Terbaru · Terpilih · Inspirasi · Aktualisasi · Hiburan · Download · Menulis · Tips · Info · Akademis · Kesehatan · Medsos · Keuangan · Konseling · Kuliner · Properti · Puisi · Muhasabah · Satwa · Unik · Privacy Policy · Kontributor · Daftar Isi · Tentang Kami·

7 Keutamaan Sholawat

Banjirembun.com - Sholawat merupakan salah satu bagian amal ibadah yang dianjurkan. Tidak boleh dalam hati setiap Muslim meremehkan amalan sholawat. Apalagi menganggap bersholawat sebagai kegiatan sia-sia.


Dalam posisi duduk tasyahud di setiap sholat yang dilakukan setiap Muslim terdapat bacaan sholawat terhadap nabi Muhammad SAW beserta keluarga beliau dan nabi Ibrahim AS beserta keluarga.


Baca juga: NU Punya Jasa dan Saham "Investasi" pada Bangsa ini Bernilai Sangat Besar


Berikut ini keutamaan, fadilah, atau manfaat sholawat:


1. Bentuk Ketaatan pada Allah SWT

Membaca sholawat akan dicatat sebagai bentuk mengamalkan perintah Allah SWT. Di dalam Al Quran Surat al Ahzab ayat 56 disebutkan tentang anjuran bersholawat bagi orang beriman.


2. Mendapatkan Balasan dari Allah SWT

Umat Islam yang bersholawat pada Rasulullah SAW akan mendapatkan sholawat "balik" dan ampunan dari-Nya. Serta tentu ditinggikan derajatnya oleh Allah SWT. Masing-masing dari ketiganya 10 kali lipat balasan.


3. Bersholawat Penting Dilakukan Saat Berdoa

Sholawat menjadi bagian tak terpisah dari adab dan sebab dikabulkan doa setiap hamba. Semakin banyak sholawat diulang ketika akan berdoa semakin bagus kualitas doa yang diajukan.


4. Anjuran Meperbanyak Sholawat

Terdapat anjuran supaya umat Islam memperbanyak sholawat. Terutama pada hari jumat. Hari yang afdhol untuk bersholawat adalah hari jumat. Di mana, sholawat setiap Muslim akan sampai pada Rasulullah SAW. 

Sumber gambar 

5. Terhindar dari Sifat Pelit

Manusia yang enggan bersholawat menandakan sebagai orang pelit. Yakni, tatkala nama Nabi Muhammad SAW disebutkan di hadapannya tapi dia tak mau bersholawat untuk beliau.


6. Sholawat Setiap Muslim Bakal Sampai kepada Rasulullah

Di manapun mukmin berada, setiap sholawat yang dilantunkan akan sampai kepada Rasulullah. Kalau memang mengaku cinta beliau salah satu bentuknya ialah bersholawat.


Baca juga: Di Mana Saja Bendera NU Berkibar di Sanalah Rahmat dan Siar Islam Bergelora


7. Mendapatkan Balasan 10 Kali Lipat dari Allah SWT 

Bersholawat kepada Rasulullah SAW satu kali langsung mendapatkan sholawat dari Allah SWT sepuluh kali lipat. Ini menandakan betapa sholawat kepada nabi Muhammad SAW merupakan istimewa.






Baca tulisan menarik lainnya:

Terima kasih telah membaca tulisan kami berjudul "7 Keutamaan Sholawat"

Posting Komentar

Berkomentar dengan bijak adalah ciri manusia bermartabat. Terima kasih atas kunjungannya di *Banjir Embun*