Terbaru · Terpilih · Inspirasi · Aktualisasi · Hiburan · Download · Menulis · Tips · Info · Akademis · Kesehatan · Medsos · Keuangan · Konseling · Kuliner · Properti · Puisi · Muhasabah · Satwa · Unik · Privacy Policy · Kontributor · Daftar Isi · Tentang Kami·

SKRIPSI KUALITATIF di Pesantren


Pengaruh Metode Diskusi/Musyawarah Terhadap Minat Belajar Santri Di Madrasah Diniyyah
Haji Ya’qub (MDHY), Lirboyo-Kota Kediri

Oleh: Alvin Maskur


Foto: Alvin Maskur (sumber foto: facebook)

(Mahasiswa S2 Pascasarjana STAIN Kediri dan santri di 
Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Ma'unah-Sari Bandar Kidul Kediri Jawa Timur)

ABSTRAK


ALFIN MASKUR.2006. Dosen Pembimbing Anis Humaidi, M.Ag. Dan Drs. Syamsul Huda, M.Ag.: Implementasi Sistem Pendidikan Pesantren Mu’adalah Di Pondok Pesantren Miftahul Mubtadi’in Tanjunganom Nganjuk Tahun Ajaran 2010/2011, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, STAIN Kediri, 2011.

Kata kunci: Implementasi Sistem Pendidikan dan Pesantren Mu’adalah          

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kebutuhan yang cukup mendesak ketika sebagian santri lulusan pondok pesantren mendapatkan beberapa kesulitan seperti untuk melanjutkan menimba ilmunya ke jenjang pendidikan formal yang lebih tinggi, melamar menjadi guru madrasah dan bahkan untuk sekedar berpartisipasi dalam bidang-bidang formal kemasyarakatan/pemerintahan. Beberapa kesulitan tersebut umumnya terjadi hanya lantaran tidak adanya ijazah formal yang dikeluarkan pondok pesantren ketika santri telah selesai menimba ilmu di pondok pesantren tersebut. Padahal seperti yang diketahui bersama, lulusan pondok pesatren tidak dapat dianggap enteng. Banyak lulusan pondok pesantren yang menjadi tokoh masyarakat maupun tokoh keagamaan. Berangkat dari hal itu, beberapa pondok pesantren pada akhirnya mulai mengimplementasikan suatu sistem pendidikan yang dinamakan sistem pendidikan pesantren mu’adalah. Sistem pendidikan ini, salah satunya dimaksudkan untuk menjawab kesulitan-kesulitan di atas. Pesantren yang cukup tersohor di wilayah Nganjuk, yaitu Pondok Pesantran Miftahul Mubtadi’in Tanjunganom Nganjuk adalah salah satu pesantren yang telah berhasil mengimplementasikan sistem pendidikan pesantren mu’adalah. Berdasarkan  latar belakang di atas maka penulis merasa cukup urgen untuk mengetahui lebih dalam bagaimana implementasi sistem pendidikan pesantren mu’adalah di pesantren tersebut serta faktor-faktor apasaja yang dapat menghambat dan mendukung implementasinya.
Berpijak pada rumusan masalah tersebut, maka penelitian bertujuan  untuk mendiskripsikan implementasi sistem pendidikan pesantren mu’adalah di pesantren Mifathul Mubtadi’in Tanjunganom Nganjuk. Dalam hal ini peneliti menggunakan metode diskriptif kualitatif dengan pendekatan fenomonologi. Teknik pengumpulan data menggunakan interview, observasi, dokumentasi. Teknik analisis data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif dengan membuat gambaran yang dilakukan dengan cara (1) reduksi data atau penyederhanaan (data reduction), (2) paparan/sajian data (data display), dan (3) penarikan kesimpulan..
Menurut penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Implementasi sistem pesantren mu’adalah di Pondok Pesantran Miftahul Mubtadi’in Tanjunganom Nganjuk yaitu: pelaksanaan pengajian kitab kuning diadakan dua kali, pada pagi sampai siang dan sore sampai malam dengan metode madrasi, sorogan atau bandongan. Para santri setiap harinya sebagian besar bertempat di asrama yang sama dengan santri lain. Kegiatan-kegiatan ektra kurikuler tersebut diantaranya adalah: Qiroatul Qur’an, Khitobah, Bathsul masa’il, kursus komputer dan kursus menjahit. Seleksi penerimaan santri baru kebanyakan merupakan lulusan dari madrasah wustho pondok Miftahul Mubtadiin sendiri, kecuali untuk siswa baru dari luar pondok Miftahul Mubtadiin. Pelaksanaan ujian adalah bulan Maulud dan Bulan Rajab. Sedangkan materi yang diujikan yaitu kurikulum pondok pesantren Miftahul Mubtadiin Sendiri. Tujuan penerapan pesantren mu’adalah di Pondok Pesantren Miftahul Mubtadi’in adalah agar santri mendapat ijasah yang diakui instansi formal maupun non formal; (2) Faktor pendukung Implementasi Sistem Pendidikan Pesantren Mu’adalah Di Pondok Pesantren Miftahul Mubtadi’in Tanjunganom Nganjuk adalah peraturan dan tata tertib pondok yang berjalan cukup ketat, dukungan masyarakat sekitar yang antusias, tingkat kepatuhan yang tinggi antara santri dengan Kyainya serta sudah berlangsungnya sistem pendidikan agama dengan tambahan muatan pelajaran umum sebelumnya. Faktor penghambatnya adalah minimnya dana, kurangnya fasilitas, ruang belajar yang tidak representatif serta kurangnya informasi dan model pondok pesantren yang dapat dijadikan panduan program dan kegiatan pesantren mu’adalah dengan lebih baik.



