Terbaru · Terpilih · Inspirasi · Aktualisasi · Hiburan · Download · Menulis · Tips · Info · Akademis · Kesehatan · Medsos · Keuangan · Konseling · Kuliner · Properti · Puisi · Muhasabah · Satwa · Unik · Privacy Policy · Kontributor · Daftar Isi · Tentang Kami·

Download makalah S3: PSIKOLOGI KOGNITIF (Cognitive Approach) pada PAI

PSIKOLOGI KOGNITIF (COGNITIVE APPROACH) PADA PAI
(Penerapan Teori Perkembangan Kognitif Piaget dalam Pembelajaran PAI)

Oleh:
Laily Nur Arifa

(Penulis adalah mahasiswa S3 Prodi PAI Berbasis Interdisipliner UIN Maulana Malik Ibrahim Malang , angkatan ke-2 Tahun 2014)





Abstract


Psikologi kognitif sebagai sebuah pendekatan telah banyak digunakan di berbagai bidang. Dalam bidang pendidikan, psikologi kognitif telah banyak membantu pendidik memahami proses kerja otak. Salah satu tokoh psikologi kognitif yang terkenal adalah Jean Piaget. Teori perkembangan kognitif yang dirumuskan Jean Piaget dianggap sebagai gebrakan baru dalam memahami proses pengetahuan anak. Menurut Piaget, dalam masalah berpikir, anak bukanlah miniatur orang dewasa, melainkan individu yang memiliki cara berpikir yang berbeda dengan orang dewasa. Implikasi penting teori Piaget dalam pembelajaran adalah bahwa anak-anak memiliki tingkatan kognitif tertentu sehingga membutuhkan metode yang berbeda antar tingkatan. Dalam pembelajaran PAI, teori Piaget dapat diterapkan dengan misalnya, anak usia 0-2 tahun berada pada tahap sensorimotor, sehingga pembelajaran PAI yang tepat adalah dengan merangsang indera anak dengan materi PAI. Pada tahap pra operasional, pembelajaran menggunakan metode mendogeng. Pada tahap operasional konkrit, materi PAI diajarkan dengan logika sederhana. Sedangkan pada tahap operasional formal, peserta didik sudah dapat berpikir secara abstrak.

Kata Kunci: Psikologi Kognitif, Jean Piaget, PAI



A. Pendahuluan
Psikologi kognitif sebagai sebuah pendekatan telah banyak digunakan di berbagai aspek kehidupan. Dalam bidang pendidikan, psikologi kognitif telah memberikan pengaruh besar terhadap perubahan gaya pembelajaran. Salah satu tokoh yang dianggap paling berjasa dalam perubahan ini adalah Jean Piaget. Dari hasil penelitianya, timbullah teori belajar yang biasa disebut teori perkembangan kognitif. Teori ini menetapkan ragam dari tahap-tahap perkembangan intelektual manusia dari lahir sampai dewasa beserta ciri-ciri dari setiap tahapan.


Silakan download makalah tersebut file berbentuk PDF 
>> di sini << 

 serta file PDF yang bertampil power point 
>> di sini <<










Baca tulisan menarik lainnya:

Terima kasih telah membaca tulisan kami berjudul "Download makalah S3: PSIKOLOGI KOGNITIF (Cognitive Approach) pada PAI"

Posting Komentar

Berkomentar dengan bijak adalah ciri manusia bermartabat. Terima kasih atas kunjungannya di *Banjir Embun*