Terbaru · Terpilih · Inspirasi · Aktualisasi · Hiburan · Download · Menulis · Tips · Info · Akademis · Kesehatan · Keuangan · Konseling · Kuliner · Properti · Puisi · Muhasabah · Satwa · Unik · Privacy Policy · Kontributor · Daftar Isi · Tentang Kami·

Begini 3 Cara Iblis Mengetahui Isi Hati Manusia

 Apakah iblis tahu isi hati manusia? Jawabannya adalah tidak. Sebagaimana para malaikat yang enggak bisa mengetahui isi hati insan seperti kita ternyata iblis pun sama saja. Di mana, tentunya hanya Allah Subhanahu wa ta'ala yang mengetahui isi hati setiap individu tanpa terkecuali. Bahkan, tidak ada celah sedikit pun waktu serta suara isi hati yang terlewatkan oleh Yang Maha Pengawas.


Pendapat dari sebagian umat Islam, keimanan menyangkut hal di atas tidak boleh ditolak. Sebab, itu merupakan bagian dari akidah. Alhasil, kalau tetap menganggap iblis sanggup mengetahui isi hati manusia secara langsung tanpa "perantara" dapat mengakibatkan dosa besar. Itu sama saja, menganggap bahwa kekuatan iblis seolah-olah tak terbatas melebihi kemampuan makhluk gaib lainnya.


Baca juga: Perbedaan Iblis, Setan, dan Jin


Bayangkan, jika iblis tahu suara hati manusia secara langsung maka sungguh itu akan membikin ia begitu mudah dalam menggoda manusia. Dengan demikian, ketika kita melakukan perbuatan dosa atau kebatilan janganlah serta-merta menyalahkan iblis. Boleh jadi, hawa nafsu dari dalam kita sendirilah yang menjadi faktor utama terjadinya perbuatan nista itu. Dengan begitu, iblis hanya bertindak menggoda semata tanpa tahu seperti apa isi hati manusia.


Berikut ini tiga cara iblis tahu isi hati manusia:


1. Membisikkan Kejahatan Begitu Saja

Godaan yang dilontarkan iblis ke dalam dada manusia sesungguhnya boleh jadi dilakukan secara coba-coba dan asal-asalan. Tanpa didasari pengetahuan tentang bagaimana suara hati manusia yang jadi korban bisikannya. Nah, kalau manusia menurut saja terhadap iblis yang membisikkan kejahatan berarti isi hati manusia memang sesuai "perkiraan" si iblis yang berbisik itu. Lebih lanjut, iblis akan memberikan bisikan yang isinya sama untuk menggoda seseorang itu lagi di kemudian hari.


2. Mencuri Informasi dari Langit

Para malaikat di atas langit nan jauh tinggi sesungguhnya sangat banyak jumlahnya. Mereka memiliki tugas dan aktivitas masing-masing. Beberapa di antara mereka juga ada yang saling berbincang-bincang. Salah satu perbincangan yang mereka lakukan yaitu terkait takdir yang akan dijalani oleh manusia. Selanjutnya, sebagian iblis yang berada di bumi menerobos menuju langit untuk mencuri informasi rahasia tersebut. Kemudian, dijadikan dasar sebagai siasat untuk mengira-ngira seperti apa isi hati manusia sesuai kabar yang dicurinya itu.


3. Membuat Kesimpulan dari Aktivitas Sehari-hari

Umur iblis lebih panjang daripada manusia. Bahkan, terdapat iblis yang tetap hidup semenjak Nabi Adam diciptakan hingga bertahan sampai hari kiamat kelak. Tentu para iblis itu memiliki banyak pengetahuan maupun pengalaman tentang bagaimana tabiat atau karakter manusia. Dengan kata lain, iblis yang sudah "profesional" begitu cerdik dalam menebak isi hati manusia. Barangkali, ada SOP (Standar Operasional Prosedur) yang diterapkan oleh kawanan iblis itu.


Baca juga: 7 Jalan Pintu Masuk Bisikan Iblis ke Dalam Hati Manusia


Itulah sejumlah cara iblis dalam mengetahui isi hati manusia. Semoga tulisan ini bermanfaat.


Gambar hanya sebagai "penguat" kesan, tidak ada tujuan untuk memberikan gambaran seperti apa wujud iblis (sumber Pixabay.com/ OpenClipart-Vectors)





Baca tulisan menarik lainnya:

Terima kasih telah membaca tulisan kami berjudul "Begini 3 Cara Iblis Mengetahui Isi Hati Manusia"

Posting Komentar

Berkomentar dengan bijak adalah ciri manusia bermartabat. Terima kasih atas kunjungannya di *Banjir Embun*