Terbaru · Terpilih · Inspirasi · Aktualisasi · Hiburan · Download · Menulis · Tips · Info · Akademis · Kesehatan · Medsos · Keuangan · Konseling · Kuliner · Properti · Puisi · Muhasabah · Satwa · Unik · Privacy Policy · Kontributor · Daftar Isi · Tentang Kami·

Alasan Penjaga Malam Membunyikan Lonceng, Bukan Sebagai Petunjuk Jam

Banjirembun.com - Kenapa tiang listrik berbunyi sendiri di malam hari? Itulah pertanyaan yang barangkali dilontarkan oleh orang kampung yang sedang menginap di daerah perkotaan. Sebagian mereka mengira bahwa bunyi tiang listrik beberapa kali bertujuan memberi info jam berapa sekarang.


Ternyata suara tiang listrik maupun tiang telepon di malam hari manfaatnya lebih dari sebagai petunjuk jam. Apalagi, tentu enggak cuma sekadar iseng guna mengusir sepi hingga dikaitkan dengan mistis. Makna, tujuan, atau fungsi suara kentongan pada tiang besi di malam hari adalah memberikan kode status keamanan pada warga.


Masyarakat di perumahan atau pun di pemukiman padat yang dijaga oleh satpam, hansip, serta petugas poskamling (pos keamanan lingkungan) akan terbiasa oleh suara tabuhan nyaring tersebut. Normalnya, pukulan besi dilakukan satu jam sekali. Nah, saat tidak ditemukan suara pada jarak durasi tersebut berarti tanda "bahaya".


Dimulai pukulan pertama yaitu jam satu pagi sebanyak 1 kali, jam dua pagi sebanyak 2 kali, jam tiga pagi sebanyak 3 kali, dan jam empat pagi sebanyak 4 kali. Di luar waktu itu, penjaga malam tidak membunyikan lonceng ke tiang besi. Namun, semua kembali pada ciri khas masing-masing daerah atau kompleks bagaimana penerapannya.


Bukan hanya terdapat indikasi terkait bahaya keamanan yang meliputi pencurian, perampokan, kekerasan, atau bentuk kriminal lainnya. Mungkin pula bisa terjadi kebakaran "lokal" yang tak besar, kecelakaan berkendara, atau insiden lain yang enggak berpotensi merambat ke mana-mana. Dapat juga ada kematian serta keributan.

Video suasana sepi dan gelap pada malam hari di perumahan

Alasan berikutnya, dengan adanya bunyi-bunyian dalam gelap gulita membuat orang yang ingin berbuat jahat menjadi ciut nyali. Dia menyadari bahwa lingkungan target telah dijaga. Lebih lanjut, suara tersebut mampu menggertak alias mengintimidasi siapapun yang lagi mencari-cari kesempatan dalam kesempitan.


Lagi pula, dengan adanya bunyi tiang listrik menandakan petugas piket jaga sedang bekerja dengan baik. Lebih dari itu, suara dentuman yang tidak terlalu keras bakal bikin para penghuni rumah menjadi nyaman serta aman. Mereka merasa terlindungi dan ditemani manusia lain di tengah kesunyian.






Baca tulisan menarik lainnya:

Terima kasih telah membaca tulisan kami berjudul "Alasan Penjaga Malam Membunyikan Lonceng, Bukan Sebagai Petunjuk Jam"

Posting Komentar

Berkomentar dengan bijak adalah ciri manusia bermartabat. Terima kasih atas kunjungannya di *Banjir Embun*