KATA PENGANTAR

Segala puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT. yang telah memberikan taufik, hidayah, dan inayah-Nya kepada penulis, sehingga dapat menyelesaikan skripsi yang berjudul “PELAKSANAAN METODE TAKRIR DALAM MENGHAFALKAN AL-QUR’AN BAGI SANTRI DI PONDOK PESANTREN PUTRI AL-MARDLIYAH”, dan penulis berharap semoga Allah senantiasa memberikan ilmu yang bermanfaat kepada penulis baik di dunia maupun di akhirat.
Sholawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan Nabi besar Muhammad Saw. yang telah memberi petunjuk kepada jalan yang diridhai oleh Allah dengan ajaran yang dibawanya, yaitu ajaran agama Islam.
Untuk mewujudkan skripsi ini banyak sekali pihak-pihak yang memberikan bantuan kepada penulis, sehingga meskipun mengalami banyak kesulitan, penulis dapat menyelesaikannya. Untuk itu penulis mengucapkan rasa terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada yang terhormat:
1.      Bapak Drs. Muhammad Rois, MA. selaku pembimbing I dan bapak Saifullah, M. Ag. selaku pembimbing II yang selalu memberikan bimbingan dan arahan hingga terselesaikannya skripsi ini.
2.      Bapak Dr. H. Ahmad Subakir, M.Ag selaku Ketua STAIN Kediri.
3.      Bapak Dr. Mukh. Abdullah, M.Ag, selaku Ketua Jurusan Tarbiyah STAIN Kediri.
4.      Bapak KH. M. Yahya Husnan dan ibu Hj Umi Salamah selaku Pengasuh Pondok Pesantren Putri Al-Mardliyah Bahrul Ulum Tambakberas Jombang Jawa Timur, yang telah memberikan izin kepada peneliti untuk mengadakan penelitian pada lembaga yang dimpimpinnya.
5.      Bapak dan Ibu dosen beserta staf Jurusan Tarbiyah Prodi Pendidikan Agama Islam STAIN Kediri.
6.      Ayahanda (alm) dan ibunda tercinta dan terkasih yang selalu dengan kesabarannya memotivasi, mencurahkan kasih sayangnya, membiayai dan memberikan bantuan, baik berupa materi maupun immateri kepada penulis dalam menuntut ilmu.
Penulis menyadari bahwa penyusunan skripsi ini masih banyak kekurangan dan kesalahan, karena itulah penulis berharap kepada semua pihak yang membaca, agar memberikan saran dan kritik demi perbaikan pada penelitian selanjutnya.
Penulis berharap semoga skripsi ini dapat memberikan manfaat bagi penulis khususnya dan bagi para pembaca pada umumnya. Amin.


