Terbaru · Terpilih · Inspirasi · Aktualisasi · Hiburan · Download · Menulis · Tips · Info · Akademis · Kesehatan · Medsos · Keuangan · Konseling · Kuliner · Properti · Puisi · Muhasabah · Satwa · Unik · Privacy Policy · Kontributor · Daftar Isi · Tentang Kami·

Harga Booking Hotel Standar, Berdasar Pengalaman Pribadi


Sebenarnya informasi ini sudah saya buat berupa tampilan video. Di mana, kemudian saya up load ke YouTube dengan judul "HARGA, FASILITAS, dan LAYANAN ideal yang harus diberikan HOTEL..!!". Meski isi video itu berupa teks yang dibumbui backsound cukup menarik tapi ternyata hanya sedikit yang menontonya. Oleh sebab itu, supaya informasi itu bermanfaat maka perlu saya posting di sini.


Baca juga: 

Berpergian ke Jakarta dengan Uang Pas-pasan

Trik Persiapan Menghadapi Arus Mudik dan Balik


Apa itu hotel yang ideal? 
Hotel ideal adalah hotel yang memiliki fasilitas terstandar atau memadai. Tak ada kekurangan sedikit pun dari berbagai sisi. Baik itu pelayanan maupun fasilitasnya. Di mana, tarif hotel yang dibandrol permalamnya juga harus sesuai dengan fasilitas dan layanan yang diberikan oleh pihak hotel. Pada intinya, hotel ideal adalah penginapan yang tidak memiliki cela sedikitpun. Semuanya diberikan sesuai standar.


Bagi kalian yang sering menginap atau menjadi pelanggan pasti pernah menemukan satu kekurangan atau atau bahkan lebih pada hotel. Lalu pantaskah hotel seperti itu dikatakan sebagai hotel ideal? Tentu jawabannya tidak. Sebab ia memiliki kecatatan atau kejanggalan yang cukup menganggu. Terlebih lagi itu terjadi pada fasilitas atau layanan primer.


Pengalaman pribadi menginap di hotel
Seperti pengalaman saya saat menginap di hotel satu ini. Lokasinya agak masuk ke dalam gang tepatnya di daerah kota Surabaya. Tarif yang diberikan 250 ribu permalamnya. Ada salah satu kekurangan hotel yang menurut saya fatal. Yakni, air krannya kotor (berwarna cokla seperti karat). Sayangnya saat itu saya tidak sempat mendokumentasikan dalam sebuah foto karena beberapa kesibukan.


Ilustrasi kamar hotel (sumber gambar)


Berdasar pengalaman pribadi saya dari beberapa kali menginap di hotel bintang tiga ke bawah harga hotel yang fasilitas dan layanannya memenuhi kata "ideal" adalah minimal 350 ribu per malam. Terlebih bila hotel itu berlokasi di kota kecil maka fasilitas yang didapat akan lebih memanjakan. Dengan harga segitu kalian pantas mendapat fasilitas hingga pelayanan yang memadai dan terstandar.


Fasilitas Hotel Standar

Saya berani mengatakan bahwa hotel dengan harga di atas 350 ribu per malam merupakan hotel yang terstandar. Yakni, hotel yang tak ada kekurangan maupun cela. Semuanya diberikan dengan pantas, nyaman, aman, dan memuaskan sesuai dengan harga yang diberikan. Dengan harga segitu fasilitas yang didapat ialah kamar mandi bersih dan tidak bau serta sandal dua pasang dengan kualitas baik.


Tidak cukup seperti di atas. Menu sarapan pagi yang disajikan juga variatif. Yakni prasmanan, ada nasi goreng, pecel, sayur bali, nasi kuning, dan lain-lain. Serta bila salah satu menu habis maka akan segera diisi ulang. Minuman yang diberikan juga tak kalah variatifnya. Ada jus, sari buah, air mineral, teh, kopi, dan lain-lain. Namun, khusus untuk minuman tertentu bila habis tidak akan diisi ulang lagi.


Adapun fasilitas di dalam kamar terdiri dari lemari besar yang banyak sabnya. Hiasan kamarnya berhias interior terbaru. Telivisi layar datar dengan sinyal bagus serta pilihan chanelnya cukup banyak. Selanjutnya ada pemanas air minum, AC normal, ada akses fentilasi udara baik di kamar mandi maupun di kamar tidur, dan ada fasilitas tambahan lainnya seperti brankas tempat menyimpan benda berharga. 


Fasilitas tambahan lain yang tak kalah untuk menimbulkan kenyamanan ialah ada kolam renang yang cukup besar dan berair bersih. Jendela kamar yang bisa menerima sinar matahari. Ruang tamu di lobi hotel yang memadai. Petugas mau memberikan colokan tambahan bila diminta tamu. Selantunya ada pesawat telepon, peralatan mandi yang memadai, snack serta air mineral yang dikirim ke kamar, dll.


