Terbaru · Terpilih · Inspirasi · Aktualisasi · Hiburan · Download · Menulis · Tips · Info · Akademis · Kesehatan · Medsos · Keuangan · Konseling · Kuliner · Properti · Puisi · Muhasabah · Satwa · Unik · Privacy Policy · Kontributor · Daftar Isi · Tentang Kami·

Masjid Agung Al Hidayah Karangploso Malang, Wisata Religi Mirip Hagia Sophia di Turki

Masjid bergaya Hagia Sophia atau Aya Sofya negeri Turki ini terletakan di Kabupaten Malang. Tepatnya di jalan besar/utama penghubung gerbang tol Singosari atau Underpass Karanglo ke pusat Kota Batu.


Sekarang ini Masjid Agung Al Hidayah sedang dalam proses pembangunan menara. Ketika sudah jadi sungguh bakal lebih cantik lagi tempat ibadah umat Islam tersebut. Lekukan ukiran di permukaan Masjid berwarna kecoklatan itu sangat pindah.


Kubahnya yang besar juga tak kalah membikin gagah. Kalau didekati di bagian luar Masjid memang tampak ukuran terlihat kecil. Akan tetapi saat masuk ke dalamnya ruang terasa teramat luas, sejuk, dan bersih. Karpet tebal dan empuk.


Kubah utama didukung dengan 16 buah kubah kecil di sekitarnya yang diposisikan secara rapi dan mempesona. Ada pula kubah-kubah separuh lingkaran yang berada di sudut-sudut Masjid. Tak akan rugi masuk untuk sholat di dalamnya.


Masjid 3 lantai itu hingga kini pembangunannya masih terus berlangsung. Terutama bagian menara besarnya. Bagi kalian yang hendak ke sana perlu diketahui lantai satu untuk toilet dan wudu sedang lantai 2 dan 3 untuk ibadah serta kajian keagamaan.


Kemegahan Masjid mirip Hagia Sophia di Indonesia itu tak cuma di bagian luarnya. Malah di bagian dalam sajian-sajian kaligrafi berseni tinggi menghiasi sejumlah dinding dan sisi dalam kubah-kubahnya. Dijamin bikin decak kagum cukup lama.


Semua ornamen yang ada di dalamnya sangat mirip dengan Aya Sofia. Kemegahan Masjid itu mungkin membuat banyak orang mengira bahwa itu adalah Masjid baru. Ternyata salah itu sudah ada semenjak zaman belanda dulu.

Berikut ini video lokasi Masjid Agung Alhidayah Karangploso Malang:







Baca tulisan menarik lainnya:

Terima kasih telah membaca tulisan kami berjudul "Masjid Agung Al Hidayah Karangploso Malang, Wisata Religi Mirip Hagia Sophia di Turki"

Posting Komentar

Berkomentar dengan bijak adalah ciri manusia bermartabat. Terima kasih atas kunjungannya di *Banjir Embun*