Terbaru · Terpilih · Inspirasi · Aktualisasi · Hiburan · Download · Menulis · Tips · Info · Akademis · Kesehatan · Medsos · Keuangan · Konseling · Kuliner · Properti · Puisi · Muhasabah · Satwa · Unik · Privacy Policy · Kontributor · Daftar Isi · Tentang Kami·

Waspada pada Setiap Link dan Situs Mencurigakan yang Disebar di Medsos

Banjirembun.com - Lebih baik abaikan saja link maupun situs mencurigakan yang disebar di media sosial. Apalagi yang meminta kalian untuk mengisi kode OTP, password, email, atau data pribadi yang harus dirahasiakan lainnya. Oleh sebab itu, pastikan dulu apakah alamat url dari website itu resmi atau tidak. Sebab, biasanya perusahaan besar tak menyebar link di medsos.


Apapun dalih serta alasannya link atau tautan yang tidak resmi sudah pasti itu sebuah penipuan. Ditambah lagi informasi tentang situs itu berasal dari akun medsos yang tidak resmi pula. Padahal sudah ada akun medsos lain yang sudah bertanda bintang, centang, atau semacamnya yang berasal dari pengelola aplikasi medsos. Abaikan saja dan blokir akun medsos tersebut.

Modus yang digunakan oleh para penipu biasanya mengiming-imingi hadiah, pinjaman lunak dengan bunga rendah, harga diskon, bebas ongkos kirim, sampai tawaran-tawaran barang lelang yang mudah didapat. Semua itu cuma bohongan agar calon korban mau mengklik atau membuka link yang sudah mereka "atur" sebelumnya untuk mencuri data-data pribadi milik korban.


Kalau data rahasia sudah didapat penipu tentu mereka akan dengan mudah mengakses akun aplikasi mobile banking, akun marketplace mereka untuk meminjam uang, hingga mengambil alih akun medsos milik korban untuk melakukan penipuan atas nama korban. Berikut ini contoh-contoh modus sebar link yang mencurigakan untuk modus penipuan. Bisa jadi link di bawah asli tapi daripada ragu lebih baik tidak perlu dibuka.







Baca tulisan menarik lainnya:

Terima kasih telah membaca tulisan kami berjudul "Waspada pada Setiap Link dan Situs Mencurigakan yang Disebar di Medsos"

Posting Komentar

Berkomentar dengan bijak adalah ciri manusia bermartabat. Terima kasih atas kunjungannya di *Banjir Embun*