Terbaru · Terpilih · Inspirasi · Aktualisasi · Hiburan · Download · Menulis · Tips · Info · Privacy Policy · Daftar Isi · Tentang Kami

Jenis-jenis Penelitian: Berdasarkan Kegunaan


Oleh: 
Khamami Zada
(Reviewer Proposal Penelitian)


1. Penelitian Murni (Penelitian Dasar)
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan teori. Tidak terlalu memperhatikan kegunaan langsung yang bersifat praktis. Yakni, untuk menemukan pengetahuan baru yang sebelumnya tidak ada.

Jenis-jenis penelitian (gambar dimodifikasi dari sini)

2. Penelitian Terapan
Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah kehidupan praktis. Penelitian ini bercorak praktis dan aplikatif. Dilandaskan pada permasalahan yang bersifat riil bukan masalah yang teoritis.


3. Penelitian Aksi (Action Research)
Penelitian ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah dengan cara melakukan serangkaian tindakan khusus. Namun, sebelumnya sudah melakukan telaah teoritis. Baru kemudian secara nyata diaplikasikan supaya mendapat solusi.


4. Penelitian Kebijakan
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan suatu kebijakan berdasarkan data dan fakta yang ada di lapangan. Biasanya hasil penelitian ini berupa peraturan, undang-undang, surat keputusan, dan segala hal yang berhubungan dengan kekuatan hukum.


5. Penelitian evaluasi
Penelitian ini bertujuan untuk memberikan penilaian pada program atau kebijakan tertentu.  Hasil penelitian ini akan digunakan sebagai alat untuk membenahi segala kekurangan yang ada.








Baca tulisan menarik lainnya:

Terima kasih telah membaca tulisan kami berjudul "Jenis-jenis Penelitian: Berdasarkan Kegunaan"

Posting Komentar

Berkomentar dengan bijak adalah ciri manusia bermartabat. Terima kasih atas kunjungannya di *Banjir Embun*