Terbaru · Terpilih · Inspirasi · Aktualisasi · Hiburan · Download · Menulis · Tips · Info · Privacy Policy · Daftar Isi · Tentang Kami

Pengalaman Mengatasi Masalah Noindex Blogger pada Google Search Console


Masalah Noindex pada Google Search Console merupakan silent killer. Bila dibiarkan maka lambat laun pengunjung blog bakal sepi. Seperti halnya saat mengindex yang butuh waktu, untuk me-noindex juga butuh waktu. Inilah yang sangat membahayakan. Bila tidak disadari pemilik Blogger akan mengira bahwa blognya telah mengalami deindex.


Padahal antara deindex dengan noindex itu beda. Permasalahan noindex masih jauh lebih mudah untuk diatasi daripada masalah deindex. Sebab noindex terjadi salah satunya karena kesalahan pemilik blog dalam mengelola meta tag HTML-nya. Akibatnya sebagian besar link yang ada di blognya disembunyikan oleh Google dari kotak pencarian Google.


Bila deindex terjadi sudah barang tentu link artikel yang dulu nangkring di page one Google bahkan rankingnya di urutan ke-0 menjadi hilang sama sekali. Saat mengetik "Site:url artikel" di Google pun tak akan muncul hasilnya. Nah, bagaimana pengalaman kami dalam mengatasi masalah noindex pada Blogger? Berikut ini penjelasannya.


Langkah pertama yang kami lakukan adalah mengedit meta tag pada menu Tema lalu pilih "Edit HTML" di Blogger. Setelah itu kami arahkan kursor di salah satu kode srcipt di kolom Edit Tema kemudian ketik di keyboard Ctrl+F. Kami pun mengetik kata kunci "noindex" di kotak search pada sisi pojok kanan atas kolom.


Sungguh diluar dugaan. Kami menemukan banyak meta tag yang di dalamnya memuat kode "noindex". Salah satu di antaranya sebagai berikut:

<meta content='noindex,nofollow' name='robots'/>
 
<META NAME=”ROBOTS” CONTENT=”NOINDEX, NOFOLLOW”> 


Mengetahui itu langsung saja kami hapus kode di atas serta kode yang berada tepat di samping kiri dan kanannya yang merupakan satu paket. Tapi ada juga yang mengatakan tidak perlu dihapus cukup ganti perintah "noindex" pada kode di atas dengan perintah "index". Sebab antara keduanya merupakan saling bertolak belakang.


Setelah itu kami menuju halaman Google Search Console. Lalu klik menu "Liputan". Tak seberapa lama munculah halaman yang melaporkan masalah yang ditemukan pada blogger. Salah satunya adalah masalah noindex. Kami klik kolom Detail status kesalahan URL yang dikirimkan ditandai 'noindex'. Lantas kami klik salah satu link yang ditandai sebagai 'noindex'.

Tombol periksa url


Setelah itu di kolom sisi kanan kami klik tombol "Periksa URL". Setelah menunggu loading beberapa detik munculah halaman inspeksi URL. Lalu kami klik tombol "Uji URL Aktif". Kali ini loadingnya berjalan lebih lama. Setelah itu kami klik tombol "MINTA PENGINDEKSAN". Lalu klik menu "INDEKS GOOGLE". Dilanjutkan dengan menekan tombol "MINTA PENGINDEKSAN". 


Hal itu terus kami lakukan pada setiap link atau url yang dilaporkan oleh Google Search Console ditandai sebagai noindex.  Memang butuh kesabaran. Namun, mau bagaimana lagi itu syarat agar setiap link di blog kami semuanya bisa terindeks mesin pencarian Google lagi.






Baca tulisan menarik lainnya:

3 Tanggapan untuk "Pengalaman Mengatasi Masalah Noindex Blogger pada Google Search Console"

  1. waduhhh... bikin blog tutorialnya tp dimatiin copy artikelnya org susah bwt copy kalimat html nya ribet klo diketik manual mah.

    BalasHapus
  2. Saya tidak menemukan kode noindex, tp ada artikel saya ada masalah no index

    BalasHapus

Berkomentar dengan bijak adalah ciri manusia bermartabat. Terima kasih atas kunjungannya di *Banjir Embun*