5. Masjid Quba

Masjid Quba ialah rumah ibadah umat Islam yang pertama kali dibangun oleh Nabi Muhammad bersama sahabat beliau. Keberadaan Masjid tersebut masih ada sampai era sekarang.


6. Shofa dan Marwah

Shofa dan Marwah adalah dua bukit yang terletak di area Masjid al Haram pada Kota Makkah. Masing-masing dua tempat tersebut sebagai tanda dari ujung tempat sa'i (lari-lari kecil) pada ritual ibadah Haji maupun Umrah.


7. Kota Mina

Kota Mina merupakan tempat untuk lontar Jumrah atau lempar Jumrah saat ibadah Haji.


8. Arafah

Arafah  adalah sebuah padang terbuka yang luas di sebelah timur Kota Makkah. Para jamaah Haji melaksanakan wukuf di sini.


9. Muzdalifah

Muzdalifah ialah daerah terbuka yang merupakan tempat jamaah haji mengumpulkan batu kerikil untuk melempar jumrah. Di mana, batu-batu kecil tersebut wajib dikumpulkan dari sana. Tidak boleh mengambil dari tempat lain. Di sana pula, para jamaah haji singgah dan bermalam sesudah bertolak dari Arafah.





Baca tulisan menarik lainnya:

Terima kasih telah membaca tulisan kami berjudul "9 Lokasi yang Tak Berubah dari Zaman Rasulullah hingga Masa Sekarang"

Posting Komentar

Berkomentar dengan bijak adalah ciri manusia bermartabat. Terima kasih atas kunjungannya di *Banjir Embun*