Kediri,  10 Juli 2010


Penulis




DAFTAR ISI



HALAMAN JUDUL................................................................................................ i
HALAMAN PERSETUJUAN................................................................................. ii
HALAMAN NOTA KONSULTAN........................................................................ iii
HALAMAN NOTA PEMBIMBING....................................................................... iv
HALAMAN PENGESAHAN.................................................................................. v
HALAMAN MOTTO............................................................................................... vi
HALAMAN PERSEMBAHAN............................................................................... vii
ABSTRAKSI............................................................................................................. viii
KATA PENGANTAR.............................................................................................. x
DAFTAR ISI............................................................................................................. xii
DAFTAR TABEL..................................................................................................... xv
DAFTAR LAMPIRAN............................................................................................. xvi
BAB I......... :PENDAHULUAN.............................................................................. 1
A. Konteks Penelitian........................................................................... 1
B. Fokus Penelitian............................................................................... 6
C. Tujuan Penelitian.............................................................................. 6
D. Kegunaan Penelitian........................................................................ 7
BAB II........ : LANDASAN TEORI............................................................... ......... 9
A. Tinjauan Umum Sistem Pendidikan Pondok Pesantren................... 9
1Pengertian Sistem Pendidikan Pondok Pesantren...................... 9
2Sejarah berdirinya Pondok Pesantren......................................... 11
3Fungsi  dan Tujuan Pondok Pesantren........................................ 13
4. Sistem Pendidikan dan Pengajaran Pondok Pesantren...... ......... 14
B. Tinjauan Umum Pesantren Mu’adalah............................................. 16
1Pengertian Pesantren Mu’adalah................................................. 16
2.   Tujuan Penyelenggaraan Pesantren Mu’adalah ......................... 18
3.    Prosedur Penyelenggaraan Pesantren Mu’adalah..................... 20
BAB III       :METODE PENELITIAN.................................................................... 30
A.Pendekatan dan Jenis Penelitian....................................................... 30
B. Kehadiran Peneliti............................................................................ 31
C. Lokasi Penelitian.............................................................................. 31
D. Data dan Sumber data .................................................................... 32
E. Prosedur Pengumpulan Data............................................................ 34
F. Analisis Data..................................................................................... 35
G. Pengecekan Keabsahan Data........................................................... 37
E. Tahap-tahap Penelitian..................................................................... 38
BAB IV...... : PARARAN DATA DAN TEMUAN PENELITIAN....................... 40
A. Paparan Data.................................................................................... 40
1.  Gambaran Umum Lokasi Penelitian........................................... 40
2. Implementasi Sistem Pendidikan  Pesantren Mu’adalah di Pondok Pesantren Miftahul Mubtadi’in....................................................................................... 50
3. Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Sistem Pendidikan  Pesantren Mu’adalah di Pondok Pesantren Miftahul Mubtadi’in.................... 68
B.Temuan Penelitian............................................................................. 71
1Implementasi Sistem Pendidikan  Pesantren Mu’adalah di Pondok Pesantren Miftahul Mubtadi’in....................................................................................... 71
2. Faktor Pendukung dan Penghambat Implementasi Sistem Pendidikan  Pesantren Mu’adalah di Pondok Pesantren Miftahul Mubtadi’in.................... 73
BAB V........ :PEMBAHASAN ................................................................................ 75
BAB VI...... :PENUTUP........................................................................................... 95
A. Kesimpulan ..................................................................................... 95
B. Saran-saran ...................................................................................... 96
DAFTAR PUSTAKA ........................................................................................       97
LAMPIRAN-LAMPIRAN




Baca tulisan menarik lainnya: