Terbaru · Terpilih · Inspirasi · Aktualisasi · Hiburan · Download · Menulis · Tips · Info · Akademis · Kesehatan · Medsos · Keuangan · Konseling · Kuliner · Properti · Puisi · Muhasabah · Satwa · Unik · Privacy Policy · Kontributor · Daftar Isi · Tentang Kami·

7 Alasan Cara Pandang dan Impian Hidup Seseorang Tiba-tiba Berubah Drastis

Banjirembun.com - Perubahan adalah sebuah kepastian. Apapun, di mana pun, kapan pun, dan siapapun bisa mengalami perubahan sangat cepat. Baik yang begitu gampang diprediksi maupun yang tak bisa diduga sama sekali. Tiba-tiba berubah tanpa aba-aba, tanda-tanda, maupun firasat tertentu. Terkadang bikin kaget orang di sekitar.


Salah satu hal yang bisa mengalami perubahan drastis yaitu terkait cara pandang dan impian hidup seseorang. Di mana, dalam memandang kehidupan ini menjadi lebih dewasa dan matang. Ditandai dengan tanpa emosional dan tidak cepat bereaksi membabi buta tentang hal yang menjengkelkan. Intinya, mampu jadi pribadi bijaksana dari sebelumnya.


Inilah alasan mengapa cara pandang dan impian hidup seseorang menjadi berubah dengan cepat:


1. Nasihat dari Pihak Otoritas

Otoritas adalah kemampuan dalam bertindak independen, membuat aturan, memerintah, atau mengawasi orang lain yang berada di bawah naungan kepemimpinan maupun terdapat hubungan khusus tertentu. Untuk menjadi otoritas bagi masyarakat luas lebih sulit ketimbang menjadi otoritas lingkup kecil seperti keluarga atau pun lembaga.


Seseorang yang punya otoritas secara non formal misalnya meliputi orang tua, tokoh agama, tokoh adat, sahabat, pasangan nikah, dan lain-lain. Mereka semua mampu menjadi otoritas salah satu faktornya kharisma yang dimiliki. Tentu pula jasa-jasanya juga ikut berperan. Perkataan mereka sangat didengar dan dipatuhi oleh kalangan yang fanatik, terpengaruhi, dan tahu balas budi.


2. Ceramah Agama

Ceramah agama di sini maksudnya yang didengar atau ditonton secara online. Jadi seseorang yang termotivasi ingin berubah, tidak bertemu langsung dengan kiai atau ustadz yang berceramah. Cukup sering mendengarkan tausiah dari berbagai tokoh agama di internet lama-kelamaan jiwa dan hatinya menjadi terbuka untuk luluh melunak.


Ceramah agama yang dinikmati tersebut bukan cuma menggugah dan memberi tambahan ilmu keagamaan. Lebih dari itu, cara pandang dan impian hidup seseorang tiba-tiba berganti. Perubahan haluan tersebut umumnya bukan hanya sekali atau dua kali mendengar ceramah. Bahkan, kadang berkali-kali dan terus-menerus diulang.


3. Merevisi Aturan Main Hidup

Aturan main hidup ialah segala panduan beserta batas-batasnya yang ditetapkan untuk dijalankan. Tentunya, meralat aturan main hidup sebagai pedoman dalam berperilaku barangkali bukan perkara mudah. Sebab, dibutuhkan pertimbangan dan perencanaan tersendiri sambil diadakan evaluasi diri yang mendalam. 


Aturan main seperti di atas meliputi bagaimana cara membela atau menjaga harga diri, reaksi dalam merespon fitnah, sejauh mana seseorang dapat ditolerir ketika diberi kesempatan, langkah apa yang ditempuh ketika gagal, hingga metode apa yang dipakai untuk bisa menjadi manusia bermanfaat bagi sesama.


Baca juga: Tidak Harus Jadi Tokoh Agama Maupun Pendidik, Begini 3 Cara Menjadi Manusia Bermanfaat


4. Musibah atau Ujian Hidup

Musibah atau ujian hidup di antaranya terdiri penyakit parah yang hampir merenggut jiwa, terkena tipu, bangkrut, gagal dalam urusan percintaan atau pernikahan, kecelakaan kendaraan, bencana alam, ditinggal wafat oleh orang yang dicintai, serta bentuk fenomena lain yang bikin hati atau tubuh tersakiti.


Musibah yang dialami mungkin tidak langsung merubah impian dan cara pandang hidup insan. Akan tetapi, setelah mengalami ujian hidup seseorang menerapkan tindakan tertentu. Misalnya menjadi lebih dekat pada Allah Subhanahu wa ta'ala. Dapat juga hatinya tersadar tentang ungkapan "Itulah namanya hidup, ada suka dan duka yang semua wajib dijalani".


5. Sering Menonton dan Membaca Konten Inspiratif

Konten inspiratif wujudnya berupa motivasi, kata-kata bijak, tutorial, aksi sosial (contohnya sedekah, menolong, maupun edukasi), cara berbisnis, dan masih banyak lagi. Dengan membaca atau menonton berulang kali konten inspiratif itu siapapun yang awalnya "minder" bisa saja bertekat bangkit. Minimal, cara pandang hidupnya sudah agak berubah.


6. Gara-gara Gagal Menikah dengan Orang Dicintai

Setiap manusia pasti mempunyai rasa cinta pada lawan jenis. Entah itu jumlah kadarnya sedikit atau banyak dijamin tetap ada rasa. Terutama salah satu yang tak pernah terlupakan berbentuk perasaan cinta pada lawan jenis. Sayangnya dengan berbagai alasan, rasa cinta yang kuat itu tak berlanjut hingga hubungan serius pernikahan. 

Video ilustrasi pria sulit melupakan kenangan asmara karena gagal nikah

Alhasil, demi melupakan serta meninggalkan orang yang dicintai bikin individu memutuskan untuk merubah cita-cita alias arah hidupnya. Malahan, cara pandang tentang kehidupan tak luput pula jadi "korban" untuk ikut dirubah. Semua itu, supaya hatinya tersapih serta sanggup melupakan orang yang dicinta.


7. Kenangan Traumatis

Kenangan merupakan salah satu hal yang pasti dimiliki oleh setiap individu. Baik itu kenangan yang buruk maupun indah. Terutama salah satu kenangan yang tak terlupakan yaitu berbentuk ingatan yang penuh traumatis. Nahasnya, susah sekali terlupakan hingga dewasa. Akibatnya, arah hidupnya menjadi tak jelas bagaikan anak ayam kehilangan induk.


Berhubung trauma di atas terus mengganggu ketenangan batin, dipilihlah untuk mencoba keluar dari keterpurukan. Nah, berangkat dari hal tersebut akhirnya dapat membuat individu menjadi lebih luas cara pandang hidupnya. Itu agar enggak lagi mau mengalami sisksaan hati yang berkelanjutan tanpa henti. Kalau pun ada jeda, hanya sementara waktu.







Baca tulisan menarik lainnya:

Terima kasih telah membaca tulisan kami berjudul "7 Alasan Cara Pandang dan Impian Hidup Seseorang Tiba-tiba Berubah Drastis"

Posting Komentar

Berkomentar dengan bijak adalah ciri manusia bermartabat. Terima kasih atas kunjungannya di *Banjir Embun*