Namun demikian, perlu dicatat bahwa tidak ada hotel dengan harga 350 ribu akan memberikan semua fasilitas seperti disebutkan di atas. Kadang, hotel akan memberikan fasilitas secara lebih hanya pada bidang tertentu saja. Tapi paling tidak dengan harga 350 ribu seharusnya (berdasarkan pengalaman) akan mendapat fasilitas yang normal dan tidak ada kelalaian yang bikin ilfil.


Layanan Hotel Standar
Hotel yang ideal akan memberikan layanan yang cukup memadai. Meliputi sopan santun karyawan hotel yang terjaga. Satpam atau tukang parkir yang responsif. Telepon/keluhan dari tamu direspon dengan segera. Telaten dalam menjawab pertanyaan tamu. Menjamin privasi tamu tetap terjaga. Salah satunya dengan cara memberi alat peredam suara di pintu maupun jendela kamar. Dengan itu suara dari luar kamar tidak terdengar ke dalam begitu juga sebaliknya.


Selanjutnya, dengan harga 350 ribu maka idealnya akses naik lift bersifat privat. Di mana hanya pengguna kartu khusus yang sudah membooking kamar yang bisa mengaksesnya. Tidak ketinggalan antara kamar perokok dengan kamar bukan perokok harus dipisahkan secara konsisten (terus-menerus). Serta lantai lokasi kamar untuk tamu rombongan dengan lantai tamu kamar keluarga atau pribadi harus dibedakan, dan lain-lian.


Kendati demikian, perlu diperhatikan bahwa tidak semua hotel akan memberikan semua layanan seperti disebutkan di atas. Sangat jarang ada hotel yang demikian. Apalagi dengan harga 350 ribu. Tapi paling tidak untuk layanan primer tetap diberikan secara prima sehingga bisa memanjakan dan membesarkan hati para tamunya. Paling tidak petugas hotel tidak akan mengecewakan ketika melayani.


Akibat yang diterima ketika booking hotel di bawah harga 350 ribu

Bila kalian tetap memaksa menginap di hotel dengan harga di bawah 350 ribu maka harus siap-siap menghadapi resiko yang kami paparkan di bawah ini. Resiko itu bisa kalian dapatkan semuanya dari layanan maupun fasilitas yang akan kalian dapatkan. Bisa juga hanya menanggung resikonya sebagian saja. 


Bila beruntung kalian hanya mendapat satu cela/kekurangan yang harus diterima. Bisa jadi setidak-tidaknya kalian tak mendapat salah beberapa fasilitas atau layanan yang disebutkan di atas. Meski fasilitas dan layanan tertentu tak diberikan, tapi pihak hotel memberi layanan dan fasilitas yang ada dengan kualitas baik. Itu sudah cukup untuk mengobati.


Berikut ini kekurangan hotel dengan harga di bawah 350 ribu:

1. Kamar mandi

Berbau, meski tak berbau kamar mandinya madel lama (buatan tahun lama). Air kran tidak lancar, kotor, dan tidak panas (pemanas rusak). Lampu kamar mandi kurang terang. Ruang kamar mandi kecil. Cermin kamar mandi buram serta cantolan di kamar mandi kurang banyak, alat penyedot atau penyaring udara rusak/tidak ada, tidak ada tempat cuci tangan, dll.

2. Kamar tidur

Tidak ada pewangi ruangan. Ada pewangi tapi hiasan interior kamar model lama (buatan tahun lama). Tatanan interior kamar nampak mistis (angker), AC tidak normal, TV non LED (tidak layar datar), TV jumlah chanelnya sedikit. Selanjutnya tempat sampah di dalam kamar kotor, seprei lusuh serta berwarna kusam, dan lain-lain.


3. Fasilitas tambahan

Tidak ada kolam renang. Bila pun ada akan dikenai biaya tambahan. Kadang ukuran kolamnya kecil seadanya. Airnya juga nampak keruh. Selain itu tidak ada brankas, tidak mendapat snack, tidak mendapat peralatan mandi, tidak mendapat sandal, tidak mendapat sarapan atau sarapan seadanya, Wifi lemot, dan lain-lain.

Serta kekurangan lainnya baik yang bersifat fatal maupun sepele.


Dapat dikatakan setiap hotel seringkali memiliki kelemahan. Misalnya, fasilitas atau layanan yang kurang lengkap. Bisa juga fasilitas ada tapi rusak/tidak normal. Sebaliknya juga memiliki kelebihan yang berebeda dalam segi layanan maupun fasilitas. Di mana itu yang akan menjadi brand image atau ciri khas hotel. Demikian pemaparan pribadi ini ditulis. Mohon maaf atas segala kekurangan. Semoga bermanfaat.








Baca tulisan menarik lainnya:

Terima kasih telah membaca tulisan kami berjudul "Harga Booking Hotel Standar, Berdasar Pengalaman Pribadi"

Posting Komentar

Berkomentar dengan bijak adalah ciri manusia bermartabat. Terima kasih atas kunjungannya di *Banjir Embun*