Terbaru · Terpilih · Inspirasi · Aktualisasi · Hiburan · Download · Menulis · Tips · Info · Akademis · Kesehatan · Medsos · Keuangan · Konseling · Kuliner · Properti · Puisi · Muhasabah · Satwa · Unik · Privacy Policy · Kontributor · Daftar Isi · Tentang Kami·

Alasan Telat Makan Maupun Minum Dapat Menurunkan Kekebalan Tubuh

Banjirembun.com - Wabah, musibah global, atau pandemi belum juga berakhir. Malah sekarang ini makin menjadi-jadi. Masyarakat dituntut untuk menjaga diri dan waspada. Salah satu caranya tetap menjaga stabilitas kekebalan tubuh atau imunitas agar tak menurun.


Kebiasaan telat makan dan minum wajib dihindari. Bagaimanapun tubuh perlu asupan nutrisi. Dengan demikian, makan dan minum juga mesti diperhatikan kualitasnya. Pilihlah hidangan yang bergizi dan bernutrisi. Jangan asal kenyang dan haus hilang.

Minumlah air putih yang jernih (tak berwarna), tak berbau, dan tak ada rasanya. Cegah diri minuman bersoda, bergula, berbahan pengawet, minuman sachet, beperwarna kimia, atau yang semacamnya. Selingi juga dengan buah-buahan serta sayur-mayur.


Menunda makan atau telat makan dapat mengganggu sistem tubuh manusia. Sel-sel dalam badan manusia perlu asupan yang lengkap. Baik itu karbohidrat (nasi, roti, mie, kentang, dll), protein hewani (daging, susu, telur, dll), protein nabati (kedelai, almond, kacang hijau, dll), hingga lemak sehat.

Ilustrasi telat makan (sumber gambar)


Sel-sel di dalam tubuh manusia juga butuh "makan" secara teratur. Asupannya mesti lengkap. Kalau dia telat diberi makanan ada kalanya mereka juga "kelaparan". Nah, saat itulah sistem sel-sel imunitas fungsingya juga akan menurun. Tubuh jadi rentan sakit.


Begitu pula kurang minum air putih tak boleh diabaikan. Minumlah air tawar. Sebab sel-sel dalam tubuh setidaknya 60% kandungan di dalamnya adalah air. Serta air di dalam tubuh dapat menjadi mediator (perantara) proses metabolisme di dalam sel.





Baca tulisan menarik lainnya:

Terima kasih telah membaca tulisan kami berjudul "Alasan Telat Makan Maupun Minum Dapat Menurunkan Kekebalan Tubuh"

Posting Komentar

Berkomentar dengan bijak adalah ciri manusia bermartabat. Terima kasih atas kunjungannya di *Banjir Embun*